kumparan
11 Februari 2020 13:23

Gaun Billy Porter di Oscars 2020 Terinspirasi dari Istana Kensington

Oscars 2020 Billy Porter
Billy Porter berpose di red carpet Oscars 92nd Academy Awards di Hollywood, Los Angeles, California, AS. Foto: AFP/Robyn Beck
Beberapa kali tampil di atas karpet merah, aktor sekaligus penyanyi Billy Porter selalu sukses mencuri perhatian para tamu undangan hingga netizen di seluruh dunia. Berbagai busana yang dikenakannya selalu menjadi perbincangan hangat, misalnya saja saat ia mengenakan tuxedo dress di Oscars 2019 lalu hingga kostum mirip Ratu Cleopatra di Met Gala 2019.
ADVERTISEMENT
Kali ini, pria 50 tahun ini kembali memukau banyak orang dengan busana yang dikenakannya di Oscars 2020. Saat berjalan di karpet merah Oscar, ia mengenakan bodice (atasan mirip body suit) dengan aksen bulu-bulu berwarna emas dengan kerah tinggi yang dipadukan oleh graphic skirt alias rok super megar dan mewah yang bernuansa cokelat keemasan.
Billy melengkapi tampilannya dengan mengenakan platform heels dari Jimmy Choo, kacamata kristal dan perhiasan Swarovski dari Stephen Webster.
PTR- Oscars 2020 Billy Porter
Billy Porter berpose di red carpet Oscars 92nd Academy Awards di Hollywood, Los Angeles, California, AS. Foto: AFP/Robyn Beck
Kabarnya, tampilannya kali ini terinspirasi dari salah satu ruangan antik nan bersejarah di Istana Kensington, Inggris. New York Times melaporkan, stylist pribadi Billy Porter, Sam Ratelle, pernah melakukan kunjungan ke Istana Kensington di 2019 lalu. Di sana, ia merasa kagum dengan salah satu bangunan di istana yang telah berusia 415 tahun itu.
ADVERTISEMENT
"Saya pikir, acara Oscars mirip seperti acara kerajaan," tutur Sam Ratelle mengutip New York Times. Karena hal inilah, Ratelle tercetus sebuah ide untuk bekerja sama dengan desainer asal Inggris, Giles Deacon, untuk memasukkan elemen Istana Kensington ke dalam gaun Billy Porter.
Bak gayung bersambut, tawaran dari Ratell ini diterima oleh Deacon. Ia mulai mengerjakan busana khusus untuk Billy Porter yang dipenuhi ornamen kayu-marble nuansa emas khas dewa bangsa Romawi.
PTR- Oscars 2020 Billy Porter
Billy Porter berpose di red carpet Oscars 92nd Academy Awards di Hollywood, Los Angeles, California, AS. Foto: AFP/Robyn Beck
"Saya menyukai ide bahwa dengan mengenakan gaun ini, Billy menjadi dewa yang diutus Tuhan," ungkap Deacon. Itulah sebabnya, desainer asal Inggris ini ingin mencetak interior ruangan di Istana Kensington menjadi balloon skirt yang elegan.
Deacon sendiri mengaku jarang menerima tawaran untuk merancang gaun selebriti yang akan berjalan di atas karpet merah. Sebelumnya, ia pernah merancang gaun pengantin yang dikenakan oleh Pippa Middleton saat hari pernikahannya.
ADVERTISEMENT
Tetapi kali ini, Deacon merasa harus mendandani Billy karena pesonnya sebagai aktor, penyanyi sekaligus seniman sangat bermakna baginya. Maka dari itu, gaun ini didesain dengan cara yang lebih fun dan modern, sesuai dengan tampilan Billy Porter.
Oscars 2020 Billy Porter
Billy Porter berpose di red carpet Oscars 92nd Academy Awards di Hollywood, Los Angeles, California, AS. Foto: REUTERS/Mike Blake
"Dalam gaun ini, saya tidak melihat energi perempuan. Saya justru melihat sesosok laki-laki mengenakan sesuatu yang artistik dan couture," demikian tutup Giles Deacon yang merasa gaun rancangannya untuk Billy Porter dianggap sebagai salah satu pintu masuk ke dunia high-fashion untuk pria.
Ladies, bagaimana pendapat Anda tentang tampilan Billy Porter di Oscars 2020?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan