kumparan
search-gray
Woman21 Januari 2020 10:41

Lakukan 5 Hal Ini untuk Dapatkan Kaki Halus dan Lembut

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi berjalan kaki
Ilustrasi kaki Foto: Shutterstock
Memiliki kulit yang halus, bersih dan terawat tentu menjadi idaman setiap orang. Oleh karena itu, berbagai cara pun rela dilakukan agar kulit tetap terjaga kecantikannya. Sayangnya, kebanyakan orang terlalu berfokus pada bagian yang sering terlihat saja sehingga ada bagian-bagian tubuh yang luput dari perhatian, misalnya saja bagian kaki.
ADVERTISEMENT
Paparan sinar matahari, melakukan teknik mencukur bulu kaki yang keliru, hingga sering lupa mengaplikasikan pelembap menjadi beberapa penyebab kaki terlihat kusam dan tidak halus.
Nah, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat kaki tampak lebih halus, lembut, dan sehat terawat tanpa harus pergi ke salon. Saking mudahnya, Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu rutinitas kecantikan Anda di rumah.
Tertarik mencobanya? Berikut lima tips untuk mendapatkan kaki halus dan tampak mulus.
Lakukan Eksfoliasi Rutin
Body Lotion
Ilustrasi eksfoliasi kaki. Foto: thinkstockphotos
Sama dengan manfaat eksfoliasi pada kulit wajah, eksfoliasi pada kulit kaki juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran menempel yang bisa membuat kulit kaki tampak kusam.
Lakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali seminggu menggunakan lulur atau body scrubs. Selain membuat kulit tampak lebih cerah, lulur dan body scrubs juga bisa membuat kulit kaki jadi lebih halus. Anda juga bisa menggunakan bantuan body brush atau spons khusus untuk scrub agar seluruh sel-sel kulit mati dan kotoran pada kulit mati bisa bersih maksimal.
ADVERTISEMENT
Rendam Kaki Sebelum Melakukan Cukur
Spa
Gaya Spa Wellness. Foto: dok. Gaya Spa Wellness
Sebagian dari Anda yang memiliki banyak bulu tapi tak sempat ke salon untuk waxing tentu sering mencukur bulu kaki sendiri di rumah demi mendapatkan penampilan kaki yang halus dan lembut.
Jika Anda salah satunya, Whitney Bowe, M.D., dermatolog asal New York menyarankan agar Anda merendam kaki atau membiarkannya terguyur air hangat terlebih dahulu agar bulu kaki dan kulit jadi lebih lembut. Sehingga nantinya akan memudahkan Anda untuk mencukur.
“Membuat kulit kaki lebih lembut dan uap dari air panas bisa membuat kulit dan bulu kaki jadi lebih lembut. Selain itu pori-pori juga terbuka sehingga pisau cukur Anda bisa menjangkau folikel atau akar bulu kaki,” ungkap Whitney Bowe, M.D., seperti dikutip dari Glamour. Cara ini juga bisa membuat kulit kaki Anda tidak kasar karena bulu kaki yang tidak tercukur dengan rata.
ADVERTISEMENT
Hindari Menggunakan Sabun saat Mencukur Bulu Kaki
LIPSUS, Ketiak Berbulu vs Ketiak Licin, Ilustrasi Ilustrasi mencukur bulu kaki
Ilustrasi mencukur bulu kaki. Foto: Shutterstock
Menurut ahli kulit, mencukur bulu kaki menggunakan sabun mandi bisa membuat Anda terkena risiko infeksi yang lebih tinggi. Sebab busa dari sabun mandi bisa mengangkat banyak minyak yang ada pada lapisan kulit sehingga kelembapan alami kulit jadi berkurang. Setelah kulit juga jadi lebih kering dan cenderung bersisik setelahnya. Jadi sebaiknya Anda mengandalkan shaving cream saat mencukur agar kaki Anda tetap halus.
“Melembutkan kulit dengan shaving cream bisa membuat bulu kaki dan akar-akarnya jadi lebih lembut. Dengan begitu, risiko Anda mengalami iritasi karena pisau cukur jadi lebih berkurang. Tuangkan shaving cream pada tangan, lalu oleskan pada kaki secara merata, kemudian cukur mengikuti arah bulu-bulu kaki Anda,” jelas Dendy Engelman, M.D. dermatolog asal New York kepada Glamour.
ADVERTISEMENT
Gunakan Pelembap
Produk Perawatan Kaki
Innisfree Foot Spray. Foto: dok. Innisfree
Seperti halnya pelembap pada kulit wajah, pelembap untuk kaki juga sama pentingnya. Usahakan selalu menggunakan body lotion atau minyak alami seperti olive oil untuk menghidrasi kulit kaki Anda ya Ladies. Jika perlu, aplikasikan foot cream setiap malam agar kulit kaki jadi halus dan lembut, serta terasa lebih segar di pagi hari.
Memperbanyak Konsumsi Air Putih
Air 2
Rutin minum air putih agar tidak dehidrasi dan urine berwarna bening. Foto: Thinkstock
Air putih adalah rahasia utama untuk melembapkan kulit dan melancarkan nutrisi dari lapisan kulit ke dalam sel-sel kulit. Oleh karena itu, tidak hanya menghidrasi kulit kaki dari luar lewat perawatan dari produk skin care, Ladies juga harus minum air putih agar kulit kaki jadi lebih lembap, halus, dan tak terlihat keriput karena kering.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white