Woman
·
17 November 2020 8:23

Fakta Kakak Tertua Putri Diana yang Pernah Berkencan dengan Pangeran Charles

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fakta Kakak Tertua Putri Diana yang Pernah Berkencan dengan Pangeran Charles (114645)
Putri Diana dan Sarah Spencer Foto: coutureandroyals
Musim ke-4 serial drama The Crown resmi tayang di layanan streaming Netflix, pada Minggu (15/11). The Crown Season 4 dikabarkan menjadi seri yang paling ditunggu-tunggu para penggemar, karena menceritakan hubungan Pangeran Charles dan Putri Diana.
ADVERTISEMENT
Salah satu hal yang menarik perhatian dari seri terbaru The Crown ini adalah munculnya sosok kakak perempuan Putri Diana, yakni Lady Elizabeth Sarah Lavinia McCorquodale atau yang kerap dipanggil Sarah Spencer.
Dalam kehidupan nyata dan pemberitaan media, Sarah Spencer memang jarang tampil atau diberitakan. Padahal, ia memiliki peran penting dalam kehidupan Putri Diana dan Pangeran Charles.
Lalu, siapakah sosok Sarah Spencer? Berikut kumparanWOMAN rangkum fakta-fakta seputar kakak Putri Diana tersebut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kakak tertua Putri Diana

Fakta Kakak Tertua Putri Diana yang Pernah Berkencan dengan Pangeran Charles (114646)
Lady Sarah McCorquodale, Cynthia Jane Fellowes. Charles Spencer. Foto: AFP/FIONA HANSON
Sarah Spencer lahir pada 19 Maret 1955 dan merupakan kakak perempuan Diana yang tertua, dari empat bersaudara; yakni Cynthia Jane Spencer, Diana Frances Spencer, dan Charles Spencer.
Sarah Spencer kabarnya mendapatkan gelar pada 1975 setelah kematian sang kakek. Lima tahun kemudian, tepatnya pada 17 Mei 1980, Sarah menikah dengan Neil Edmund McCorquodale. Pasangan itu lalu memiliki tiga anak bersama, yaitu Emily, George, dan Celia. Ketiga anak Sarah pun menjadi teman bermain masa kecil Pangeran William dan Pangeran Harry.
ADVERTISEMENT

2. Sempat berkencan dengan Pangeran Charles

Menurut Town & Country, sebelum Charles dan Diana bertemu, rupanya Sarah sempat berkencan singkat dengan Charles pada tahun 1977. Mereka bahkan dikabarkan pernah pergi bersama untuk melakukan liburan mewah ke sebuah ski resort di Swiss.
Meski begitu, hubungan mereka tidak bertahan lama setelah Sarah memberikan pernyataan kepada majalah Time, bahwa ia tidak begitu menyukai Charles dan hubungannya juga tidak serius.
“Charles membuatku banyak tertawa. Saya sangat menikmati kebersamaan dengannya. Tapi tidak ada kesempatan saya untuk menikah dengannya (Pangeran Charles). Saya tidak mencintainya. Dan saya tidak akan menikahi siapa pun yang tidak saya cintai, bahkan Raja Inggris sekalipun,” kata Sarah kepada Time.

3. Orang yang memperkenalkan Pangeran Charles kepada Diana

ADVERTISEMENT
Kendati demikian, Sarah Spencer merupakan orang yang sangat penting dalam hubungan Putri Diana dan Pangeran Charles. Sebab menurut laporan The Guardian, dialah yang memperkenalkan Pangeran Charles kepada Diana. Kala itu, Charles sedang berkunjung ke Althorp atau rumah leluhur keluarga Spencer.
“Saya memperkenalkan mereka. Saya dewa asmara,” kata Sarah tak lama setelah pertunangan Charles dan Diana diumumkan pada 1981, seperti dikutip dari The Guardian.

4. Orang yang dipercaya Diana

Fakta Kakak Tertua Putri Diana yang Pernah Berkencan dengan Pangeran Charles (114647)
Lady Sarah McCorquodale. Foto: AFP/NICOLAS ASFOURI
Sarah dan Diana dikabarkan tetap dekat setelah Diana menikah dengan Charles. Penulis biografi Diana, Andrew Morton, bahkan menyebut bahwa Sarah merupakan salah satu dari sedikit orang yang dipercaya Diana selama masa-masa sulitnya.
Selain itu, Sarah sering terlihat menghabiskan waktu dengan anak-anak Diana, yakni Pangeran William dan Pangeran Harry. Bahkan, Sarah juga terkadang ikut menemani Diana dalam perjalan resmi kerajaan sebagai lady-in-waiting, salah satunya saat kunjungan resmi ke Nepal pada Maret 1993 silam.
ADVERTISEMENT

5. Menjadi pelaksana wasiat Putri Diana

Fakta Kakak Tertua Putri Diana yang Pernah Berkencan dengan Pangeran Charles (114648)
Lady Sarah McCorquodale dan Cynthia Jane Fellowes. Foto: AFP/JOHNNY EGGITT
Setelah kematian Diana pada 31 Agustus 1977, Sarah bersama Lady Jane Fellowes dan Pangeran Charles mengambil jenazah Diana di Paris. Setelah itu, Sarah juga juga turut terlibat di pemakaman Diana, di mana kala itu ia membacakan puisi kepada mendiang Diana yang ditonton oleh sekitar 2,5 miliar orang di seluruh dunia. 10 tahun kemudian, tepatnya pada 2007, Sarah bersaksi pada pemeriksaan kematian Diana akibat kecelakaan mobil di Paris. Menurut Time, saat diperiksa Sarah membahas soal hubungan Diana dengan Dodi Al Fayed dan juga mengakui bahwa ia dan ibunya, Frances Shand Kydd, telah menghancurkan beberapa dokumen ‘sensitif’ yang mungkin akan membawa kesedihan bagi Pangeran William dan Pangeran Harry di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Sarah juga tercatat menjadi salah satu pelaksana wasiat Diana dan menjadi presiden untuk 'Diana, Princess of Wales, Memorial Fund' sebuah badan amal yang didedikasikan untuk melanjutkan pekerjaan kemanusiaan Diana. Namun pada 2012, badan amal itu ditutup dan menjadi bagian dari badan amal baru yang bernama The Royal Foundation, milik Duke and Duchess of Cambridge dan Pangeran Harry.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)