kumparan
Woman23 Mei 2020 4:33

Henna, Tradisi Sambut Idul Fitri yang Dilakukan Perempuan Muslim Timur Tengah

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi wanita memakai henna
Ilustrasi wanita memakai henna Foto: Pixabay
Lebaran menjadi salah satu momen yang sakral bagi umat Muslim. Hari Raya Idul Fitri ini dirayakan oleh penganut agama Islam di seluruh dunia, namun setiap negara memiliki tradisi masing-masing untuk merayakannya.
ADVERTISEMENT
Di beberapa negara-negara Timur Tengah dan Asia Selatan seperti Mesir, Maroko, Arab Saudi, Iran, Irak, Pakistan, dan India, para perempuan memiliki tradisi khusus yang dilakukan menjelang Lebaran.
Sehari menjelang Idul Fitri, mereka biasanya akan melakukan perawatan tubuh di hammam atau tempat pemandian umum. Jika dulu hammam mungkin hanya sekadar tempat pemandian, di era modern seperti sekarang ini, hammam di berbagai dunia menawarkan berbagai perawatan. Mulai dari spa, manicure pedicure, dan berbagai perawatan kecantikan lainnya.
Perayaan Idul Fitri
Memakai henna saat Idul Fitri di Pakistan Foto: REUTERS/Faisal Mahmood
Selain itu, para perempuan juga akan mewarnai rambut dan menghias tangan serta kaki mereka menggunakan henna. Menurut ahli filsafat Catherine Cartwright-Jones, PhD dari Kent State University di Ohio, ketika para perempuan dari Timur Tengah maupun Asia Selatan yang merayakan Lebaran memiliki waktu dan uang, mereka akan menyewa jasa henna artist untuk dipanggil ke rumah supaya bisa melakukan pesta henna bersama anggota keluarga yang lain.
ADVERTISEMENT
Henna sendiri merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Arab untuk tumbuhan bernama Lawsonia inermis, atau pohon hina. Di Indonesia sendiri, henna memiliki nama lain seperti innai, paci, dan pacar, yang terbuat dari bahan alami daun tanaman pacar.
Henna sering menjadi alternatif ‘Tato’ sementara bagi siapa saja yang ingin memberikan sentuhan pola, motif, dan gambar di tubuh mereka. Meski bersifat temporer alias sementara, henna bisa bertahan kurang lebih satu bulan.
Ilustrasi henna
Ilustrasi henna Foto: Shutterstock
Setelah menahan diri untuk tidak banyak berdandan dan mengenakan wewangian selama Ramadhan, perempuan muslim di Timur Tengah dan Asia Selatan menjadikan momen Lebaran sebagai kesempatan untuk memanjakan diri. Oleh karena itu selain memakai henna saat lebaran, para perempuan dari negara-negara muslim ini biasanya akan berdandan mengenakan banyak perhiasan, merias mata dengan kohl, dan memakai parfum terbaik.
ADVERTISEMENT
Saat Lebaran, desain henna yang dipakai tidak seperti saat mereka menggelar pernikahan. Karena membutuhkan waktu pengeringan yang cukup lama, mereka akan memilih desain henna yang simple dan tidak terlalu banyak motif. Anak-anak, perempuan yang lebih tua, dan laki-laki juga akan memakai henna tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Mungkin hanya di kuku atau telapak kaki saja.
Biasanya di malam Lebaran, tempat-tempat seperti salon yang menyediakan fasilitas henna atau henna artist akan sangat sibuk melayani pelanggan. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya mengapa henna begitu penting bagi perempuan Muslim.
Hal ini mungkin berkaitan dengan salah satu dalil yang paling sering digunakan untuk menjelaskan penggunaan henna atau pacar dalam Islam. Riwayat tersebut diungkapkan oleh Aisyah RA, mengenai pertemuan Rasulullah SAW dengan seorang perempuan di balik tirai.
Dessert Safari Dubai - NOT COV
Ilustrasi perempuan melukis henna di tangan. Foto: Imesh/kumparan
Ketika itu, Rasulullah sempat berhenti sejenak sebelum menerima surat dari perempuan itu. Ia juga sempat bertanya apakah tangan itu adalah tangan perempuan atau laki-laki. Ketika dijawab bahwa itu adalah tangan perempuan, beliau bersabda, “Seandainya tangan perempuan, niscaya dia akan menghiasi kukunya (mewarnai) dengan pacar.”
ADVERTISEMENT
Dari sini, kita bisa menyimpulkan bahwa mewarnai kuku adalah hal yang diperbolehkan, sejak zaman Rasulullah sekalipun. Oleh karena itu, tidak salah jika banyak perempuan yang ingin mempercantik diri menggunakan henna atau pacar untuk menyempurnakan momen Lebaran.
Ilustrasi henna
Ilustrasi henna Foto: Shutterstock
Jadi untuk Ladies yang juga ingin mempercantik diri, Anda bisa menggunakan henna sebagai pengganti kuteks agar tetap bisa beribadah.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan