Woman
·
25 September 2020 15:04

Kenali 8 Tipe Kepribadian Introvert Berdasarkan Analisa MBTI

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenali 8 Tipe Kepribadian Introvert Berdasarkan Analisa MBTI (261636)
Ilustrasi seseorang introvert Foto: Shutterstock
Tahukah kamu, berdasarkan Myers Briggs Type Indicator (MBTI) terdapat 16 tipe kepribadian di dunia ini. Delapan di antaranya merupakan kepribadian introvert.
ADVERTISEMENT
Dari delapan tipe kepribadian tersebut, INFJ merupakan tipe yang paling jarang ditemui di dunia karena hanya 1,5% orang yang memiliki tipe kepribadian ini. Meski sama-sama introvert, tentu saja ada hal yang membedakan setiap orang entah dari cara berpikir atau tingkah lakunya sehari-hari. Lebih lanjut lagi, simak penjelasan berikut ini mengenai sifat delapan tipe kepribadian introvert, melansir dari 16 Personalities.

INTJ

Kenali 8 Tipe Kepribadian Introvert Berdasarkan Analisa MBTI (261637)
Ilustrasi introvert Foto: Shutterstock
Introverted, Intuitive, Thinking, and Judging (INTJ) adalah tipe kepribadian introvert yang mementingkan keharmonisan di setiap detail kehidupan. Orang dengan tipe ini berusaha menerapkan kreativitas sekaligus rasionalitas pada setiap aktivitas yang dikerjakan. Namun sebagai salah satu tipe kepribadian yang langka, INTJ sering merasa kesepian karena kesulitan menemukan orang yang bersedia mendengarkan isi pikirannya yang analitis.
ADVERTISEMENT
Seorang INTJ selalu penasaran tentang setiap hal di sekitarnya sehingga cenderung bersikap terbuka pada ide-ide baru. Namun, mereka akan sangat skeptis ketika menemukan sesuatu yang baru sebelum mengubah pendapat dan isi pikiran yang selama ini dipercaya.

INTP

Kenali 8 Tipe Kepribadian Introvert Berdasarkan Analisa MBTI (261638)
Ilustrasi perempuan pemikir. Foto: Shutterstock
INTP adalah singkatan dari Introverted, Intuitive, Thinking, dan Prospecting. Orang dengan tipe kepribadian ini adalah pemikir yang fleksibel dan menganggap pengalaman di masa lalu sebagai pelajaran untuk membuatnya menjadi lebih baik.
Tipe kepribadian dengan jumlah 3% dari populasi ini, memiliki daya cipta dan kreativitas yang tinggi, serta mampu memberikan perspektif yang unik dari kecerdasannya. INTP pintar melihat pola dan detail dari setiap kejadian sehingga dia akan dengan mudah mengetahui apabila seseorang sedang berbohong atau berkata jujur. Namun di balik kelebihannya, INTP adalah seorang yang pemalu dalam lingkungan sosial dan sulit untuk didekati oleh orang lain.
ADVERTISEMENT

INFJ

Tipe kepribadian Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging (INFJ) merupakan tipe yang paling langka di antara 16 tipe kepribadian Myers Briggs. Para INFJ memiliki sifat yang tenang dan selalu memegang prinsip saat menghadapi segala macam situasi. Bila ada peluang maupun tantangan, INFJ biasanya berpikir secara mendalam dan berusaha melihat makna di balik kejadian yang ada.
Dalam kehidupan sehari-hari, INFJ memperlakukan orang lain sebagaimana layaknya manusia diperlakukan, serta tidak ragu membantu rekannya menjadi pribadi yang lebih baik. Meski tipe ini sangat langka, INFJ selalu meninggalkan jejak di manapun mereka berada sehingga tidak mungkin dilupakan oleh orang lain. Sisi perfeksionisnya ini membuat INFJ sulit menghargai pencapaiannya dan selalu menginginkan yang terbaik dalam segala hal.
ADVERTISEMENT

INFP

Introverted, Intuitive, Feeling, Prospecting (INFP) adalah tipe kepribadian yang cenderung pendiam, tetapi berpikiran terbuka. INFP menerapkan kepedulian dan kreativitas dalam semua hal yang dikerjakan, serta mempunyai semangat tinggi dan selalu penuh gairah di dalam dirinya.
Namun karena termasuk tipe yang langka, INFP sering merasa disalahpahami dan tidak sejalan dengan dunia yang mereka hadapi. Untungnya, sifat perhatian dari seorang INFP membuat tipe ini bisa menciptakan dan mempertahankan hubungan yang mendalam dengan orang yang dikasihi. Saat mengambil tindakan, INFP selalu dimotivasi dengan niat yang baik sehingga berusaha keras untuk menunjukkan rasa empati kepada orang lain.

ISTJ

Kenali 8 Tipe Kepribadian Introvert Berdasarkan Analisa MBTI (261639)
Ilustrasi perempuan.pendiam Foto: Shutterstock
Introverted, Observant, Thinking, Judging (ISTJ) cenderung pendiam dan berhati-hati sebelum mengambil tindakan. Sifatnya yang logis dan praktis membuat tipe ini sangat diinginkan dalam organisasi yang tunduk pada aturan dan tradisi, terutama dalam bidang hukum.
ADVERTISEMENT
Tipe ISTJ ini punya rasa tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan dan bangga dengan apa pun yang mereka kerjakan. Dibanding berasumsi tentang lingkungan di sekitarnya, ISTJ lebih suka pada hal praktis yang berdasar pada fakta untuk membuat keputusan. Oleh karena itu, tipe ini membutuhkan orang-orang yang mampu memahami situasi, cepat mengambil tindakan, serta tidak didominasi oleh rasa ragu.

ISFJ

Kenali 8 Tipe Kepribadian Introvert Berdasarkan Analisa MBTI (261640)
Ilustrasi Perempuan. Foto: Dok. Shutterstock
Tipe kepribadian ini sangat efisien dan bertanggung jawab. Introverted, Observant, Feeling, Judging (ISFJ) akan memikirkan setiap detail dengan cermat dan memiliki kemampuan analitis yang sangat baik.
Sama seperti INFJ, tipe ini juga sulit menghargai pencapaiannya sehingga selalu berusaha melakukan yang lebih baik dan jarang merasa puas. Namun, tipe kepribadian ini bisa diandalkan dan suportif karena senang membantu orang lain melalui pengalaman dan pengetahuannya. Hanya saja, ISFJ perlu tahu kapan harus berkata tidak pada orang lain dan belajar membela diri sendiri bila ingin mempertahankan rasa percaya diri dan antusiasmenya.
ADVERTISEMENT

ISTP

ISTP atau Introverted, Observant, Thinking, Prospecting merupakan tipe kepribadian yang individualistis dan berusaha mengejar tujuan tanpa membutuhkan bantuan banyak orang. ISTP dipenuhi dengan rasa ingin tahu sehingga tidak suka berada di situasi yang sama atau bertemu dengan orang yang sama setiap hari.
Orang dengan tipe kepribadian ISTP senang mengeksplorasi ide, memecahkan masalah, ataupun bereksperimen secara langsung. Saat kamu menunjukkan ketertarikan pada idenya ISTP, mereka akan dengan bangga memberikan kamu tempat untuk masuk ke dalam zonanya. Tentu saja, kamu harus memenuhi syarat terlebih dulu, yaitu tidak mengganggu prinsip kebebasan para ISTP dan berpikiran terbuka.

ISFP

Kenali 8 Tipe Kepribadian Introvert Berdasarkan Analisa MBTI (261641)
Ilustrasi Perempuan Foto: Dok. Shutterstock
Seorang Introverted, Observant, Feeling, Prospecting (ISFP) memiliki pikiran terbuka dan senang menjadi diri yang apa adanya. Meski tipe dengan jiwa petualang ini senang mengeksplor hal baru dan bertemu orang lain, sebagai introvert mereka juga butuh waktu sendiri untuk keluar dari sorotan orang banyak.
ADVERTISEMENT
Saat menyendiri, ISFP menggunakan waktunya untuk introspeksi diri dan memikirkan pelajaran apa yang bisa diambil untuk melangkah ke masa depan. Selain itu, tipe ini juga punya kepekaan tinggi terhadap perasaan orang lain dan menghargai hubungan yang harmonis dengan sesama. Ketika menghadapi konflik yang membuatnya terlibat dalam pertengkaran, ISFP bisa dengan mudah untuk bangkit dan berlaku seolah tidak terjadi apa-apa.
Penulis: Adinda Cindy Lapod
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)