Ini 3 Perbedaan Cincin Pernikahan dan Cincin Tunangan, Jangan Salah Pilih!

14 Agustus 2021 11:07
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Serupa tapi tak sama, ini 3 perbedaan cincin pernikahan dan cincin tunangan. Foto: Miss Mondial.
zoom-in-whitePerbesar
Serupa tapi tak sama, ini 3 perbedaan cincin pernikahan dan cincin tunangan. Foto: Miss Mondial.
Momen tunangan merupakan salah satu waktu yang spesial dalam sebuah hubungan. Pertunangan menjadi tanda bahwa pasangan semakin yakin untuk menanjak ke hubungan yang lebih serius.
Karenanya, penting untuk mempersiapkan semuanya sampai tuntas. Mulai dari busana yang tepat, dekorasi yang apik, hingga cincin yang akan digunakan.
Ya, banyak orang-orang yang seringkali kebingungan atau bahkan salah ketika memilih cincin untuk acara pertunangan. Padahal, momen ini begitu sakral dan pastinya Anda mau semua berjalan sempurna, bukan?
Sebelum buru-buru membeli, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu soal perbedaan antara cincin pernikahan dan cincin tunangan. Jangan sampai salah pilih, Ladies!

1. Cincin tunangan memiliki batu berlian yang lebih dominan

Batu berlian pada cincin tunangan biasanya lebih besar. Foto: Miss Mondial.
zoom-in-whitePerbesar
Batu berlian pada cincin tunangan biasanya lebih besar. Foto: Miss Mondial.
Secara tradisi, cincin lamaran yang diberikan kepada mempelai perempuan biasanya memiliki batu berlian yang lebih dominan. Dominansi ini tidak serta-merta terlihat dari ukuran batu yang besar, tetapi juga pada kualitas dan kompleksitas desain batu berlian.
Semakin banyak dan kompleks desainnya, batu berlian pun akan terlihat semakin berkilau. Begitulah yang dikatakan oleh Corina Madilian, seorang diamond engagement ring, jewelry, dan heirloom collectivist dari Amerika yang telah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun, menyatakan bahwa batu berlian pada cincin tunangan memang sengaja dirancang supaya cincin terlihat elegan dan mewah.
Sementara itu, cincin kawin biasanya didominasi dengan permukaan polos emas atau perak yang dipakai sebagai simbol kesucian.

2. Cincin tunangan memiliki desain yang lebih sederhana tetapi tetap mewah

Sederhana, tetapi tetap terlihat sangat mewah, bukan? Foto: Miss Mondial.
zoom-in-whitePerbesar
Sederhana, tetapi tetap terlihat sangat mewah, bukan? Foto: Miss Mondial.
Tak hanya dapat dilihat dari batu yang mencolok di tengah, cincin tunangan berlian memiliki bentuk lingkar cincin yang biasanya lebih tipis dibandingkan cincin pernikahan.
Tak hanya membuat jari lebih terlihat ramping, lingkar cincin yang tipis ini juga memberikan kesan cantik dan anggun. Hal ini cocok untuk melengkapi gaun pertunangan yang biasanya lebih sederhana.
Berpendapat serupa, konsultan perhiasan dan cincin berlian wanita dari New York, Taylor Lanore memberikan saran bagi para calon pembeli cincin tunangan untuk benar-benar mengetahui karakteristik tangan dan jarinya. Hal ini supaya tak terjadi kesalahan desain yang membuat cincin terlihat berlebihan.

3. Cincin tunangan biasanya memiliki harga yang lebih tinggi

Walaupun rata-rata harganya lebih tinggi, Miss Mondial punya koleksi cincin tunangan yang terjangkau untuk hari spesialmu! Foto: Miss Mondial.
zoom-in-whitePerbesar
Walaupun rata-rata harganya lebih tinggi, Miss Mondial punya koleksi cincin tunangan yang terjangkau untuk hari spesialmu! Foto: Miss Mondial.
Dilansir The Diamond Pro, biasanya cincin pernikahan bisa dibanderol dari harga paling rendah Rp 3 jutaan hingga belasan juta rupiah. Sedangkan untuk harga cincin tunangan sendiri rata-rata lebih dari Rp 70 juta.
Perbedaan harga ini disebabkan oleh dua faktor sebelumnya, yakni batu berlian dan desainnya yang eksklusif. Tentunya harga yang mahal sepadan dengan cincin yang Anda terima. Namun kini Anda tak perlu khawatir, Ladies. Miss Mondial merupakan solusi bagi Anda yang sedang mencari cincin tunangan dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.
Yup! Miss Mondial baru saja meluncurkan koleksi cincin tunangan terbarunya dalam seri Brilliant Rose. Dengan potongan (facet) pada batu berlian sejumlah 66 facet, Brilliant Rose akan menghasilkan pantulan sinar yang kemilau dan berlian yang tampak lebih putih dari berlian lainnya.
Sama seperti namanya, batu yang memiliki potongan (facet) berbentuk bunga mawar —ketika dilihat oleh alat pembesar khusus berlian— ini disuguhkan dengan motif rosette yang cantik. Tak hanya itu, posisi Brilliant Rose juga akan diletakkan secara geometris, sehingga menghasilkan kilau warna pelangi ketika terpapar cahaya ruangan atau matahari.
Terdapat lima koleksi yang bisa menjadi pilihan Anda. Koleksi cincin Cellestial, Seraphine, dan Divina akan membuat Anda terpukau dengan detail batu berlian kecil di sepanjang lingkar jari. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai kemewahan.
Bila Anda menyukai yang lebih sederhana, mari berkenalan dengan Infini dan Elysia, dua koleksi cincin Brilliant Rose yang dilengkapi dengan kemewahan desain ornamen dan motif timbul pada lingkar jarinya.
Miss Mondial Brilliant Rose Collection. Dok. Miss Mondial.
zoom-in-whitePerbesar
Miss Mondial Brilliant Rose Collection. Dok. Miss Mondial.
Kelima koleksi cincin dalam seri Brilliant Rose ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau. Untuk informasi tentang produk dan harga yang lebih lengkap, cek di sini. Atau lihat juga koleksi perhiasan berlian Miss Mondial lainnya di Instagram Miss Mondial.
Tunggu apa lagi, Ladies? Dapatkan cincin tunangan impianmu dari seri Brilliant Rose Miss Mondial sekarang juga!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Miss Mondial