Ladies Wajib Tahu, Segini Jumlah Normal Rambut Rontok Per Hari

24 November 2022 15:12
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi rambut rontok. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rambut rontok. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Ladies, rambut rontok menjadi masalah yang sering dikeluhkan banyak perempuan. Ini merupakan kondisi yang menjengkelkan karena bisa menurunkan rasa kepercayaan diri. Jika tidak segera diatasi rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan.
ADVERTISEMENT
Mungkin banyak yang merasa khawatir ketika melihat rambut rontok. Tidak jarang yang berpikiran bahwa rambut rontok menjadi gejala masalah kesehatan tertentu.
Padahal rambut rontok merupakan hal yang normal terjadi pada setiap orang. Kerontokan rambut disebabkan oleh banyak faktor, misalnya faktor keturunan, perubahan hormonal, kondisi medis, atau penuaan.
Dikutip dari Medical News Today, setiap folikel rambut melewati siklus yang mencakup tahap pertumbuhan (anagen) dan tahap istirahat (telogen) sebelum akhirnya rambut rontok. Siklus ini berulang selama folikel rambut tetap aktif dan rambut baru terus tumbuh.

Lantas, berapa banyak rambut rontok yang normal dalam sehari?

Orang dengan rambut pendek mungkin tidak mengalami kerontokan yang signifikan, tetapi mereka yang memiliki rambut panjang cenderung mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak.
Ilustrasi rambut rontok. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rambut rontok. Foto: Shutterstock
Menurut American Academy of Dermatologists, jumlah kerontokan rambut normal perhari adalah sekitar 50 hingga 100. Namun, bagi mereka yang memiliki rambut panjang mungkin akan lebih terlihat kerontokannya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Ternyata jenis kelamin juga bisa memengaruhi kerontokan rambut, lho. Mengutip Healthline, perempuan cenderung kehilangan lebih banyak helai rambut per hari dibandingkan pria. Hal ini juga disebabkan karena pewarnaan rambut dan penggunaan alat-alat penataan rambut, seperti catokan atau hair dryer yang panas setiap hari.
Selain itu, hormon saat hamil atau menopause juga membuat perempuan kehilangan lebih banyak rambut per hari.

Kapan masalah kerontokan rontok harus diwaspadai?

Meskipun rambut rontok merupakan hal normal yang dialami setiap orang, kamu juga perlu waspada dengan masalah ini. Kamu mungkin tidak akan menghitung setiap helai rambut yang rontok satu per satu setiap hari. Namun ada beberapa kondisi yang juga bisa menjadi tanda kerontokan rambut berlebihan, di antaranya:
ADVERTISEMENT

Telogen effluvium

Ini merupakan istilah medis untuk kerontokan rambut yang berlebihan. Selain itu, kondisi ini juga terjadi secara mendadak karena dipicu oleh stres.

Kondisi medis

Ketika kamu pulih dari suatu penyakit atau sehabis melahirkan bisa jadi mengalami kerontokan rambut yang berlebihan. Jika kerontokan ini terus berlangsung maka kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter.
ilustrasi rambut rontok Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi rambut rontok Foto: Shutterstock

Garis rambut menjadi mundur

Tanda lain yang patut kamu perhatikan ketika merasa garis rambut di bagian depan area sekitar jidat menjadi mundur. Ini bisa menjadi sinyal bahwa kerontokan rambut terjadi secara berlebihan.
Penyebab potensial rambut rontok lainnya termasuk alopecia, masalah pada tiroid, lupus serta kekurangan gizi. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter jika merasa khawatir mengenai kerontokan rambut yang kamu alami setiap hari