Woman
·
12 Januari 2021 19:01

Jarang Diketahui, Begini 4 Cara Merawat Wig dengan Tepat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jarang Diketahui, Begini 4 Cara Merawat Wig dengan Tepat (19139)
Jarang Diketahui, Begini 4 Cara Merawat Wig dengan Tepat. Foto: Dok. Freepik
Wig atau rambut palsu seringkali digunakan oleh sebagian orang terutama perempuan untuk menunjang penampilan. Warna wig yang beragam membuat kesan yang sangat menarik bagi penggunanya, bahkan tidak jarang publik figur juga mengenakan wig ini agar penampilan mereka semakin menarik di mata penggemar.
Jarang Diketahui, Begini 4 Cara Merawat Wig dengan Tepat (19140)
Sia dengan wig ikoniknya. Foto: REUTERS/Danny Moloshok
Bagi kamu yang juga sering memakai wig di kehidupan sehari-hari terlebih dalam beraktivitas, tahukah kamu bahwa wig membutuhkan perawatan ekstra agar tidak mudah rusak? Hal ini disampaikan oleh penata rambut dari Brooklyn, AS, Orlando Palmer seperti dikutip oleh Stylecaster.
ADVERTISEMENT
Lantas, perawatan seperti apa yang dibutuhkan oleh wig agar tidak mudah rusak? Berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya untuk kamu.

1. Cara membersihkannya

Harus selalu diingat bahwa wig bukan sesuatu yang bisa diperlakukan seperti barang tidak berguna. Kamu tidak bisa dengan mudah melempar wig ketika sudah selesai dikenakan atau bahkan menaruhnya di sembarang tempat. Ada banyak hal yang perlu kamu lakukan untuk membersihkan wig setelah digunakan.
Jarang Diketahui, Begini 4 Cara Merawat Wig dengan Tepat (19141)
Ilustrasi wig. Foto: Ronald Zak/AP Photo
Selain itu, setiap wig membutuhkan cara yang berbeda-beda untuk membersihkannya. Salah satu jenis wig yang membutuhkan perawatan kebersihan cukup lembut adalah wig renda. Karena pada dasarnya wig renda sangat rapuh, mudah ditarik atau bahkan mudah patah sehingga membutuhkan perawatan yang lebih hati-hati dibandingkan jenis wig lainnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Orlando, cara yang paling tepat dalam membersihkan wig adalah dengan meremasnya bukan menggosok karena hal tersebut akan membuat wig menjadi kusut. Selain itu, kamu juga memerlukan sebuah sisir khusus bernama detangling untuk menjamin wig tetap lurus. Sama seperti rambut asli pada umumnya, jangan lupa wig juga membutuhkan sampo dan kondisioner ketika dibersihkan.
Juga, ketika membersihkan wig sebaiknya kamu menggunakan air hangat dibandingkan dengan air dingin. Orlando menjelaskan bahwa penggunaan air hangat bisa membantu menghilangkan bakteri dan kotoran yang ada pada wig.

2. Cara menyisir

Supaya wig tidak kusut, tentu perlu diperhatikan cara ketika menyisirnya. Gunakanlah sisir rambut berjenis detangling karena penggunaan sisir ini tidak akan merusak wig ketika disisirkan.
Jarang Diketahui, Begini 4 Cara Merawat Wig dengan Tepat (19142)
Ilustrasi wig. Foto: Ronald Zak/AP Photo
"Sisir detangling akan lebih lembut dan menembus rambut dengan baik. Tentu sisir ini tidak membebani wig yang kamu miliki," ungkap Orlando.
ADVERTISEMENT
Seperti rambut asli, wig juga sebaiknya disisir dari bawah hingga pelan-pelan ke atas. Kemudian, secara bertahap mulai sisir dari atas ke bawah tapi pastikan jangan sampai wig kamu kusut.

3. Gunakan produk perawatan

Jarang Diketahui, Begini 4 Cara Merawat Wig dengan Tepat (19143)
Lady Gaga memakai wig. Foto: AFP/Gabriel Bouys
Wig sudah dibentuk dan disesuaikan dengan gaya masing-masing penggunanya. Produk yang memungkinkan untuk digunakan adalah hairspray, agar wig semakin berkilau atau kamu bisa gunakan minyak kering untuk membuat wig lembab dan tetap rapi.
"Ketika perlu untuk dilembabkan, gunakan minyak kering. Minyak kering ini juga membuat rambut tetap lurus," tambah Orlando.

4. Tempat penyimpanan

Tempat penyimpanan wig juga penting untuk diperhatikan. Menyimpan wig di tempat yang tidak tepat akan membuat wig mudah rusak. Orlando menyarankan agar wig disimpan dalam kain sutra atau satin agar tetap awet dan tahan lama.
ADVERTISEMENT
"Jika kamu tidak memiliki kain sutra atau satin, gunakan kantong plastik agar wig tetap terjaga kelembabannya," tutup Orlando.
Penulis : Johanna Aprillia