kumparan
9 Jul 2019 18:24 WIB

Inspirasi Kesuksesan Liliyana Natsir Lewat Buku Butet Legenda Sejati

Buku biografi Liliyana Natsir. Foto: dok. Blibli/ Java PR
“Saya memiliki ambisi untuk menang yang besar. Tidak mau kalah. Kalaupun kalah, saya akan berusaha dua kali lipat lebih keras untuk bisa menang. Dari dulu seperti itu,” ungkap Liliyana Natsir atau yang lebih akrab disapa Butet saat kami temui dalam acara Bincang Bersama Butet beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Semangat dan ambisi itulah yang kemudian membuat Butet mau kisah perjuangannya sebagai atlet bulutangkis ditulis dalam sebuah buku. Ia ingin memberikan motivasi terhadap generasi muda, terutama yang menggeluti bulutangkis agar mereka tidak mudah menyerah jika ingin juara.
Buku biografi Liliyana Natsir. Foto: dok. Blibli/ Java PR
Bertajuk Butet Legenda Sejati, buku perjalanan karier Liliyana Natsir ini ditulis oleh Hamid Awaludin, pengamat bulutangkis dan mantan Menteri Hukum dan HAM RI. Awalnya, buku ini hanya diterbitkan khusus untuk kalangan terbatas pada saat perayaan ulang tahun ke-50 tahun PB Djarum bulan April lalu.
“Ide ini datangnya dari Pak Hamid sebagai pencinta bulutangkis. Keterlibatan saya dalam proses pembuatan buku ini hanya berbagi pengalaman, menceritakan apa saja yang saya alami dari nol sampai bisa menjadi juara. Biasanya beliau bertanya kepada saya via telepon atau bertemu langsung. Tidak seperti wawancara tapi, hanya ngobrol biasa,” ungkap Butet saat kami temui di Tesate, Pacific Place, Jumat (5/7)
ADVERTISEMENT
Ia ingin generasi selanjutnya bisa belajar dari pengalaman dirinya selama menjadi atlet lewat buku tersebut. Alasan ini juga yang kemudian membuat Butet kembali merilis buku Butet Legenda Sejati secara bebas agar bisa dinikmati oleh masyarakat luas.
Buku biografi Liliyana Natsir. Foto: dok. Blibli/ Java PR
“Saya ingin menularkan semangat dan motivasi yang saya miliki kepada generasi bulutangkis selanjutnya,” tambahnya.
Di buku ini, pembaca akan disuguhkan semua pengalaman hidup Butet dari kecil hingga sukses menjadi atlet bulutangkis dunia. Butet juga berkisah soal didikan orang tua, terutama sang ayah yang terus membuat motivasi dan semangatnya membara. Tak hanya itu, buku ini setebal 245 halaman ini juga menguak kisah pahit kekalahan Butet dan bagaimana cara ia mengatasinya.
Tak hanya membaca kisah-kisah menarik, pembaca juga akan dimanjakan dengan banyaknya foto-foto Butet saat bertanding di lapangan dalam format berwarna. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, buku Butet Legenda Sejati sudah bisa didapatkan secara online di Blibli.com dengan harga Rp 100 ribu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan