kumparan
9 November 2019 11:13

Hal yang Harus Diperhatikan untuk Hilangkan Bekas Jerawat Memerah

Bekas jerawat
Ilustrasi bekas jerawat kemerahan Foto: Shutterstock
Timbulnya jerawat menandakan kita juga akan berurusan dengan bekasnya. Ada berbagai bentuk bekas jerawat, mulai dari yang hanya flek, sampai kemerahan. Tetapi apapun bentuk bekas jerawat tersebut, sudah pasti membuat kita kerap merasa kurang percaya diri, apalagi bekas jerawat kemerahan yang lebih sulit dihilangkan dibanding flek kecoklatan pasca timbul jerawat.
ADVERTISEMENT
dr. Rita Maria Purwanto SpKK yang praktik di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat menjelaskan bahwa selain karena peradangan jerawat, bekas kemerahan juga bisa muncul karena jerawat kerap dipencet atau karena tindakan memaksa isi jerawat atau komedo untuk keluar. Inilah yang menyebabkan peradangan semakin parah dan meninggalkan noda kemerahan.
Kalau noda kemerahan sudah timbul, dr. Rita menyarankan untuk mengonsultasikan hal itu pada dokter spesialis kulit agar diberikan krim khusus bekas jerawat yang tepat sesuai kebutuhan. Setelah itu, perhatikan kebiasaan merawat wajah sebagaimana melindungi kulit dari efek buruk matahari.
Bekas jerawat
Ilustrasi bekas jerawat kemerahan Foto: Shutterstock
“Segera obati dengan obat yang tepat, jangan memencet, menggosok atau scrubbing, apalagi mencongkel jerawat. Rajin gunakan tabir surya, karena matahari dapat memperparah peradangan jerawat. Lalu pakai sabun wajah yang lembut,” ucap dr. Rita Maria yang praktik di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Untuk menghilangkan bekas jerawat merah, selain dengan memperhatikan kebiasaan merawat wajah tadi, juga dapat dilakukan tindakan skin needling atau laser. Tujuannya untuk memecah pembuluh darah yang menyebabkan bekas jerawat memerah.
“Peradangan jerawat membuat pembuluh kapiler melebar dan letaknya sangat dekat dengan permukaan kulit, karena itu menimbulkan bercak-bercak merah akibat peradangan jerawat. Nah, treatment yang dijelaskan tadi dapat menghilangkan bekas jerawat memerah” tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan