Woman
·
4 April 2021 18:27

Kisah Cinta Bill Gates & Melinda, Dari Microsoft Hingga Jadi Pasangan Terkaya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kisah Cinta Bill Gates & Melinda, Dari Microsoft Hingga Jadi Pasangan Terkaya (96058)
searchPerbesar
Bill Gates dan Melinda Gates Foto: Instagram @thisisbillgates
Siapa yang tak kenal dengan Bill Gates? Mantan CEO yang kini menjabat sebagai ketua Microsoft itu memang kerap menarik perhatian. Bukan hanya soal karier dan kehidupan pribadinya saja, namun kisah cintanya dengan sang istri, Melinda Ann Gates, juga selalu menjadi sorotan publik.
ADVERTISEMENT
Mengutip Cheat Sheet, kisah cinta Bill dan Melinda bermula di Microsoft. Keduanya bertemu tak lama setelah Melinda bergabung dengan Microsoft sebagai manajer produk pada 1987.
Tiga minggu setelah Melinda bergabung dengan Microsoft, ia kemudian pergi ke New York, AS, untuk menghadiri acara makan malam. Di acara tersebut, ia bertemu dengan Bill Gates.
“Saat acara makan malam itu, ada dua kursi kosong. Saya duduk di kursi tersebut, dan sepuluh menit kemudian Bill masuk dan duduk di sebelah saya,” kenang Melinda dalam acara The David Rubenstein Show: Peer-to-Peer Conversations.
Usai makan malam, Bill lalu mengajak Melinda untuk berdansa dengannya. Namun, Melinda menolak dan mengatakan kepada Bill bahwa ia sudah punya janji lain dengan seorang teman.
ADVERTISEMENT

Melinda sempat menolak ajakan kencan Bill Gates

Beberapa bulan kemudian, Bill dan Melinda bertemu lagi di tempat parkir di kantor pusat Microsoft. Bill yang jatuh hati dengan Melinda, sempat memberanikan diri untuk mengajak karyawannya itu untuk berkencan, tetapi Melinda menolaknya.
Alih-alih menerima ajakan kencan, Melinda justru hanya memberikan nomor teleponnya. Ia meminta Bill untuk menghubunginya jika waktunya sudah dekat dengan hari kencan yang diinginkan Bill. Tapi Bill tidak sabar. Bill langsung menelepon Melinda pada malam harinya.
Sejak saat itulah, keduanya pun semakin dekat hingga kemudian berpacaran. Meski keduanya telah lama dekat, namun Bill mengatakan bahwa ia dan Melinda saling jatuh cinta sekitar satu tahun kemudian.
“Ya, agak mengejutkan memang. Tapi kami benar-benar saling mengucapkan ‘Aku cinta kamu’ itu sekitar satu tahun dalam hubungan kami,” kata Bill Gates dalam film dokumentasi Netflix Inside Bill’s Brain.
Kisah Cinta Bill Gates & Melinda, Dari Microsoft Hingga Jadi Pasangan Terkaya (96059)
searchPerbesar
Melinda dan Bill Gates. Foto: REUTERS/Kamil Zihnioglu/Pool
Setelah mereka sadar akan perasaannya masing-masing, Bill dan Melinda merasa bahwa keduanya perlu mengambil langkah berikutnya dalam hubungan mereka. Saat itu, Bill kabarnya sempat ragu untuk menjalin komitmen dengan Melinda.
ADVERTISEMENT
“Bill berkata bahwa ia ingin menikah, tapi dia tidak tahu apakah dia benar-benar bisa berkomitmen untuk itu (pernikahan) sambil menjalankan Microsoft. Tapi dia harus membuat keputusan,” sambung Melinda saat diwawancarai CNBC.
Sejak saat itulah, Bill Gates pun dikabarkan membuat daftar yang berisikan sederet pro dan kontra tentang pernikahan. Konon, daftar itu dibuat untuk membantu Bill dalam mencari tahu mengenai makna pernikahan baginya.

Rahasia pernikahan awet Bill Gates & Melinda

Kisah Cinta Bill Gates & Melinda, Dari Microsoft Hingga Jadi Pasangan Terkaya (96060)
searchPerbesar
Bill dan Melinda Gates Foto: @moodvintage/ Twitter
Bill dan Melinda yang berpacaran selama 7 tahun akhirnya menikah pada 1 Januari 1994 di Pulau Lanai, Hawaii. Pada saat itu, Bill berusia 39 tahun dan Melinda berusia 29 tahun. Pernikahan keduanya juga dilaporkan jauh dari sorotan awak media.
Dari pernikahan itu, Bill dan Melinda kini telah dikaruniai tiga anak; yakni Jennifer Katharine Gates, Rory John Gates, dan Phoebe Adele Gates. Hingga kini, pernikahan keduanya juga tetap awet dan hampir tidak pernah diterpa kabar miring.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa rahasia pernikahan awet Bill dan Melinda selama 27 tahun?
Kisah Cinta Bill Gates & Melinda, Dari Microsoft Hingga Jadi Pasangan Terkaya (96061)
searchPerbesar
Bill Gates, Melinda Gates dan Ketiga Anaknya Foto: Instagram @melindafrenchgates
Dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Times pada 2019 lalu, Melinda mengaku bahwa menjadi seorang istri Bill Gates yang hobi bekerja sangatlah berat. Kendati demikian, ia menyebut bahwa salah satu kunci untuk menjaga pernikahannya agar tetap harmonis adalah dengan sering melempar canda atau humor.
“Ini menyenangkan, kami telah sampai ke titik di kehidupan di mana Bill dan saya bisa tertawa terhadap lebih banyak hal,” kata Melinda.
Selain itu, Melinda juga menyebut bahwa salah satu rahasia atau kunci sukses pernikahannya adalah kesabaran. “Dia (Bill) membutuhkan sedikit pelatihan tentang pernikahan. Namun, bagaimanapun ia sebenarnya cukup mudah diatasi,” tambahnya.
Kisah Cinta Bill Gates & Melinda, Dari Microsoft Hingga Jadi Pasangan Terkaya (96062)
searchPerbesar
Bill Gates dan Melinda Gates Foto: Instagram @thisisbillgates
Setelah Bill tak lagi aktif di Microsoft dan anak-anak mereka sudah besar, keduanya lebih fokus menjalankan Bill & Melinda Gates Foundation, atau yayasan amal yang didirikan pada 2000 untuk menangani masalah kesehatan global dan pembangunan. Selain itu, organisasi ini juga berusaha untuk memperbaiki sistem sanitasi di negara-negara miskin dan mengembangkan energi bersih, serta terjangkau.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, pada 2015 lalu, Bill Gates dan Melinda sendiri pernah masuk ke dalam daftar pasangan terkaya di dunia yang dibuat perusahaan data Wealth-X. Dalam daftar tersebut, Bill dan Melinda menempati posisi pertama dengan perkiraan total kekayaan bersih sekitar 85,7 miliar dolar Amerika Serikat.
Namun, kekayaan yang dimilikinya tidak disia-siakan begitu saja. Bil Gates dan Melinda bersama-sama memutuskan untuk menyumbangkan kekayaan mereka ke Bill & Melinda Gates Foundation. Menurut laporan Forbes pada Sabtu (3/4), hingga saat ini, Bill Gates telah menyumbangkan saham Microsoft senilai 35,8 miliar dolar Amerika Serikat ke yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.