kumparan
search-gray
Woman27 Juli 2020 14:09

Jangan Asal Pakai, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Sheet Mask

Konten Redaksi kumparan
Jangan Asal Pakai, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Sheet Mask (36571)
Ilustrasi Sheet Mask Foto: Dok. Shutterstock
Beberapa tahun belakangan, sheet mask menjadi salah satu produk skin care yang cukup populer dan banyak digandrungi perempuan akibat dampak dari demam Korean Beauty. Saking populernya, produk sheet mask kini bisa dengan mudah ditemui di apotek, toko kecantikan, hingga online shop.
ADVERTISEMENT
Sheet mask sendiri biasanya terbuat dari serat alami seperti kertas, kartun, selulosa, ataupun pulp (bubur serat) kelapa. Selain itu, sheet mask juga berisi serum yang terkonsentrasi dengan komposisi bahan yang bervariasi tergantung manfaat yang ditawarkan.
Meski sedang populer, namun ada baiknya kita mengetahui beberapa hal penting saat menggunakan sheet mask agar manfaat yang didapat pun bisa maksimal. Mulai dari fungsi, durasi pakai, hingga jenis kandungan. Selengkapnya, berikut hal-hal yang harus Anda ketahui saat memakai sheet mask.

1. Paling ideal untuk kulit kering

Jangan Asal Pakai, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Sheet Mask (36572)
Ilustrasi Kulit Kering Foto: Shutterstock
Menurut dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK, sheet mask merupakan skin care tambahan yang memiliki fungsi utama untuk melembapkan dan membantu agar nutrisi-nutrisi yang diperlukan bisa lebih meresap ke dalam permukaan kulit. Karena fungsi utamanya itu, maka dr. Melyawati pun menyebut bahwa sheet mask paling ideal digunakan untuk pemilik kulit kering karena efek oklusif di dalamnya. Dengan efek itulah, kulit pun jadi lebih lembap dan terhidrasi.
ADVERTISEMENT
“Sementara untuk pemilik kulit berminyak dan sebagainya mungkin tidak terlalu perlu ya. Tapi kalau mau ambil efek rileks (saat memakai sheet mask) atau bikin wajah jadi lebih adem itu boleh-boleh saja,” ungkap dermatologis yang berpraktik di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, saat dihubungi kumparanWOMAN, pada Jumat (24/7).

2. Perhatikan durasi waktu saat menggunakan sheet mask

Jangan Asal Pakai, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Sheet Mask (36573)
Ilustrasi Sheet Mask Foto: Dok. Shutterstock
Banyak orang percaya bahwa semakin lama sheet mask terpasang, maka efek yang didapatkan pun akan lebih banyak. Namun sayang, beberapa ahli termasuk dr. Melyawati, tidak menyarankan Anda untuk memakai sheet mask terlalu lama.
Sheet mask yang dipasang terlalu lama bisa menyebabkan overdry, hal itu tidak baik karena justru kulit tidak akan bisa mendapatkan manfaatnya,” tambah dr. Melyawati.
ADVERTISEMENT
Untuk itulah, saat memakai sheet mask, dr. Melyawati pun menyarankan kita untuk selalu membaca dan memperhatikan anjuran yang tertera di dalam kemasan.
“Setiap produsen memiliki komposisi sheet mask yang berbeda-beda, jadi sebaiknya ikutilah setiap anjuran waktu yang ada di kemasan. Sebab, durasi yang sudah mereka tetapkan biasanya sudah diteliti lebih dulu,” kata dr. Melyawati.

3. Kurang ideal dipakai saat kondisi kulit sedang berjerawat

Jangan Asal Pakai, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Sheet Mask (36574)
Ilustrasi jerawat. Foto: Shutterstock
Jika kulit Anda sedang berjerawat, dr. Melyawati pun menyarankan untuk tidak memakai sheet mask. Sebab, pemakaian sheet mask justru bisa membuat kulit jadi berminyak dan membuat kulit jadi semakin berjerawat.
“Kalau kondisi kulit sedang berjerawat, memang sebaiknya pilih masker jenis lain, seperti masker peel off atau clay mask. Soalnya masker tersebut bisa menyerap minyak berlebih di wajah,” katanya.
ADVERTISEMENT

4. Hindari memakai sheet mask saat kulit sedang iritasi

Jangan Asal Pakai, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Sheet Mask (36575)
Ilustrasi Sheet Mask. Foto: dok. Commonlabs
Selain kondisi kulit yang sedang berjerawat, dr. Melyawati juga menyarankan kita untuk menghindari sheet mask saat kondisi kulit sedang iritasi. Sebab, kandungan bahan aktif yang ada di dalam sheet mask bisa memperparah kondisi kulit.
“Kalau kulit wajah sedang iritasi seperti gatal, kering, hingga kemerahan sebaiknya skip dulu sheet mask-nya. Lebih baik fokus dulu untuk memperbaiki kulit, setelah kondisi kulit sudah membaik baru boleh memakai sheet mask,” papar dr. Melyawati.

5. Pilih kandungan sheet mask yang sesuai jenis kulit

Jangan Asal Pakai, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Sheet Mask (36576)
Ilustrasi sheet mask. Foto: Shutterstock
Setiap sheet mask memiliki jenis kandungan yang berbeda-beda. Karena itu, sebelum membeli dan menggunakan sheet mask, pastikan untuk membaca kandungan yang ada di dalamnya. Setelah itu, pastikan bahwa kandungan tersebut sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhannya, agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan sheet mask.
ADVERTISEMENT
“Untuk jenis kulit kering, mungkin Anda bisa memilih sheet mask yang banyak mengandung moisturizer, jojoba oil, gliserin, hingga propylene glycol. Kalau kulit yang cenderung kusam dan ingin mendapatkan efek brightening, bisa memilih sheet mask yang mengandung bahan aktif seperti kojic acid, hingga vitamin C,” tutup dr. Melyawati.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white