Eratnya Hubungan Titi Radjo Padmaja dengan Anak, Kolab Ciptakan Lagu Menyentuh

25 Agustus 2023 18:45 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Titi Radjo Padmaja di program Ladies Talk kumparanWOMAN. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Titi Radjo Padmaja di program Ladies Talk kumparanWOMAN. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
Musisi dan aktris Titi Radjo Padmaja belum lama ini merilis lagu bertajuk Rindu. Usut punya usut, lagu tersebut menjadi satu bukti eratnya hubungan Titi dengan anak perempuan sulungnya, Miyake Shakuntala. Lagu ballad itu merupakan hasil kolaborasi antara Titi dan Miyake.
ADVERTISEMENT
Dalam program spesial kumparanWOMAN Ladies Talk, Titi menceritakan kisah manis di balik penciptaan lagu tersebut. Titi mengungkap, itu awalnya diciptakan oleh Miyake—yang tengah melanjutkan studi di luar negeri—berkat perasaan rindu kepada sang ibunda dan kehangatan keluarga.
“Anakku yang bikin [lagu Rindu] awalnya. Jadi, dia kebetulan lagi sekolah, jauh, ya, di luar Indonesia. Kemudian dia merasa homesick, habis itu dia merasa sedih banget dan dia merasakan kerinduan yang berat karena selama ini, kan, udah 16 tahun kita hidup bareng-bareng. Dia merasa kehilangan sosok ibu. Dia kangen dengan rumah, dengan keluarga, semuanya,” cerita pelantun tembang Leave and Goodbye tersebut.
Rasa rindu itu disalurkan Miyake ke dalam sebuah lagu. Miyake mengatakan kepada Titi bahwa ia menciptakan sebuah lagu, tetapi dirinya kebingungan untuk menyelesaikan lagunya. Alhasil, ia meminta kepada Titi untuk menyelesaikan lagu tersebut.
ADVERTISEMENT
Titi pun menyelesaikan lagu itu dalam kurun waktu dua bulan. Ia mengaransemen lagunya sendiri. Akhirnya, saat Miyake sedang kembali ke Indonesia, Titi mengambil kesempatan tersebut untuk memberikan surprise manis buat Miyake berupa lagu Rindu yang telah siap rilis.
“Jadi, pas dia pulang, aku bilang, ‘Miyake, aku ada surprise buat kamu. Lagu yang kemarin, aku lanjutin, terus aku bikinin aransemennya dan sebentar lagi mau rilis.” Pas dia duduk [di studio], aku pasang lagunya, ada hidden camera gitu. Terus, pas dengar lagunya, dia nangis banget,” kenang Titi.
Bagi Titi, Rindu sungguh menyentuh. Sebab, lagu ini mewujudkan betapa beratnya perasaan rindu yang ia rasakan terhadap sang anak; mengingatkannya pada keeratan hubungan Titi dan Miyake selama 17 tahun.
ADVERTISEMENT
“Aku pun jadi ikut nangis karena, ‘Miyake, kita akhirnya bisa bikin karya berdua, ya, sekarang. Sebelum-sebelumnya kita enggak pernah.’ Jadi, ini hubungan emosional ibu dan anak dengan tema kerinduan—yang ternyata rindu itu kupikir tak seberat itu,” ungkap Titi.
Titi Radjo Padmaja di program Ladies Talk kumparanWOMAN. Foto: kumparan

Eratnya hubungan emosional Titi Radjo Padmaja dan Miyake Shakuntala

Kepada kumparanWOMAN, Titi bercerita bahwa ia dan Miyake sangatlah dekat. Bahkan, saking dekatnya, hubungan mereka seakan lebih dari relasi ibu dan anak, tetapi juga layaknya teman.
“Cukup muda aku saat melahirkan Miyake. Jadi, ketika aku mendidik dia dari kecil sampai dia sekarang, itu sebenarnya masih berasa kayak teman dan sahabat. Kita sering curhat-curhatan bareng, berantem juga sudah pasti, kayak teman. Tapi, dekatnya itu, sih. Sedekat itu, sih,” jelas Titi Radjo Padmaja.
ADVERTISEMENT
Perempuan berusia 42 tahun itu mengakui, kadang-kadang ia merasa Miyake lebih dewasa ketimbang dirinya. Ia pun memuji anaknya sebagai seseorang yang memiliki old soul.
“Aku selalu curhat sama dia. Justru, surprisingly, dia bisa ngasih jawaban-jawaban yang enggak ketebak gitu. Aku pikir, ‘Kamu old soul banget, ya, kamu. Kok, bisa dewasa sekali, ya, menghadapi masalah?’ Jadi, menurutku, dia anak yang sangat dewasa di usianya, dalam pemikirannya.”
Hubungan erat ibu dan anak tentunya tak lepas dari urusan pinjam-meminjam baju dan berbagi pengetahuan seputar kecantikan. Titi, yang menyebut dirinya sebagai “kolektor” baju, sering kali mengingatkan Miyake agar tidak perlu membeli baju-baju mahal. Alasannya? Miyake bisa pinjam saja dari sang ibu.
“Kalau soal baju, begini aku bilang, ‘Miyake, kalau baju itu enggak usah [beli] mahal-mahal. Beli sehari-hari yang murah saja. Kalau kamu mau pergi-pergi, perlu yang bagus, pakai baju ibu,’” beber Titi.
ADVERTISEMENT
Pun dengan dunia skin care dan makeup. Sebagai seseorang dengan pengalaman hidup lebih lama, Titi pun menekankan kepada Miyake bahwa kulit adalah aset sehingga harus dijaga dengan baik.
“Untuk skin care, aku selalu kasih tahu Miyake untuk lebih memperhatikan kulitnya. Aku kasih edukasi kepada Miyake bahwa, ‘Yang paling penting sebenarnya kamu harus memperhatikan skin care kamu, memperhatikan kulit. Sehingga, kalau kulit kamu bagus, kamu enggak perlu makeup tebal dan kelihatan lebih cantik.”
Ladies, manis banget, ya, hubungan Titi Radjo Padmaja dan Miyake Shakuntala ini?