kumparan
24 Juli 2019 21:21

Drama Seputar Kisah Cinta Mantan Raja Malaysia dan Miss Moscow

Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina.
Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina. Foto: Dok. Instagram @rihanapetraa
Akhir pekan lalu, tepatnya pada Sabtu (20/7) Sultan Muhammad V Faris, mantan Raja Kelantan, Malaysia, secara resmi mengkonfirmasi bahwa ia telah menceraikan istrinya, Oksana Voevodina, yang juga mantan Miss Moscow 2015.
ADVERTISEMENT
“Perlu diketahui bahwa Yang Mulia telah menceraikan Rihana Oksana Gorbatenko pada 22 Juni 2019 dengan tiga Talak sesuai dengan hukum Syariah, dan Pengadilan Syariah Kelantan telah menerbitkan Sertifikat Perceraian pada tanggal 1 Juli 2019, sesuai dengan Undang-Undang Hukum Keluarga Islam tahun 2002,” begitu isi surat pernyataan dari Sultan Muhammad V Faris seperti dikutip dari Surat kabar The New Straits Times NST.
Sebelumnya, dokumen perceraian keduanya sempat beredar luas di media sosial. Dilaporkan New Straits Times, Rabu (17/7), dokumen perceraian disampaikan ke Pengadilan Syariah Singapura pada 22 Juni 2019 dan proses perceraian berlangsung pada 1 Juli.
Meski begitu, kabar perceraian ini disangkal oleh Oksana. Kepada media Malaysia ia mengaku tidak pernah bercerai dari Sultan Muhammad V Faris.
ADVERTISEMENT
“Saya sedang di Rusia dengan anak saya. Pada bulan Juni kami tidak sedang berada di Singapura untuk mengurus perceraian. Ini merupakan sebuah aksi provokasi. Kami tidak pernah bercerai,” ungkap Oksana kepada Malaysiakini. Seakan ingin membuktikan perkataannya, Oksana pun mengunggah video dan foto kemesraan antara dirinya dan sang sultan lengkap dengan caption penuh cinta.
Tak selang berapa lama, Sultan Muhammad V Faris juga dikabarkan meragukan apakah benar Tengku Ismail Leon Petra, anak yang dilahirkan oleh Oksana pada Mei 2019 lalu adalah anak kandungnya.
Hal ini disampaikan sultan berusia 50 tahun itu melalui pengacara hukumnya, Koh Tien Hua. “Belum ada bukti objektif mengenai ayah biologis anak tersebut. Atas nama Yang Mulia, kami meminta agar publik menghormati privasinya.” Hingga berita ini dibuat, belum ada kabar lebih lanjut seputar pernyataan Sultan Muhammad V Faris tersebut.
ADVERTISEMENT
Simpang siur kabar pernikahan
Kabar yang simpang siur seputar hubungan antara sultan Malaysia dan mantan ratu kecantikan Rusia ini memang sudah dimulai sejak berita pernikahan mereka beredar. Banyak yang hal yang menjadi pertanyaan publik seputar hubungan asmara mereka.
Awalnya pada November 2018 lalu mereka berhasil mengejutkan dunia dengan kabar pernikahan diam-diam yang dilangsungkan di gedung Barvikha Concert Hall, kota Moskow. Berita tersebut menjadi perbincangan setelah banyak foto-foto pernikahan keduanya menyebar luas di internet namun tidak ada pernyataan resmi dari pihak kesultanan Kelantan ataupun dari pasangan tersebut.
Lewat foto-foto yang beredar di internet saat itu, pernikahan tersebut terlihat begitu mewah dan elegan dengan dekorasi yang dipenuhi dengan bunga-bunga bernuansa putih. Enam bulan setelah pernikahannya, Oksana pun mengunggah beberapa foto pernikahannya dengan sang sultan ke akun Instagram miliknya, @rihanapetra.
ADVERTISEMENT
Dalam foto-foto tersebut tampak Oksana mengenakan dua gaun yang berbeda saat akad dan resepsi. Pertama, ia mengenakan gaun putih lengan panjang dengan potongan leher boat-neck. Kemudian saat resepsi, ia tampil cantik dan anggun dalam balutan gaun pengantin dengan detail bordir bunga-bunga, lengkap dengan veil dan mahkota pada rambutnya. Sedangkan sang Sultan sendiri hanya mengenakan pakaian adat khas kerajaan Malaysia berwarna biru, lengkap dengan kain sarung dan peci.
Menurut cerita Oksana di akun instagramnya, keduanya pertama kali bertemu di Eropa dalam sebuah acara jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh pebisnis perhiasan, Jacob Arabo.
“Saat itu saya bertemu dengan pria yang mengenalkan dirinya sebagai Raja Malaysia. Saya menganggapnya sebagai lelucon. Oleh karena itu, saya jawab dengan mengatakan bahwa saya adalah Ratu Moscow. Setelah itu kami mengobrol sepanjang malam dan bertukar nomor telepon,” begitu tulis Oksana dalam caption foto Instagramnya.
ADVERTISEMENT
Tak lama setelah pertemuannya itu, juga menurut ceritanya di akun Instagram, Oksana memutuskan untuk memeluk agama Islam dan mengganti namanya menjadi Rihana sebelum akhirnya menikah dengan Sultan Muhammad V Faris.
Meski terlihat begitu bahagia, ternyata pernikahan tersebut menyimpan banyak tanda tanya. Bagaimana tidak, pernikahan tersebut berlangsung pada saat Sultan Muhammad V Faris yang saat itu menjabat sebagai Raja Malaysia dikabarkan mengambil cuti sakit. Menurut laporan dari The Star, pada awal November 2018, Sultan tidak akan bisa melakukan kegiatan kerajaan hingga 31 Desember 2018 karena sedang menjalani perawatan kesehatan.
Selain itu, yang lebih mengherankan lagi, tidak ada satupun media Malaysia yang memberitakan soal pernikahan sang raja pada saat itu. Mengutip dari kumparanNEWS, berita pernikahan tersebut pertama kali muncul di media berbahasa Rusia Islamnews.ru dan langsung ramai diperbincangkan di media sosial.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelusuran kumparan di mesin pencari Google, setidaknya hanya ada dua media Malaysia yang memberitakannya. Namun ketika diklik, dua media tersebut yaitu New Straits Times dan Sinar Harian telah mencabut beritanya.
Tak hanya membingungkan, pernikahan bak dongeng antara Sultan Muhammad V Faris dan Oksana Voevodina juga memicu kontroversi di negara Malaysia yang sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam.
Masyarakat Malaysia merasa Oksana tidak pantas bersanding dengan anggota keluarga kerajaan Malaysia lantaran ia pernah menjadi model brand pakaian dalam.
Kontroversi tersebut akhirnya membuat kakak dari mantan suami Manohara ini mengundurkan diri sebagai raja setelah ia kembali dari cutinya pada bulan Januari 2019. Proses turun takhta ini merupakan yang pertama dalam sejarah kerajaan Malaysia sejak mereka merdeka dari jajahan Inggris pada tahun 1957.
ADVERTISEMENT
Terkait kabar ini, pihak kerajaan tidak memberikan alasan jelas mengapa sang sultan mengundurkan diri. Mereka hanya menyampaikan ucapan terima kasih atas jasa yang telah dilakukan Sultan Muhammad V Faris selama ia menjabat sebagai raja.
Meskipun banyak kabar simpang siur mengenai situasi pernikahannya, tampaknya Oksana ingin menunjukkan kepada dunia bahwa ia baik-baik saja. Ia mengunggah beberapa foto di Instagram, baik foto ia bersama Sultan Muhammad V Faris, maupun beserta bayinya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan