Woman
·
30 November 2020 19:02

Jangan Dipencet, Ini 5 Cara Mengatasi Komedo pada Pria

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jangan Dipencet, Ini 5 Cara Mengatasi Komedo pada Pria (5268)
Ilustrasi Jangan Dipencet, Ini 5 Cara Mengatasi Komedo pada Pria. Foto: dok.Shutterstock
Meski punya jenis kulit yang berbeda dengan perempuan, namun masalah kulit yang sering dihadapi oleh pria kurang lebih sama. Salah satunya adalah komedo atau whitehead.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang belum paham tentang komedo, masalah kulit yang satu ini tercipta karena adanya produksi minyak berlebih pada permukaan kulit yang kemudian bercampur dengan keringat, kotoran, debu, dan polusi. Jika sudah menumpuk, kondisi tersebut akan menyumbat pori-pori dan berubah menjadi komedo.
Untuk mengatasinya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari rajin membersihkan wajah hingga memperhatikan pemilihan skin care atau perawatan kulit lainnya.
Bagi Anda yang masih kesulitan, kumparanWOMAN telah merangkum lima hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi komedo tanpa harus memencet wajah. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Jangan sering menyentuh wajah

Jangan Dipencet, Ini 5 Cara Mengatasi Komedo pada Pria (5269)
Ilustrasi pria menyentuh wajah Foto: Shutterstock
Hal ini tampaknya menjadi hal yang sepele, namun percayalah tidak menyentuh wajah adalah kebiasaan yang cukup sulit dilakukan. Sebab tangan kita bisa membawa ribuan bakteri dan kotoran yang jadi cikal bakal komedo. Hindari juga kebiasaan memencet atau mengeluarkan komedo sembarangan. Mengapa? Karena memencet komedo tanpa bantuan ahli bisa membuat pori-pori melebar dan tidak kembali lagi. Buruknya lagi, wajah jadi punya tekstur kasar dan bolong-bolong karena pori-pori yang melebar sulit menyempit.
ADVERTISEMENT

2. Membersihkan wajah

Jangan Dipencet, Ini 5 Cara Mengatasi Komedo pada Pria (5270)
Ilustrasi Pria Mencuci Muka Foto: Shutterstock
Rutinitas yang satu ini tak boleh dilewatkan. Pilih produk sabun cuci muka yang ringan sehingga tidak menyumbat pori-pori. Usahakan untuk selalu membersihkan wajah dua kali sehari, pada pagi dan malam hari agar wajah selalu terbebas dari penumpukan minyak, keringat, dan kotoran.

3. Mengompres wajah atau cuci muka dengan air hangat

Jangan Dipencet, Ini 5 Cara Mengatasi Komedo pada Pria (5271)
Ilustrasi mengompres wajah dengan air hangat. Foto: Shutter Stock
Untuk membantu membuka pori-pori dan bisa mengeluarkan kotorannya dengan lebih mudah, Anda dapat mengompres wajah dengan handuk hangat atau mandi dengan air hangat. Dengan begitu, kulit di sekitar pori-pori akan lebih lentur, pori-pori akan terbuka sementara sehingga komedo mudah keluar tanpa perlu dipencet atau dipaksa.

4. Gunakan masker berbahan charcoal

Jangan Dipencet, Ini 5 Cara Mengatasi Komedo pada Pria (5272)
Produk masker yang mengandung charcoal. Foto: dok. The Body Shop
Pada dasarnya, komedo itu hadir karena adanya minyak berlebih pada permukaan kulit. Kemudian minyak tersebut bercampur dengan keringat, debu, kotoran, dan polusi yang menumpuk dan menutup pori-pori, lalu berubah menjadi komedo. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan perawatan rutin seperti memakai masker atau eksfoliator agar seluruh komedo tersebut terangkat dengan baik.
ADVERTISEMENT
Para ahli merekomendasikan agar Anda memilih masker wajah yang berbahan charcoal karena kandungan karbon yang ada di dalamnya mampu menyerap minyak berlebih. Tak hanya itu, charcoal juga merupakan bahan aktif yang berguna untuk menarik dan menyerap kotoran pada wajah.

5. Perhatikan bahan skin care

Jangan Dipencet, Ini 5 Cara Mengatasi Komedo pada Pria (5273)
Ilustrasi pria memakai skin care. Foto: Shutterstock
Untuk mengatasi komedo, Anda juga harus memperhatikan kandungan skin care yang digunakan. Pastikan produk perawatan kamu mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid.
"Benzoyl peroxide bisa membunuh bakteri yang berkontribusi mengatasi jerawat dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori," ungkap Hadley C. King, M.D, dermatolog asal New York seperti dikutip dari Women's Health.