Woman
·
5 Juni 2019 12:02

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh (14833)
Teh Hijau Foto: pixabay
Teh hijau atau green tea sudah lama dikenal sebagai jenis teh sehat. Daun teh ini tidak teroksidasi dan merupakan salah satu jenis teh yang minim proses.
ADVERTISEMENT
Teh hijau memiliki kandungan vitamin B, potasium, dan kafein. Selain itu, teh hijau dikenal dengan kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino dan polifenol.
dr. Nessa Wulandari, MGizi, SpGK menjelaskan bahwa polifenol yang terdapat dalam teh hijau adalah catechin, khususnya senyawa EGCG atau Epigallocatechin-3 Gallate. Kandungan ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan.
"Kandungan tersebut dapat meningkatkan metabolisme lemak sehingga meningkatkan pengeluaran energi yang secara teori dapat menurunkan berat badan," kata dr. Nessa saat dihubungi kumparan beberapa waktu yang lalu.
Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh (14834)
Teh. Foto: Shutterstock
Cara kerja teh hijau adalah dengan memindahkan lemak yang ada di dalam sel lemak atau liposit. Proses membakar lemak ini diawali dengan memecah sel lemak kemudian dipindahkan ke aliran darah.
ADVERTISEMENT
Selain itu, manfaat kandungan polifenol teh hijau yang dapat dirasakan khasiatnya adalah zat antioksidan yang terdapat di dalamnya. Antioksidan dipercaya memperbaiki sel-sel rusak, mengurangi kolesterol dalam darah dan melancarkan sirkulasi darah.
“Kandungan polifenol di dalam teh hijau bila digunakan jangka panjang dapat berfungsi sebagai antioksidan,” jelasnya.
Antioksidan sendiri bermanfaat untuk kecantikan seperti merawat kulit dari efek buruk matahari dan polusi, hingga meningkatkan produksi kolagen, mengurangi jerawat dan kerutan.
Kandungan polifenol teh hijau juga dapat mencegah risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.