Woman
·
23 Oktober 2020 17:52

Ketahui 4 Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ketahui 4 Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit (321250)
Ilustrasi kulit sehat Foto: Shutterstock
Sejak dulu, bunga mawar banyak digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Contohnya adalah kelopak bunga mawar yang diolah sedemikian rupa untuk menjadi toner yang berfungsi untuk menyegarkan wajah. Terkadang, air bunga mawar pun juga dijadikan campuran untuk membuat masker wajah.
ADVERTISEMENT
Ternyata selain daun bunga mawar, ada satu bagian lagi yang tak kalah bermanfaat. Yakni minyak bunga mawar atau yang lebih dikenal sebagai rose oil. Sama seperti airnya, minyak bunga mawar diperoleh dari hasil penyulingan kelopak bunga mawar selama 60 hingga 100 menit. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta dengan minyaknya yang sangat terkonsentrasi.
Nah, dalam dunia kecantikan, minyak bunga mawar pun memiliki khasiat yang bagus untuk kulit wajah. Salah satunya adalah melembapkan kulit.
Namun tak hanya itu, ada beberapa manfaat lagi yang bisa didapatkan dari minyak bunga mawar. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Meningkatkan kandungan air dan melembapkan kulit

Ketahui 4 Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit (321251)
Ilustrasi kulit perempuan tipe 3 dan 4 menurut skala Fitzpatrick. Foto: Shutterstock
dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK, VP Research & Development PT Paragon Technology & Innovation, mengatakan bahwa minyak bunga mawar memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar air di dalam kulit. Ini penting sekali dilakukan, terutama untuk pemilik kulit kering.
ADVERTISEMENT
"Rose oil dapat meningkatkan kelembapan maksimal pada wajah, mengunci kelembapan kulit dan meningkatkan kandungan air di dalam kulit untuk waktu yang lama," jelas dr. Sari dalam acara Wardah Hydra Rose yang dilakukan secara virtual, Kamis (22/10)

2. Antimikroba sehingga membuat wajah bebas bakteri

Ketahui 4 Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit (321252)
Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah kencang dan sehat. Foto: Dok. Shutter stock
Dalam sebuah penelitian di China pada 2010 lalu, ditemukan bahwa minyak bunga mawar memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri lebih kuat karena sifat antimikroba di dalamnya. Bahkan minyak bunga mawar disebut 10 kali lebih kuat dalam menghalau bakteri, dibandingkan 10 minyak esensial lainnya.
Percobaan ini dilakukan dengan cara mencampurkan 0,25 persen larutan minyak mawar dengan propionibacterium acnes (bakteri penghasil jerawat jerawat). Dalam lima menit, bakterI tersebut hancur dengan sendirinya.
ADVERTISEMENT

3. Membantu kulit menyerap lebih banyak nutrisi

Ketahui 4 Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit (321253)
Ilustrasi perempuan memakai skin care. Foto: Shutterstock
Minyak bunga mawar juga bermanfaat untuk kesehatan kulit karena kemampuannya yang luar biasa dalam menyerap permeabilitas kulit. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Jerman pada 2010 lalu menemukan bahwa minyak bunga mawar memiliki manfaat baik saat dicampurkan menjadi bahan kandungan produk kecantikan. Hal ini karena rose oil mampu membuka lapisan kulit hingga nutrisi yang didapatkan dari produk kecantikan bisa terserap lebih maksimal.

4. Menjaga lapisan kulit dari faktor eksternal

Ketahui 4 Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit (321254)
Ilustrasi membersihkan kulit. Foto: Thinkstock
Manfaat terakhir dari minyak bunga mawar adalah menjaga lapisan kulit sekaligus sebagai pelindung dari faktor eksternal. Dituturkan oleh Riva Malida Fadilah, Brand Manager of Wardah Face Care, faktor eksternal meliputi debu, polusi dan bakteri yang mudah masuk bila lapisan kulit rusak atau kering karena dehidrasi.
ADVERTISEMENT
Tak heran, minyak bunga mawar ini banyak ditemukan dalam kandungan skin care. Salah satunya terdapat pada Wardah Hydra Rose yang menggunakan Avalanche Rose Oil, yakni minyak bunga mawar yang didapatkan dari kebun bunga mawar di Eropa.
Ketahui 4 Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit (321255)
Wardah Hydra Rose Foto: Wardah
"Wardah Hydra Rose yang mengandung Avalanche Rose Oil bekerja dengan cara mengikat air dan menguncinya agar kulit tetap lembap dan tidak dehidrasi," demikian tutur Riva dalam acara virtual yang sama.
Ladies, bagaimana dengan Anda? Tertarik menambahkan minyak bunga mawar ke dalam rutinitas perawatan kecantikan?