Woman
·
8 Oktober 2020 8:11

Mengapa Kita Cenderung Membuka Mulut saat Pakai Maskara?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengapa Kita Cenderung Membuka Mulut saat Pakai Maskara? (193260)
Ilustrasi pakai maskara. dok. Freepik
Ladies, pernahkah kamu memperhatikan kebiasaan yang sering kita lakukan saat memulaskan maskara? Sadar atau tidak, kita sering kali membuka mulut lebar-lebar secara otomatis saat mengaplikasikan kuas maskara pada helaian bulu mata. Bahkan tak jarang, kita juga membuat beragam ekspresi wajah yang bisa dibilang 'aneh'; terlihat serius dengan mata melotot, namun mulut terbuka lebar.
ADVERTISEMENT
Rupanya, ada penjelasan secara ilmiah di balik kebiasaan yang sering kita lakukan ini. Dituturkan oleh ahli bahasa tubuh asal Amerika Serikat, Blanca Cobb, mulut yang terbuka secara otomatis saat memulaskan maskara ternyata dilakukan di bawah sadar kita.
"Fenomena mulut yang terbuka saat pakai maskara adalah aksi di bawah sadar. Kita bahkan tidak menyadari bahwa kita telah melakukannya," jelas Blanca seperti dikutip dari Popsugar.
Mengapa Kita Cenderung Membuka Mulut saat Pakai Maskara? (193261)
ilustrasi pakai maskara. dok. Freepik
Ia melanjutkan, meski mulut otomatis terbuka saat memakai maskara, tetapi rupanya hal ini memiliki tujuan tersendiri. Yaitu, kita berusaha untuk menjaga mata tetap terbuka dan stabil ketika kuas maskara bersentuhan dengan bulu mata.
"Di dalam tubuh, ada dua saraf berbeda yang mengontrol otot untuk membuka dan menutup mata, saraf satunya lagi untuk mengontrol otot yang membuka dan menutup kelopak mata atas. Kedua saraf ini lokasinya sangat berdekatan," imbuh Blanca.
ADVERTISEMENT
Karena itulah, masing-masing saraf saling 'menyerang' satu sama lain ketika ada satu bagian wajah yang terhubung dengan saraf. Sehingga, respon yang dihasilkan adalah kita kerap membuka mulut secara otomatis bila sedang mengaplikasikan maskara.
Mengapa Kita Cenderung Membuka Mulut saat Pakai Maskara? (193262)
Ilustrasi Noda Maskara di Pakaian Foto: Dok. Shutterstock
"Ketika kamu tahu penjelasan di balik ini, kamu tak akan mempertanyakannya lagi dan tidak juga berusaha menutup mulut saat memakai maskara. Semuanya terjadi secara alami begitu saja," demikian jelas Blanca.
Namun yang perlu diketahui, tidak semua perempuan mengalami hal yang sama. Ada beberapa perempuan yang tetap bisa menutup mulutnya saat mengaplikasikan maskara. Tetapi biasanya, hal ini dilakukan tidak di bawah sadar alias dalam kontrol dirinya sendiri.
Ladies, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga suka membuka mulut secara otomatis saat memulaskan maskara?
ADVERTISEMENT