Woman
·
21 September 2020 19:06

Kiat Titi Kamal dan dr Mesty Bangun Suasana Positif di Rumah saat Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kiat Titi Kamal dan dr Mesty Bangun Suasana Positif di Rumah saat Pandemi (2197)
Membangun suasana positif selama di rumah aja saat pandemi. Foto: Shutterstock
Berbulan-bulan sudah Indonesia menghadapi masa pandemi. Meski begitu, kurva angka positif corona belum juga melandai, bahkan justru cenderung meningkat di beberapa daerah, terutama di zona merah.
Penyebaran virus corona bahkan sudah mulai terjadi di unit terkecil masyarakat, yakni lingkungan keluarga. Di Bogor, misalnya, tercatat ada 48 klaster keluarga virus corona dengan total jumlah terinfeksi mencapai 189 orang, serta Bekasi dengan 155 klaster keluarga, berisi 437 orang positif COVID-19.
Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi kita, terutama bila kita tinggal satu rumah dengan keluarga. Kekhawatiran akan adanya anggota keluarga yang tertular, hingga lingkungan yang terkadang tidak kondusif dan justru meningkatkan risiko penularan virus. Belum lagi stres akibat terbatasnya aktivitas harian karena diberlakukannya kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang ketat.
Hal ini juga tengah dialami oleh aktris sekaligus Brand Ambassador AIA Indonesia, Titi Kamal. Meski sedang berada di tengah situasi yang tidak kondusif, Titi sadar bahwa segala kebijakan yang diberlakukan semata hanya untuk mempercepat berakhirnya pandemi di Indonesia.
Perempuan yang telah dikaruniai dua anak tersebut mengatakan bahwa memiliki kiat tersendiri agar bisa tetap menciptakan suasana yang positif selama di rumah aja. Salah satunya adalah tetap menyisihkan waktu untuk me time di sela-sela kesibukan harian.
“Memang terkadang ada masa-masa di rumah saja bosan, jadi memang pertama aku berpikir ibunya dulu harus happy. Kalau ibunya happy otomatis tumbuh kembang anak bisa selalu diperhatikan dengan baik. Jadi aku juga harus punya me time untuk diri sendiri,” ujarnya dalam program ‘Obrolin Aja – Maksimalkan Cinta di Rumah’ di channel Youtube kumparan Jumat (18/9).
Selama me time, Titi pun mengaku selalu berusaha untuk tetap melakukan kegiatan yang produktif di rumah. Misalnya dengan olahraga, berkebun, mencoba resep-resep masakan baru, hingga ngevlog sambil berbagi kegiatan di rumah bersama para penggemarnya.
Istri dari aktor Christian Sugiono ini juga harus selalu menyempatkan quality time bersama keluarga kecilnya di rumah. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi Titi Kamal, karena ia harus pintar menciptakan kegiatan yang positif dan menyenangkan meski di rumah aja, sekaligus memberikan pengertian mengenai situasi terkini kepada anak-anaknya.
“Tantangan terberatnya bagaimana menyeimbangkan aku sebagai ibu, career woman, apalagi adanya sekolah online, kita harus bisa menjadi guru buat dia. Kadang anak-anak juga bosan pengin ketemu sama temen-temennya. Bagaimana aku bisa meyakinkan mereka bahwa situasi sedang pandemi sehingga belum bisa bertemu teman-temannya,” tambah Titi.
Kiat Titi Kamal dan dr Mesty Bangun Suasana Positif di Rumah saat Pandemi (2198)
Live streaming ‘Obrolin Aja – Maksimalkan Cinta di Rumah’ di channel Youtube kumparan Jumat (18/9), bersama Titi Kamal dan dr Mesty Ariotedjo. Foto: Youtube kumparan
Hal senada juga diungkapkan oleh Dokter Spesialis Anak, Mesty Ariotedjo. Ia mengatakan bahwa penting sekali untuk membagi waktu yang ideal antara kebutuhan pribadi dan waktu untuk untuk keluarga, terutama anak-anak.
“Saran dari UNICEF dan WHO, setidaknya kita harus punya waktu setengah jam atau satu jam setiap hari untuk melakukan hal yang kita sukai,” terang dr Mesty Ariotedjo dalam acara yang sama.
Selain itu, bagi ibu rumah tangga yang harus bekerja di rumah selama pandemi, sebaiknya menyediakan ruangan khusus yang hanya digunakan saat bekerja. Menurut dokter yang baru saja dikaruniai anak kedua tersebut, cara ini secara tidak langsung akan memberi pengertian kepada anak bahwa orang tua juga harus tetap bekerja meski di rumah. Sehingga nantinya orang tua pun akan lebih mudah untuk fokus bekerja saat di rumah.
Baru setelah segala pekerjaan selesai, orang tua bisa menyediakan waktu khusus untuk mencurahkan kasih sayang untuk anak tercinta. “Kita tidak harus memaksakan diri menghabiskan 24 jam untuk bersama anak. Dari UNICEF dan WHO disarankan setidaknya hanya 20-30 menit setiap hari untuk bersama anaknya tanpa distraksi, entah gadget atau pekerjaan lainnya,” jelas dr Mesty.
Kiat Titi Kamal dan dr Mesty Bangun Suasana Positif di Rumah saat Pandemi (2199)
Ilustrasi bermain bersama anak di rumah. Foto: Shutterstock
Dan yang tidak kalah penting, orang tua harus selalu memperhatikan kesehatan setiap anggota keluarganya. Apalagi anak-anak termasuk salah satu kelompok yang rentan, apalagi gejalanya pun terkadang kerap tidak disadari orang tua.
Salah satu cara pencegahan pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan tetap menjaga jarak meski berada di lingkungan sekitar rumah, menjaga kebersihan badan dan lingkungan, meningkatkan imunitas dengan makanan bernutrisi, dan memperhatikan dengan seksama gejala gangguan kesehatan yang timbul saat anak sakit.
Selain itu, Titi Kamal juga punya kiat khusus demi memberikan perlindungan ganda untuk keluarga selama pandemi, yaitu dengan memilih produk asuransi yang tepat. Yaitu produk Premier Hospital & Surgical Extra (PHS Extra) dari AIA untuk bekal proteksi bagi diri sendiri juga keluarga
PHS Extra merupakan asuransi keluarga mulai dari anak berusia 30 hari hingga 70 tahun yang memberikan manfaat lengkap mulai dari privasi kamar ketika rawat inap di rumah sakit dengan satu tempat tidur dan kamar mandi di dalam dengan jangkauan perawatan hingga seluruh dunia. Produk asuransi dari AIA ini juga memberikan nilai proteksi maksimal total limit hingga Rp 65 miliar, sehingga keluarga pun punya perlindungan yang extra tenang.
Nah, ingin tahu lebih banyak mengenai bincang-bincang seputar menjaga suasana positif di rumah? Anda bisa menyaksikannya melalui program ‘kumparan X AIA-Obrolin Aja: PSBB Lagi? Maksimalkan Cinta di Rumah’ di bawah ini:
Video
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan AIA