kumparan
5 November 2019 10:24

Ketahui 5 Manfaat Merawat Tanaman untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Dekorasi Rumah
Tanaman gantung bisa menjadi opsi dekorasi rumah. Foto: Shutterstock
Tanaman memang memiliki segudang manfaat. Tak hanya mempercantik halaman rumah dan ruangan, merawat tanaman juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan membantu kita merasa lebih tenang dan rileks.
ADVERTISEMENT
Ada banyak penelitian yang menghubungkan antara merawat tanaman dengan kesehatan manusia. Hasilnya pun beragam. Salah satunya adalah dari NASA. Badan antariksa global ini dalam penelitiannya di tahun 1989 menyebutkan bahwa tanaman bisa menyerap racun atau bahan berbahaya yang menyebar di udara.
Namun ternyata tak hanya itu saja manfaat yang bisa diberikan tanaman untuk manusia. Merawat tanaman bahkan bisa dijadikan sebagai terapi untuk mencegah risiko penyakit mental, memperbaiki mood, meningkatkan produktivitas kerja, dan masih banyak lagi.
Agar tidak semakin penasaran dan Anda semakin tertarik untuk merawat tanaman, berikut lima hal yang perlu Anda ketahui soal manfaat merawat tanaman untuk kesehatan tubuh dan jiwa.
Terhindar dari racun di udara
Baik itu di rumah maupun di kantor, seringnya kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di dalam ruangan tertutup. Perlu diketahui, ruangan tertutup memiliki kualitas udara yang kurang baik. Sehingga tak heran jika polusi udara di dalam ruangan juga bisa menjadi salah satu pemicu meningkatnya risiko penyakit seperti stroke, kanker paru-paru, penyakit jantung, hingga infeksi saluran pernafasan pada anak.
ADVERTISEMENT
Nah, Ladies bisa mengatasi masalah tersebut dengan meletakkan tanaman hijau di dalam ruangan. Sebab, menurut penelitian, tanaman merupakan pembersih utama yang sangat baik. Tanaman bisa membantu menyerap bahkan menghilangkan racun berbahaya dalam udara yang dihasilkan oleh perabotan rumah tangga, baju, cat, hingga skin care yang kita gunakan sehari-hari.
Selain itu, indoor plants atau tanaman dalam ruangan juga bisa menghilangkan karbondioksida yang ada di udara sebanyak 10 persen.
Tubuh menjadi lebih sehat
Bagi para Ladies yang senang menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan dengan mengunjungi wisata alam yang banyak pepohonan tentu akan merasa tubuh menjadi lebih rileks dan energi terasa di-recharge. Hal ini terjadi karena biasanya udara kering dan debu membuat kesehatan tubuh cepat berkurang. Sehingga saat berada di alam terbuka, iklim mikro di sekitar tanaman dan kandungan air dalam tanaman meningkatkan kelembapan udara namun tidak berlebihan.
Ilustrasi tanaman hias di meja kerja,  tanaman hias meja kerja
Ilustrasi tanaman di ruangan. Foto: Dok. Unsplash
Sebuah penelitian di Washington State University menemukan bahwa 20 persen debu bisa berkurang karena tanaman. Untuk itu, bagi Anda yang tidak sempat mengunjungi alam terbuka, tak perlu khawatir. Anda tetap bisa merasakan manfaat tanaman dengan merawat tanaman di rumah. Ladies bisa memilih tanaman hijau seperti philodendron, pakis boston, atau lily damai.
ADVERTISEMENT
Membuat kita lebih empati dan memperbaiki mood
Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tanaman juga bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satunya yaitu menjadi sosok yang lebih empati.
Menurut penelitian yang dilakukan di Texas Agriculture & Medicine University, orang yang menghabiskan waktu merawat alam lebih cenderung bisa merawat orang lain. Dan merawat tanaman bisa membantu meningkatkan kasih sayang dan hubungan baik kita dengan sesama.
Selain itu, menurut buku Holistic Solutions for Anxiety & Depression, menyentuh tanaman yang lembut dan halus juga bisa membuat kita merasa lebih tenang. Lebih dari itu, tanaman yang memiliki bunga juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan memperbaiki kualitas ingatan kita.
Mengurangi risiko demensia dan depresi
ADVERTISEMENT
Terapi Hortikultura merupakan sebuah terapi yang memanfaatkan berkebun sebagai teknik penyembuhan. Terapi berkebun di taman terbuka sudah diakui bisa mengurangi beberapa risiko kesehatan. Mulai dari demensia, depresi, schizophrenia, hingga membantu proses pemulihan orang-orang yang menderita kanker stadium akhir.
Dekorasi Rumah
Manfaat tanaman dalam ruangan. Foto: Shutterstock
Ladies bisa mendapatkan manfaat serupa dengan mulai merawat tanaman-tanaman kecil di rumah. Misalnya dengan merawat bonsai, menanam tanaman herbal, sayur-sayuran, atau tanaman lainnya. Proses berkebun tersebut nantinya bisa membantu kita mengurangi stres, membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan pikiran lebih tenang.
Meningkatkan produktivitas dan kerja otak
Jika Anda seorang pekerja kantoran, bekerja di depan gadget seperti laptop dan handphone tidak bisa dihindari. Tuntutan pekerjaan mengharuskan Anda untuk menghabiskan waktu lebih dari 8 jam perhari dalam menyelesaikan pekerjaan. Maka tak heran jika kondisi tersebut kerap membuat kita stres, kehabisan ide, dan kurang produktif.
ADVERTISEMENT
Tahukah Anda bahwa masalah tersebut bisa diatasi dengan meletakkan tanaman di meja kerja? Ya, tanaman yang diletakkan di meja atau di area tempat kita bekerja bisa meningkatkan produktivitas, konsentrasi, dan kemampuan berpikir.
Ladies cukup mengalihkan pandangan pada tanaman hijau jika sudah merasa lelah dan penat selama kurang lebih 10-15 menit. Sebab menata tanaman hijau bisa menjaga kesehatan mental, mengembalikan sistem kerja otak, sekaligus menghindarkan mata dari radiasi alat elektronik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan