kumparan
15 Oktober 2019 13:14

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Coworking Space

Ilustrasi Perempuan Karier
Ilustrasi perempuan bekerja. Foto: Shutterstock
Bekerja di coworking space tampaknya tengah menjadi tren terbaru di kalangan pekerja kreatif atau mereka yang bekerja di startup. Di Jakarta sendiri, ada banyak coworking space yang tersebar di pusat-pusat gedung perkantoran.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan kantor sendiri, di coworking space, Anda akan bertemu dengan para pekerja lainnya yang datang dari berbagai bidang karier berbeda, cara bekerja yang berbeda dan nuansa yang berbeda pula. Untuk itulah, diperlukan etika bekerja di coworking space karena Anda akan duduk satu ruangan di dalam area kerja itu.
Untuk tahu lebih lanjut mengenai apa saja hal yang perlu diperhatikan saat bekerja di coworking space, kumparanWOMAN berbincang dengan Poppy Suzan, General Manager Uptown Serviced Office, sebuah coworking space yang berlokasi di Mega Kuningan. Simak obrolan kami berikut ini:
Menurut Anda, apa saja hal yang harus kita perhatikan saat bekerja di coworking space?
Uptown Serviced Office
Uptown Serviced Office Plaza Mutiara Kuningan lantai 8. Foto: Intan Kemala Sari/kumparan
Yang pasti toleransinya harus lebih besar. Harus saling menghargai ketika ada yang benar-benar sedang bekerja, usahakan jangan terlalu berisik. Ketika mau makan, harus lihat surrounding sekeliling, apakah akan terganggu atau tidak. Kalau ingin snacking, usahakan jangan yang berbau.
ADVERTISEMENT
Hargai privasi pekerja lainnya dengan tidak terlalu membesarkan suara atau berbicara terlalu kencang. Tetapi ada beberapa coworking space yang menyediakan quiet place atau ruangan yang tidak berisik, mungkin yang ingin lebih tenang bisa pindah ke area tersebut. Atau kalau yang tidak ingin diganggu, bisa pasang headset.
Coworking space itu kan sarana di mana para pekerja bisa berbicara atau berkolaborasi satu sama lain, tetapi ingat bahwa di sana banyak pekerja dari perusahaan lain yang bukan partner kita, jadi kita bisa lebih menghargai itu.
Bagaimana cara memaksimalkan diri bekerja di coworking space?
Setiap coworking space memiliki fasilitas yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya. Ada coworking space daily, ada juga yang monthly.
Uptown Serviced Office
Uptown Serviced Office Plaza Mutiara Kuningan lantai 8. Foto: Intan Kemala Sari/kumparan
Kalau kebutuhannya tidak harus bekerja setiap hari ke kantor, mungkin hanya empat jam sehari, mungkin bisa ambil daily pass. Kalau memang most of weekdays bekerja di kantor, ambil paket yang monthly.
ADVERTISEMENT
Lihat dulu jadwal pekerjaan dalam seminggu ngapain saja, kalau tidak ada agenda penting dan tidak harus keluar kantor, lebih baik maksimalkan dengan monthly pass. Selain itu, lihat juga promo yang ada dan ambil yang paling menarik.
Coworking space seperti apa biasanya yang menjadi incaran para pekerja saat ini?
In general, yang pasti lokasinya di tengah kota. Selain itu high speed internet untuk menunjang kebutuhan mereka bekerja. Satu lagi, kenyamanan juga dipertimbangkan. Nyaman dalam artian bersih, lay out-nya bagus dan tim coworking space-nya friendly.
Karena, bagaimana tim coworking space memberikan servis ke klien sangat berpengaruh terhadap pemilihan. Coworking space sebenarnya campuran antara hospitality dan jasa servis juga. Kalau klien diservis dengan baik, dia pasti akan betah juga.
ADVERTISEMENT
Adakah tips untuk tetap fokus bekerja di coworking space?
Uptown Serviced Office
Uptown Serviced Office Plaza Mutiara Kuningan lantai 8. Foto: Intan Kemala Sari/kumparan
Harus lihat pilihan coworking space-nya seperti apa dengan survei lebih dulu. Lihat juga apakah dia punya quiet place, lihat tipikal klien yang bekerja di sana seperti apa, dan siapa-siapa saja yang berkantor itu karena akan mempengaruhi tingkat keramaiannya.
Biasanya, yang bekerja di coworking space adalah generasi milenial jadi mereka lebih talkative. Jadi untuk orang-orang yang tidak suka bekerja dengan suasana berisik ini bisa mengganggu. Karena itu lebih baik survei dulu.
Terakhir, adakah tips memilih coworking space yang baik?
Idealnya, pilih coworking space yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal. Mungkin tidak terlalu dekat sekali, tetapi akses transportasinya mudah dijangkau dengan jarak tempuh yang relatif cepat. Dari segi fasilitasnya, pastikan coworking space memiliki kebutuhan yang Anda inginkan; meeting room, phone booth, atau area bekerja yang lebih sunyi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan