Filmore, Menstrual Cup yang Didesain Sesuai Ukuran Serviks Perempuan Asia

31 Januari 2022 19:19
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Filmore, Menstrual Cup yang Didesain Sesuai Ukuran Serviks Perempuan Asia. Foto: Filmore
zoom-in-whitePerbesar
Filmore, Menstrual Cup yang Didesain Sesuai Ukuran Serviks Perempuan Asia. Foto: Filmore
ADVERTISEMENT
Saat sedang menstruasi, pembalut masih menjadi pilihan paling populer bagi perempuan Indonesia. Sayangnya, data dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebutkan bahwa pembalut menjadi salah satu pencemar paling tinggi di Indonesia. Tercatat dalam satu bulannya, pembalut bisa menyumbangkan sampah hingga 1,4 miliar banyaknya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Filmore, gerakan sosial dengan misi edukasi tentang pemberdayaan perempuan, melakukan riset yang menunjukkan bahwa penggunaan menstrual cup bisa menghemat pengeluaran perempuan. Karena selain bisa dipakai ulang, menstrual cup juga bisa tahan sampai lebih dari lima tahun tergantung pemakaian. Berbeda dengan pembalut biasa yang tiap bulan harus dibeli dan tak bisa dipakai ulang.
Selama ini, salah satu solusi yang bisa membantu mengatasi isu tersebut adalah beralih dari pembalut ke menstrual cup. Wadah khusus yang bisa menampung darah menstruasi ini biasanya terbuat dari silikon dengan bentuk seperti corong minyak, namun ukurannya lebih kecil.
Menstrual cup dan tisu basah ramah lingkungan dari Filmore. Foto: Filmore
zoom-in-whitePerbesar
Menstrual cup dan tisu basah ramah lingkungan dari Filmore. Foto: Filmore
Di Indonesia sendiri menstrual cup sudah banyak dipakai sejak 2011. Tapi sayangnya produk menstrual cup yang beredar kebanyakan berasal dari Amerika Serikat atau Eropa. Sehingga ukurannya kadang kurang pas atau menimbulkan sensasi kurang nyaman sebab menstrual cup tersebut didesain sesuai ukuran serviks dan panggul perempuan AS dan Eropa.
ADVERTISEMENT
Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, Filmore yang juga merupakan brand feminine care lokal meluncurkan dua menstrual cup yang didedikasikan untuk perempuan Asia. Pada peluncuran perdana ini (Kamis (27/1), Filmore menghadirkan menstrual cup bernama Girlfriend Menstrual Cup. Produk ini hadir dalam dua ukuran, yaitu ukuran regular untuk perempuan yang sudah melahirkan atau aktif berhubungan seks. Satu lagi adalah ukuran mini untuk perempuan yang belum pernah berhubungan seks dan melahirkan.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Girlfriend Menstrual cup Filmore ukuran mini. Foto: Filmore
zoom-in-whitePerbesar
Girlfriend Menstrual cup Filmore ukuran mini. Foto: Filmore
"Setelah melalui proses yang cukup panjang untuk riset, pengembangan, dan percobaan, akhirnya menstrual cup Filmore kini bisa hadir untuk perempuan Asia, terutama Indonesia. Girlfriend Menstrual Cup ini dibuat sesuai anatomi perempuan Asia. Jadi selain ingin memberikan pilihan menstrual cup yang lebih cocok untuk perempuan Indonesia, kami juga ingin mengubah gaya hidup, stigma dan tabu yang masih marak seputar menstruasi dan penggunaan menstrual cup di Indonesia," ungkap Gitta Amelia, pendiri Filmore dalam acara konferensi pers peluncuran Filmore pada Rabu (26/1).
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan yang sama, Andrea Gunawan atau yang lebih dikenal dengan Catwomanizer juga menjelaskan bahwa menstrual cup dari Filmore ini dibuat dengan bahan silikon medical-grade dari Jerman. Memiliki ketahanan yang lama hingga 10 tahun dengan 8 jam waktu pemakaian.
Girlfriend Menstrual cup Filmore ukuran regular. Foto: Filmore
zoom-in-whitePerbesar
Girlfriend Menstrual cup Filmore ukuran regular. Foto: Filmore
"Dengan adanya produk menstrual cup ini, para perempuan tidak perlu lagi membeli pembalut atau tampon lagi setiap bulannya. Girlfriend Menstrual Cup Filmore ini juga punya bentuk yang sangat berbeda dari yang sudah ada di pasaran karena memang disesuaikan dengan anatomi serviks perempuan Asia. Modelnya pun bisa dilipat jadi mudah dibawa ke mana saja," jelas Andrea Gunawan, aktivis kesehatan seksual, content creator, dan juga pendiri Filmore.
Tak cuma menghadirkan menstrual cup, Filmore juga meluncurkan produk lain, yaitu Boyfriend Wet Wipes. Tisu basah khusus untuk area kewanitaan yang terbuat dari serat bambu biodegradable dan flushable. Boyfriend Wet Wipes ini juga dapat dipakai untuk membersihkan menstrual cup. Tidak memiliki aroma dan tidak mengandung alkohol, tisu basah ini cukup aman karena tidak menimbulkan efek kering pada vagina.
ADVERTISEMENT
Buat Ladies yang ingin mencoba Girlfriend Menstrual Cup dan Boyfriend Wet Wipes, kamu bisa mendapatkannya di platform e-commerce Shopee. Girlfriend Menstrual Cup regular dan mini dijual seharga Rp 499 ribu dan Boyfriend Wet Wipes Rp 65 ribu.