Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi

10 Maret 2021 12:22
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi (41714)
searchPerbesar
Ilustrasi berpergian di tengah pandemi. Foto: Shutterstock
Tetap di rumah aja jika tidak ada situasi mendesak masih jadi pilihan paling bijak selama masa pandemi. Namun, jika Anda terpaksa keluar rumah, menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar tentu jadi kewajiban. Seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, menyediakan hand sanitizer, dan menggunakan masker.
Namun ternyata, jika masker dipakai terlalu lama, hal itu justru akan berisiko menimbulkan masalah pada kulit. Tak banyak yang tahu, masalah kulit yang sedang ramai diperbincangkan ini disebut dengan skindemik. Ya, skindemik merujuk pada berbagai permasalahan kulit yang muncul akibat situasi pandemi, salah satunya pemakaian masker yang terlalu lama.
Gejala skindemik umumnya meliputi jerawat, iritasi, kulit kering, mengelupas, ruam, gatal hingga dermatitis atau peradangan pada kulit.
Meski begitu, potensi terkena skindemik akan tetap ada walaupun Anda di rumah aja. Penyebabnya bisa jadi stres, kurang istirahat, dan tidak rutin berolahraga. Namun, tak perlu khawatir. Jika Anda mengalami gejala skindemik, berikut adalah lima upaya yang bisa mengatasi dan mencegah gejala sekaligus melawan kuman penyebab skindemik. Sehingga, wajah bisa bersih cantik, bye skindemik!

1. Rajin membersihkan wajah

Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi (41715)
searchPerbesar
Ilustrasi membersihkan wajah dengan facial wash. Foto: Shutterstock
Dilansir SELF, rajin membersihkan wajah terbukti dapat membersihkan makeup, kotoran, maupun sel kulit mati yang mungkin menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Membersihkan wajah sebaiknya dilakukan 2 kali dalam sehari, yaitu di malam hari sebelum tidur dan pagi hari. Namun masih banyak yang belum menyadari pentingnya membersihkan wajah, terutama sebelum dan sesudah pakai masker.
Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi (41716)
searchPerbesar
POND’S Anti Bacterial Facial Foam. Foto: dok. POND'S
Microfoam dengan kekuatan TT-Protect Technology dan bahan anti bakteri yang teruji oleh dermatologis pada POND’S Anti Bacterial Facial Foam dapat melawan 99% kuman serta memperkuat daya tahan alami kulit terhadap kuman. Tak hanya itu, pembersih wajah ini terasa lembut di kulit sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

2. Mengaplikasikan pelembap sebelum pakai masker

Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi (41717)
searchPerbesar
Ilustrasi mengaplikasikan pelembab. Foto: Shutterstock
Dilansir healthline, pelembab bertindak sebagai pelindung untuk kulit Anda, menjaganya tetap terhidrasi dan sehat. Selain itu, pelembap juga menawarkan proteksi alami kulit terhadap kuman, UV, dan polusi.
Semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan pada POND’S Skin Protect Day Cream. Dilengkapi dengan SPF 30 PA+++ serta Smart Defence Complex dan antioksidan tinggi dapat mempercepat regenerasi sel kulit dan memperkuat lapisan kulit.
Selain itu, kandungan niacinamide di dalam POND’S Protecting Day Cream Sunscreen Skin Protect SPF 30 dapat melembapkan kulit wajah, mengatasi peradangan kulit, mengatasi noda hitam bekas jerawat, dan mengendalikan produksi minyak. POND’S Skin Protect Day Cream baik digunakan sebelum keluar rumah untuk meningkatkan proteksi alami kulit.

3. Hindari memakai makeup tebal

Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi (41718)
searchPerbesar
Ilustrasi menggunakan makeup. Foto: Shutterstock
Tak ada salahnya jika Anda tetap ingin tampil cantik meski tertutup masker, namun sebaiknya Anda mengaplikasikan makeup tipis dan ringan saat mengenakan masker seharian. Sebab, makeup yang tebal dapat mengganggu pori-pori untuk bernapas. Akibatnya, kulit jadi mudah berjerawat.
Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi (41719)
searchPerbesar
POND’S Antibacterial Face Wipes. Foto: dok. POND'S
Oleh sebab itu, usahakan menggunakan makeup ringan dan membersihkannya dengan benar. Saat di luar rumah, Anda dapat menggunakan POND’S Antibacterial Face Wipes. Caranya, usapkan POND’S Antibacterial Face Wipes untuk membersihkan wajah dari kuman, minyak, dan kotoran. Sebagai face wipes, POND’S Antibacterial Face Wipes bebas alkohol dan mengandung anti-bacterial agent sehingga bisa melawan 99% kuman. Tak hanya itu, produk ini juga mengandung aloe vera extract sehingga bisa menyejukkan dan melembapkan kulit wajah.

4. Pilih masker dengan bahan yang pas

Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi (41720)
searchPerbesar
Macam-macam masker. Foto: Shutterstock
Usahakan menggunakan masker yang ukurannya pas di wajah. Masker yang terlalu sempit dapat membuat Anda sulit bernapas. Sementara itu, masker yang terlalu longgar tidak memproteksi diri dengan maksimal.
Kemenkes juga menyarankan untuk tidak menggunakan masker kain lebih dari 3 jam. Bahan yang direkomendasikan untuk masker kain umumnya adalah katun. Sebab, bahan katun memiliki daya serap tinggi, sehingga dapat mencegah kondisi masker yang lembap. Dengan bahan masker yang pas, Anda bisa meminimalisir timbulnya iritasi dan masalah kulit yang lain.
Anda juga bisa mencegah skindemik dengan menyemprotkan face mist yang mengandung anti-bakteri, salah satunya POND’S Anti Bacterial Refreshing Face Mist Spray with Natural Rose Extract.
Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi (41721)
searchPerbesar
POND’S Anti Bacterial Refreshing Face Mist Spray with Natural Rose Extract. Foto: dok. POND'S
Diformulasikan dengan Skin Defence Technology, produk ini mengandung bahan anti bakteri mutakhir yang diklaim bisa melawan kuman namun tetap lembut di kulit. Selain itu, POND’S Anti Bacterial Refreshing Face Mist Spray with Natural Rose Extract juga bebas alkohol dan mengandung 100% organic rose & 5 vitamin, sehingga bisa menyegarkan dan memberikan sensasi dingin di wajah, terutama setelah memakai masker.

5. Cuci masker secara rutin

Mengenal Skindemik, Masalah Kulit Akibat Situasi Pandemi (41722)
searchPerbesar
Ilustrasi mencuci masker. Foto: Shutterstock
Meski hemat dan praktis, perawatan masker kain tidak sembarangan. Menurut rekomendasi dari Centers for Disease Control (CDC), masker kain yang sudah digunakan, harus segara dicuci secara teratur hingga benar-benar bersih. Sebab jika masih ada sisa deterjen, maka bisa memicu berbagai masalah kulit.
Nah, itu dia tips mencegah skindemik. Jangan lupa gunakan rangkaian produk POND’S Anti-Bacterial yang diperkaya dengan TT-protect technology, sehingga mampu lawan 99% kuman di wajah. Sehingga, wajah akan tetap terlindungi saat berada di dalam maupun luar rumah.
Yuk pakai POND’S Anti-Bacterial agar wajah bisa tetap bersih cantik, bye skindemik!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan POND’S
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020