Woman
·
29 April 2021 11:49

Ketahui 4 Manfaat Menangis untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ketahui 4 Manfaat Menangis untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit (252333)
Ilustrasi perempuan menangis. Foto: Shutterstock
Menangis merupakan salah satu cara untuk beberapa orang mengungkapkan segala emosi negatif yang dirasakannya. Biasanya dengan menangis, beban tersebut akan terasa lebih ringan karena setidaknya emosi negatif di dalam tubuh sudah berkurang.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, masih banyak orang yang merasa malu ketika menangis karena sering kali dijuluki sebagai sosok yang lemah. Padahal, menangis adalah kegiatan yang wajar dilakukan oleh seseorang ketika merasa diri sedang tidak baik-baik saja.
Dengan begitu, tubuh tidak akan kelelahan karena memendam sesuatu yang tak ingin terus-menerus dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Lagi pula, menangis juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit loh, Ladies!
Penasaran apa saja manfaat yang diberikan dari menangis? Mengutip dari berbagai sumber, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya hanya untuk kamu. Simak di bawah ini ya, Ladies!

1. Mengatasi permasalahan kulit

Ketahui 4 Manfaat Menangis untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit (252334)
Ilustrasi kulit sehat Foto: Shutterstock
Dikutip dari Hello Giggles, banyak hal akan terjadi pada tubuh ketika menangis. Salah satunya adalah mata merah dan pembengkakan karena garam yang dihasilkan oleh air mata itu sendiri.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kandungan lisozim yang ada di dalam air mata memiliki manfaat tersendiri yang membuat perempuan terlihat lebih cantik setelah menangis. Itulah mengapa kamu sering mendapatkan pernyataan bahwa perempuan merasa lebih cantik setelah menangis.
"Lisozim adalah enzim yang membantu menghilangkan bakteri dan secara teoritis, ia dapat memerangi jerawat dan bakteri lain yang ditemukan di wajah. Kandungan garam dari air mata juga dapat mengeringkan kulit," jelas dr. Hayag selaku pendiri dari klinik kecantikan ternama, 5th Avenue Aesthetic di Amerika Serikat.

2. Mengurangi hormon stres di dalam tubuh

Ketahui 4 Manfaat Menangis untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit (252335)
Ilustrasi Perempuan Foto: Freepik
Menangis membantu memberikan efek rileks pada tubuh yang memungkinkannya melepaskan stres. Menurut Byrdie, meneteskan air mata secara harfiah merupakan bagian dari luapan emosi agar tidak terus-menerus dipendam dan memberikan efek negatif kepada tubuh.
ADVERTISEMENT
"Menangis membantu melepaskan hormon stres dari tubuh saat sedang kesal. Biasanya setelah menangis, pernapasan, dan detak jantung kita menurun, dan kita memasuki keadaan biologis dan emosional yang lebih tenang," ungkap salah seorang psikiater dari Amerika Serikat, Judith Orloff.

3. Mencegah mata kering

Ketahui 4 Manfaat Menangis untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit (252336)
Ilustrasi merawat kulit bawah mata agar tidak mudah timbul kerut Foto: Shutterstock
Seiring bertambahnya usia, mata akan lebih cepat mengalami pengeringan karena berkurangnya air mata basal. Hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan dan juga kemudahan untuk terpapar infeksi.
Mengutip Health Grades, cara untuk mengatasi mata mengering adalah dengan berkedip dan menangis. Sebab dengan begitu, mata akan merasa adanya kelembaban dan terhindar dari kondisi pengeringan sehingga virus akan sulit terinfeksi.

4. Membantu tidur lebih nyenyak

Ketahui 4 Manfaat Menangis untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit (252337)
Ilustrasi Perempuan Tidur Foto: Shutterstock
Seperti yang dikutip dari Medical News Today, salah satu cara untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak adalah dengan menangis. Sebab ketika menangis, akan ada efek menenangkan yang membuat seseorang dapat lebih mudah tertidur.
ADVERTISEMENT
Terlebih ketika menangis, tubuh merasa lelah sehingga membutuhkan istirahat dengan tertidur. Dengan begitu, tubuh akan kembali merasa lebih segar dan dapat beraktivitas kembali seperti biasanya.
Penulis: Johanna Aprillia