Woman14 September 2020 14:17

Kisah Cinta Pria Disabilitas yang Pacarnya Sering Dikira sebagai Perawat

Konten Redaksi kumparan
Kisah Cinta Pria Disabilitas yang Pacarnya Sering Dikira sebagai Perawat (311015)
Kisah Cinta Pria Disabilitas yang Pacarnya Sering Dikira sebagai Perawat. Foto: dok. Instagram @hannahayl
Kabar gembira datang dari pria penulis buku asal Minneapolis, Amerika Serikat, Shane Burcaw. Ia baru saja resmi menikah dengan kekasihnya Hannah Aylward setelah selama empat tahun membagikan kisah cinta mereka di YouTube.
ADVERTISEMENT
Sebagian dari Anda mungkin belum tahu siapa sosok Shane Burcaw. Ia adalah seorang penyandang disabilitas karena kelainan genetik tulang belakang yang disebut Spinal Muscular Atrophy. Kondisi ini membuat tubuhnya tak berkembang dengan baik dan ia harus menggunakan kursi roda sejak berusia dua tahun.
Meski begitu, Shane tidak mudah putus asa dengan hidupnya. Ia pun menuangkan semua pengalamannya melalui buku yang ditulis dengan penuh sarkas dan humor menyenangkan sesuai dengan kepribadian Shane. Saat ini ia sudah meluncurkan tiga buku, yaitu Laughing at My Nightmare (2014), Not So Different: What You Want to Ask About Having a Disability (2017), dan Strangers Assume My Girlfrind is My Nurse (2019).
Ia juga menjadi pendiri dari organisasi non-profit yang fokus memberikan adaptasi teknologi untuk orang yang juga mengalami kelainan genetik tulang belakang seperti dirinya.
ADVERTISEMENT
Beberapa tahun belakangan ini, Shane juga senang membuat konten tentang kisah cintanya bersama Hannah di akun YouTube mereka 'Squirmy and Grubs' yang kini sudah memiliki sekitar 708 ribu subscriber.
Dalam setiap videonya, Shane dan Hannah mencoba menunjukkan bagaimana menjalin hubungan jika salah satu pasangannya adalah penyandang disabilitas, atau yang biasa mereka sebut dengan interabled relationship. Keduanya ingin menunjukkan bahwa hubungan mereka sama bahagianya dengan pasangan lain meskipun Shane dan Hannah memiliki kondisi fisik yang berbeda. Mereka ingin masyarakat bisa menormalisasi jika ada seorang disabilitas seperti Shane menjalin hubungan dengan seseorang yang non-disabilitas.

Hannah sering dianggap sebagai perawat Shane

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Today, Shane mengaku bahwa ada banyak sekali orang yang menganggap bahwa Hannah bukan kekasihnya. Melainkan perawat yang mengurus kebutuhannya. Bahkan tak sedikit juga yang beranggapan kalau Hannah adalah ibu atau kakaknya. Cerita tersebut bahkan ditulis menjadi sebuah buku bertajuk Strangers Assume My Girlfriend is My Nurse yang dirilis pada 2019.
ADVERTISEMENT
Hal ini menurut Shane terjadi karena banyak kesalahpahaman di masyarakat yang menganggap ia sebagai anak kecil karena kondisi fisiknya.
"Karena stigma dan kesalahpahaman yang berkembang di masyarakat mengenai disabilitas, banyak orang menganggap saya sebagai anak-anak atau seseorang yang tidak mungkin bisa menjalani hubungan percintaan," tulis dalam sebuah artikel bertajuk '6 Things I Want You to Know About Interabled Relationship' untuk Today.
Karena stigma tersebut, Shane dan Hannah ingin menginspirasi pasangan interabled lainnya agar tidak mempedulikan pendapat orang lain, terutama yang bersifat negatif.
"Saya dan Hannah banyak mendapat pesan dari penonton YouTube. Kebanyakan dari para pasangan interabled lainnya. Pesan tersebut sangat simple tapi begitu dalam. Mereka mengatakan bahwa hubungan mereka sangat normal, tetapi mengapa orang lain di dunia ini tidak bisa memandangnya seperti itu?" tutur Shane.

Seperti pasangan lain, Shane dan Hannah saling membantu satu sama lain

Tak bisa dipungkiri, kondisi Shane memang mengharuskan Hannah untuk membantu suaminya dalam melakukan berbagai hal. Mulai dari memakai baju, mandi, hingga kebutuhan lainnya. Menurut Shane, beberapa pasangan interabled lainnya ada yang menyewa jasa perawat. Tetapi ia berusaha untuk tidak melakukan itu karena bagi Shane dan Hannah, momen itu menjadi kesempatan bagi mereka berdua untuk berbagi cerita mengenai apa saja yang sudah dilakukan selama seharian. Meski begitu, Shane tetap tak ingin merepotkan Hannah.
ADVERTISEMENT
"Meskipun saya tidak bisa mencuci piring atau melipat pakaian, tapi saya tetap berusaha berkontribusi dalam hubungan kami. Saya mengurus keuangan dan jadwal kami. Saya juga berperan dalam membalas email dan menjawab telepon yang berhubungan dengan bisnis. Kami berdua berusaha untuk selalu memberikan dukungan secara fisik maupun emosional untuk satu sama lain," pungkasnya.
Shane dan Hannah pun kemudian memutuskan untuk betunangan pada 2019. Setahun kemudian, tepatnya pada 4 September 2020 lalu, keduanya resmi menikah.
Pasangan interabled ini menggelar pernikahan secara intimate di halaman belakang rumahnya. Mereka mengumumkan kabar tersebut dengan mengunggah foto pernikahan mereka di Instagram.
"Pada Jumat, 4 September, saya menikahi orang yang saya cintai. Meskipun ini bukan pernikahan besar seperti yang selalu kami rencanakan, tetapi ini sempurna. Terima kasih @sburcaw sudah menyiarkannya secara resmi melalui Zoom. Kami mencintaimu!" tulis Hannah di akun Instagram pribadinya, @hannahayl.
ADVERTISEMENT
Shane juga mengungkapkan kebahagiaan yang sama. Dalam keterangan fotonya, ia mengungkapkan perasaannya setelah resmi menikah dengan Hannah.
"Apa yang membuat saya tersenyum pekan ini? Saya menikahi sahabat saya... Walaupun tidak sesuai rencana, tapi pernikahan kami ini adalah momen yang indah dipenuhi dengan satu hal paling penting: Cinta kami untuk masing-masing," tulisnya.
Pada foto tersebut, tampak Shane mengenakan kemeja dan celana bahan lengkap dengan dasi. Sedangkan Hannah tampil mengenakan gaun putih dengan lengan renda, serta rambutnya disanggul. Mereka berdua memamerkan cincin pernikahan dan senyum yang begitu bahagia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white