Woman
·
9 Januari 2021 11:01

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kecantikan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kecantikan (286104)
Ilustrasi minyak kayu putih. Foto: dok.shutterstock
Ladies, apakah kamu tahu manfaat minyak kayu putih selain untuk kesehatan tubuh? Ya, selain kesehatan tubuh, ternyata kamu bisa memanfaatkan minyak kayu putih sebagai bahan alami untuk kecantikan.
ADVERTISEMENT
Menurut Amy Galper yang merupakan salah satu pendiri New York Institute of Aromatic Studies, minyak kayu putih berasal dari daun pohon kayu putih berbentuk oval. Daun tersebut akan dikeringkan dan dihancurkan kemudian akan dengan sendirinya melepaskan minyak esensial yang kuat. Minyak esensial ini yang dipercaya bermanfaat untuk kecantikan kulit.
Lalu, apa saja ya manfaat yang diberikan minyak kayu putih untuk kecantikan kulit perempuan? Dikutip dari berbagai sumber berikut penjelasannya.

1. Menyembuhkan luka

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kecantikan (286105)
Minyak kayu putih bisa membantu menyembuhkan luka. Foto: Shutterstock
Robinson MD dari Modern Dermatologi menyebutkan bahwa minyak kayu putih dapat membantu menyembuhkan luka. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan cineole yang memiliki sifat anti-inflamasi dan membuat luka dapat hilang.
"Secara keseluruhan, ada yang menyebutkan bahwa cineole membantu menyembuhkan luka yang bersifat antimikroba," jelas Robinson pada Byrdie.
ADVERTISEMENT

2. Melindungi kulit dari sinar matahari

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kecantikan (286106)
Bisa melindungi kulit dari sinar matahari Foto: Dok. Shuttertsock
Women's Health Magazine melansir bahwa salah satu manfaat dari penggunaan kayu putih adalah melindungi kulit dari teriknya sinar matahari. Itu semua karena kandungan anti-inflamasi, pereda nyeri, dan sensasi pendinginan alami yang membuat minyak kayu putih menjadi ideal untuk meredakan teriknya matahari ke kulit.
Tak lupa Women's Health Magazine menulis beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah pengaplikasian minyak kayu putih. Salah satunya adalah kamu bisa mencampurkan kelapa dan satu sendok gel lidah buaya yang tentu memiliki fungsi sebagai pengemulsi alami.

3. Melembapkan kulit

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kecantikan (286107)
Ilustrasi melembapkan kulit. Foto: Shutter Stock
Minyak kayu putih juga memproduksi kandungan ceramide yang berfungsi melembapkan kulit. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Dr. Claire Chang, MD, seorang dermatologist asal New York.
ADVERTISEMENT
"Sebuah studi laboratorium menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat meningkatkan produksi ceramide untuk menjaga kulit tetap lembap, mengurangi peradangan dan mencegah degradasi," ungkap Dr. Chang dalam Byrdie.

4. Mampu merangsang kulit kepala

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kecantikan (286108)
Minyak kayu putih punya manfaat untuk rambut. Foto: Dok. Shutterstock
Selain untuk kulit wajah, minyak kayu putih juga memiliki manfaat untuk kulit kepala. Women's Health Magazine melansir alasan minyak kayu putih memiliki manfaat yang banyak untuk rambut. Di antaranya adalah dapat menstimulasi kulit kepala, mengurangi ketombe, serta meningkatkan elastisitas rambut. Kamu bisa menambahkan satu tetes minyak kayu putih lalu campurkan dengan sampo sebelum mengaplikasikannya.
Penulis : Johanna Aprillia