kumparan
Woman27 Februari 2020 13:09

Ikut HeForShe Run 2020 untuk Dukung Perempuan dan Kelompok Disabilitas

Konten Redaksi kumparan
HeForShe Run 2020
Konferensi pers HeForShe Run 2020. Foto: dok. HeForShe Run
Beberapa tahun belakangan ini masyarakat dunia tengah bersama-sama menyuarakan isu kesetaraan gender. Namun sayangnya, meski sudah banyak gerakan dan wujud nyata yang menunjukkan kemajuan perempuan di berbagai bidang, masih belum ada negara yang 100 persen setara gender.
ADVERTISEMENT
Perempuan di seluruh dunia masih menghadapi berbagai tantangan seperti, norma sosial yang negatif, kekerasan, maupun diskriminasi yang sering kali membatasi perempuan dalam meraih potensi diri, serta dalam mendapatkan kesempatan yang setara.
Upaya ini memang tidak mudah dicapai, terlebih jika tidak ada dukungan dari berbagai pihak, mulai dari instansi, perusahaan, para laki-laki dan perempuan itu sendiri. Oleh karena itu, Indonesia Business Coalition for Women Empowermen (IBCWE) bersama dengan UN Women ingin meningkatkan kesadaran masyarakat agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih setara gender sebab kesetaraan gender bukan hanya tugas perempuan saja, namun seluruh lapisan masyarakat.
HeforShe Run
HeforShe Run. Foto: Dok. Istimewa
Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan HeForShe Run 2020. Kegiatan lari ini juga sebagai bentuk perayaan International Women's Day atau Hari Perempuan Sedunia yang jatuh pada 8 Maret tiap tahunnya.
ADVERTISEMENT
"Semuanya dapat berpartisipasi. Olahraga ini mampu mengubah stereotip, bahwa perempuan dan laki-laki itu setara. Dari sportivitasnya nanti bisa dilihat bahwa gender tidak lagi menjadi tolok ukur karena kemampuan yang dimiliki laki-laki dan perempuan itu setara," ungkap Shinta Widjaja Khamdani, Presiden dari IBCWE pada acara konferensi pers HeForShe Run 2020 di Starbucks Arteri Pondok Indah, Rabu (26/2).
HeForShe Run 2020 nantinya akan digelar di The Breeze, Bumi Serpong Damai (BSD) pada 8 Maret 2020 mendatang. HeForShe Run 2020 tak hanya diselenggarakan untuk merayakan Hari Perempuan Sedunia, tetapi juga untuk menggalang dukungan bagi gerakan HeForShe. Gerakan HeforShe adalah kampanye solidaritas yang diinisiasi oleh PBB dengan tujuan mencapai kesetaraan dengan mendorong perempuan dan laki-laki agar memiliki andil sebagai agen perubahan dan mengambil tindakan terhadap stereotip dan perilaku negatif.
ADVERTISEMENT
Secara global, HeForShe sudah berjalan sejak Juni 2014 dengan ambassador, aktris sekaligus aktivis perempuan, Emma Watson. Salah satu tokoh besar Indonesia yang menjadi bagian dari HeForShe adalah Presiden Joko Widodo.
Dukung Perempuan dan Disabilitas bersama Rexona
HeForShe Run 2020
Konferensi pers HeForShe Run 2020. Foto: dok. HeForShe Run
Tak hanya sampai disitu saja, IBCWE dan UN Women juga turut menggandeng Rexona sebagai pendukung utama acara HeForShe Run 2020. Sebab kegiatan ini juga sejalan dengan kampanye terbaru Rexona, yaitu Gerak Tak Terbatas.
Dalam HeForShe Run 2020 mendatang, Rexona ingin mengajak masyarakat Indonesia agar tidak membatasi diri dalam bergerak. Kampanye ini juga dibarengi dengan peluncuran sebuah aplikasi bernama Gerak by Rexona.
Gerak by Rexona sendiri merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk memberikan fasilitas mobilisasi bagi kelompok disabilitas di Indonesia. Para pelari yang ikut berpartisipasi dalam HeForShe Run 2020 secara langsung akan mendonasikan satu langkah satu rupiah bagi para disabilitas di seluruh Indonesia. Untuk itu, jika Ladies ingin mengikuti HeForShe Run 2020, Anda disarankan untuk mengunduh aplikasi Gerak by Rexona agar setiap langkah Anda bisa didonasikan secara langsung pada 8 Maret mendatang.
ADVERTISEMENT
"Unilever sudah ada di Indonesia selama lebih dari 86 tahun, selama itu juga kami percaya, di Indonesia, perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama. Berbagai program pemberdayaan perempuan telah kami lakukan guna mencapai Goal 5 dari Sustainable Development Goals yang bertujuan mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan," ungkap Ira Noviarti, Beauty & Personal Care Director PT Unilever Indonesia Tbk.
Bagi Ladies yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini, pendaftaran telah dibuka dengan link pendaftaran online di situs www.heforsherun.id. Yuk, Ladies daftrakan diri Anda segera!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan