Woman
·
24 Februari 2021 15:01

Harry & Meghan Mundur dari Tugas Kerajaan, Ratu Sudah Tunjuk Pengganti?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Harry & Meghan Mundur dari Tugas Kerajaan, Ratu Sudah Tunjuk Pengganti? (4739)
Ratu Inggris menyapa cucunya, Pangeran Harry di Chelsea Flower Show pada hari pers di London, Inggris 18 Mei 2015. Foto: REUTERS/Julian Simmonds/pool
Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi tidak akan mengemban tugas Kerajaan Inggris lagi. Hal itu dikonfirmasi dalam pernyataan terbaru Istana Buckingham, pada Jumat (19/2) lalu.
ADVERTISEMENT
Dalam pernyataan itu, Istana Buckingham menegaskan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan kembali menjadi anggota kerajaan yang bertugas dan bahwa berbagai gelar kehormatan dan keistimewaan yang sebelumnya dinikmati oleh pasangan Sussex ini akan dikembalikan kepada Ratu Elizabeth II.
Harry & Meghan Mundur dari Tugas Kerajaan, Ratu Sudah Tunjuk Pengganti? (4740)
Penampilan terakhir Meghan Markle dan Pangeran Harry sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. Foto: dok. @hrhofsussex/ Instagram
Setelah keputusan itu, Ratu Elizabeth II dilaporkan akan mengumumkan siapa bangsawan yang akan mengambil alih peran pasangan Sussex di beberapa agenda kerajaan. Mengutip Mirror UK, Ratu juga dilaporkan akan membuat pengumuman kepada keluarga Kerajaan Inggris dalam beberapa minggu ke depan.
Namun sebelum pengumuman itu dibuat, seorang sumber kerajaan mengeklaim bahwa Ratu sebenarnya telah memutuskan siapa pengganti peran Harry dan Meghan. Kabarnya, hal itu telah dilakukan Ratu sebelum Harry dan Meghan resmi berhenti dari anggota keluarga Kerajaan Inggris dan tidak akan mengemban tugas Kerajaan Inggris lagi.
ADVERTISEMENT
“Ketika pengumuman Duke dan Duchess of Sussex tidak berniat kembali menjadi anggota Kerajaan Inggris, Ratu sudah lama memutuskan untuk memilih kandidat yang diinginkannya dan mengisi peran yang mereka (Harry dan Meghan) tinggalkan,” kata seorang sumber kerajaan, seperti dikutip dari Mirror UK.
Harry & Meghan Mundur dari Tugas Kerajaan, Ratu Sudah Tunjuk Pengganti? (4741)
Putri Kerajaan Inggris Anne berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel selama resepsi di Istana Buckingham, London, Selasa (3/12). Foto: AFP/YUI MOK / POOL
Menurut sumber, Putri Anne diperkirakan akan mengambil alih peran Pangeran Harry sebagai Kapten Jenderal Angkatan Laut Kerajaan. Bangsawan berusia 70 tahun itu kemungkinan akan menjadi Kapten Jenderal perempuan pertama, setelah Duke of Sussex terpaksa melepaskan peran tersebut.
“Akan jadi ‘provokatif’ jika peran itu diberikan kepada saudara laki-laki Pangeran Harry, yakni Pangeran William,” tambah sumber kerajaan.
Peran itu sendiri pernah dipegang oleh suami Ratu Elizabeth II, yakni Pangeran Philip. Pangeran Philip memegang peran itu selama 64 tahun sampai ia pensiun pada 2017. Sementara itu, Pangeran Harry dikabarkan “sangat kecewa” kehilangan peran tersebut, di antara sejumlah peran lainnya.
Harry & Meghan Mundur dari Tugas Kerajaan, Ratu Sudah Tunjuk Pengganti? (4742)
Sophie, Countess of Wessex (kiri) dan Meghan Markle (kanan). Foto: AFP/Dsniel Leal-Olivas
Selanjutnya, sumber juga menyebut bahwa Pangeran Edward atau istrinya, Sophie Wessex, diperkirakan akan menggantikan Meghan Markle sebagai pelindung National Theatre. Selain itu, Sophie Wessex juga diperkirakan akan mengambil alih peran Meghan sebagai pelindung dari The Association of Commonwealth Universities.
ADVERTISEMENT
Selain gelar kehormatan militer, Pangeran Harry juga kehilangan dari gelarnya sebagai pelindung Persatuan Rugby Inggris dan Liga Sepak Bola Rugby. Ketua liga rugby dikatakan berharap Pangeran William, yang notabene penggemar olahraga tersebut, akan mengambil alih peran tersebut dan sebagai wajah Piala Dunia Liga Rugby 2021.