kumparan
search-gray
Woman29 Juli 2020 19:33

Kenali Pasangan yang Suka Berbohong Melalui 5 Tanda Ini

Konten Redaksi kumparan
Kenali Pasangan yang Suka Berbohong Melalui 5 Tanda Ini (641169)
Ilustrasi Pasangan. Foto: Shutter Stock
Setiap membangun sebuah hubungan, pasti kita ingin hubungan tersebut dilandasi oleh rasa saling percaya. Baik itu hubungan profesional, pertemanan, maupun asmara. Kita ingin bahwa orang yang menjalin hubungan dengan kita akan selalu bersikap jujur, terutama dalam hubungan asmara atau hubungan pernikahan.
ADVERTISEMENT
Namun bagi sebagian orang hal tersebut kadang sulit dilakukan. Tak sedikit orang yang terbiasa berbohong untuk menutupi kesalahannya. Kita mungkin tidak menyadarinya, lantaran mereka begitu lihai berkelit. Akan tetapi, bila diperhatikan baik-baik, mereka sebenarnya berusaha menyembunyikan sebagian atau seluruh fakta dari kita.
Mengenali gelagat ini mungkin terasa sulit pada awalnya. Namun, secara umum, ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita perhatikan untuk mengetahui bila pasangan kita berbohong. Misalnya, dengan memperhatikan cara mereka mengatasi pertengkaran dan juga respons mereka dalam menghadapi konflik dengan orang lain.

Selengkapnya, berikut beberapa ciri orang yang suka berbohong dalam hubungan asmara.

  1. Melebih-lebihkan suatu cerita
Kenali Pasangan yang Suka Berbohong Melalui 5 Tanda Ini (641170)
Ilustrasi pasangan berdiskusi Foto: Shutterstock
Salah satu bentuk kebohongan yang paling sering ditemui adalah kecenderungan untuk melebih-lebihkan suatu cerita. Menurut Psychology Today, biasanya orang akan melebih-lebihkan cerita karena ingin mempertahankan suatu citra mereka di hadapan orang lain. Ada juga orang yang melebihkan suatu cerita atau pencapaian karena ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain.
ADVERTISEMENT
Sekilas, hal ini mungkin terasa tidak terlalu 'berbahaya'. Namun, bila ketahuan berbohong, hal ini dapat merusak suatu hubungan. Kita juga mungkin akan menjadi sulit percaya terhadap pasangan bila kita mendapati mereka berbohong dan melebih-lebihkan suatu cerita.
  1. Mudah berbohong kepada orang lain
Saat melihat pasangan berbohong terhadap orang lain, Anda mungkin merasa bahwa itu tidak masalah, karena setidaknya mereka tidak berbohong kepada Anda. Padahal, tidak demikian. Hanya karena Anda tidak merasa dibohongi, bukan berarti mereka berlaku jujur dalam hubungan asmara.
"Jika mereka berbohong kepada orang lain, mereka juga akan berbohong kepada Anda," ujar Monica Parikh, seorang love and dating coach dari School of Love NYC, Amerika Serikat.
Sehingga, bila Anda sering mendapati pasangan berbohong kepada orang lain, Anda perlu waspada. Lama-lama, Anda juga akan mengenali gelagat mereka ketika berbohong, sekalipun saat sedang berbicara dengan Anda.
ADVERTISEMENT
  1. Sering memutarbalikkan fakta
Kenali Pasangan yang Suka Berbohong Melalui 5 Tanda Ini (641171)
Ilustrasi Pasangan Foto: Dok. Shutterstock
Salah satu ciri orang yang lainnya adalah bila pasangan Anda kerap melakukan gaslighting atau memutarbalikkan fakta dalam suatu argumen, sampai-sampai, Anda merasa bahwa semua yang terjadi adalah kesalahan Anda.
Perlu diketahui bahwa seseorang yang melakukan gaslighting berusaha memanipulasi Anda. Mereka berusaha mengalihkan pembicaraan dan merendahkan Anda, tanpa berusaha menjelaskan apa yang sebenarnya mereka lakukan. Sehingga, Anda perlu waspada dan memperhatikan apa yang pasangan Anda lakukan dalam suatu argumen.
  1. Suka mengubah topik tiba-tiba
Kenali Pasangan yang Suka Berbohong Melalui 5 Tanda Ini (641172)
Ilustrasi Pasangan Foto: Dok. Shutterstock
Masih berhubungan dengan poin nomor tiga, ciri lain pasangan yang suka berbohong adalah kerap mengalihkan topik pembicaraan. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghindari pembahasan mengenai hal yang tak ingin mereka ucapkan, misalnya soal kesalahan yang mereka dilakukan. Menurut Bustle, salah satu contohnya adalah ketika mereka menghindari membicarakan soal diri sendiri, dan mengalihkan pembicaraan dengan membahas diri Anda.
ADVERTISEMENT
  1. Cenderung defensif dan mudah marah saat berargumen
Kenali Pasangan yang Suka Berbohong Melalui 5 Tanda Ini (641173)
Ilustrasi Pasangan Foto: Shutterstock/ Makistock
Selain itu, ciri lainnya adalah ketika pasangan Anda cenderung cepat marah dan defensif ketika membahas masalah yang terjadi dalam hubungan asmara. Alih-alih memberikan penjelasan dan berusaha menyelesaikan masalah, mereka akan bersikap defensif, termasuk dengan menyembunyikan sebagian fakta, agar Anda berhenti menanyakan hal yang membuatnya merasa tidak nyaman.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white