Woman
·
4 Mei 2021 19:32

Meski Bercerai, 4 Hal Ini Dapat Dipelajari dari Pernikahan Melinda & Bill Gates

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Meski Bercerai, 4 Hal Ini Dapat Dipelajari dari Pernikahan Melinda & Bill Gates (219669)
Meski Bercerai, 4 Hal Ini Dapat Dipelajari dari Pernikahan Melinda & Bill Gates. Foto: Instagram @thisisbillgates
Pasangan miliarder dan filantropis, Bill Gates dan Melinda Gates baru saja mengumumkan perceraian. Setelah menjalani kehidupan pernikahan selama 27, keduanya mengumumkan perceraian di akun Twitter masing-masing, pada Selasa (4/5).
ADVERTISEMENT
“Setelah melewati pemikiran dan usaha yang panjang dalam hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami,” tulis Bill Gates di akun Twitter pribadinya @BillGates.
Kabar ini mengejutkan masyarakat lantaran keduanya menjadi salah satu pasangan paling menginspirasi di dunia. Tak hanya soal prestasi, hubungan mereka sebagai pasangan suami istri yang ideal dan setara juga dijadikan sebagai panutan.
Meski akhirnya mereka bercerai, ada beberapa hal positif yang bisa kita pelajari dari pernikahan mereka. Untuk tahu apa saja, kumparanWOMAN telah merangkumnya. Dilansir beberapa sumber, simak selengkapnya berikut ini.

1. Soal berbagi peran suami-istri

Meski Bercerai, 4 Hal Ini Dapat Dipelajari dari Pernikahan Melinda & Bill Gates (219670)
Bill Gates dan Melinda Gates Foto: Instagram @thisisbillgates
Dalam hubungan rumah tangga, Melinda dan Bill Gates memastikan bahwa peran suami dan istri tetap seimbang di dalam rumah. Artinya, bukan hanya karena Melinda adalah seorang perempuan dan ibu, membuat dirinya otomatis bertanggung jawab atas kebersihan rumah.
ADVERTISEMENT
Sejak awal menikah, pasangan ini sudah berdiskusi soal peran masing-masing dalam rumah tangga. Bahkan Melinda mewajibkan Bill Gates untuk selalu mengantar anak-anak mereka ke sekolah. Keputusan ini bukan diambil tanpa alasan. Melinda ingin memberikan contoh nyata pada masyarakat mengenai pekerjaan tak berbayar yang dilakukan perempuan, misalnya seperti mencuci piring, mencuci baju, memasak, dan lain-lain.
Dalam hal ini, istri punya pekerjaan yang lebih banyak daripada suami. Padahal seharusnya keduanya bisa mendapat porsi yang seimbang.
"Cerita saya ini bisa jadi contoh. Di AS saja, perempuan mengerjakan pekerjaan tak berbayar di rumah selama 90 menit, lebih banyak dari para suami. Jadi kalau kita tidak berkontribusi langsung untuk mengatasi hal ini, kita tidak akan pernah melihat perempuan lebih produktif melakukan apa yang mereka mau," ungkap Melinda Gates seperti dikutip dari News from New Hampshire.
ADVERTISEMENT

2. Mengajarkan anak-anak untuk tidak terlena dengan warisan

Meski Bercerai, 4 Hal Ini Dapat Dipelajari dari Pernikahan Melinda & Bill Gates (219671)
Bill Gates, Melinda Gates dan Ketiga Anaknya Foto: Instagram @melindafrenchgates
Sebagai pasangan miliarder, Bill dan Melinda tak mau anak-anaknya bergantung pada kekayaan orang tua. Melansir Cheatsheet, anak-anak Bill akan mendapat jatah warisan yang tidak banyak. Hal ini dilakukan karena Bill dan Melinda tak ingin anak-anaknya malas.
“Kami ingin memberikan sesuatu yang seimbang, mereka bisa mendapatkan kebebasan untuk melakukan apapun tapi kami tidak mau memanjakan anak-anak dengan uang yang bisa membuat mereka main-main dan tidak melakukan apa-apa,” ungkap Bill Gates dalam acara konferensi bergengsi TED Talk seperti dikutip dari Cheatsheet.
Walaupun tidak menggelontorkan banyak harta untuk ketiga anaknya, nyatanya warisan Bill dan Melinda tetap memiliki angka yang fantastis.

3. Menjaga keharmonisan rumah tangga dengan mengerjakan pekerjaan rumah

Meski Bercerai, 4 Hal Ini Dapat Dipelajari dari Pernikahan Melinda & Bill Gates (219672)
Melinda dan Bill Gates. Foto: REUTERS/Kamil Zihnioglu/Pool
Tiap pasangan tentu punya rahasia untuk mempunyai rahasia untuk membuat hubungan rumah tangga tetap awet. Dalam wawancara Melinda bersama Business Insider, ia mengungkapkan, dalam 25 tahun dirinya menjalani hubungan pernikahan dengan Bill, mereka masih memiliki kebiasaan yang sama setiap hari, yakni, membagi pekerjaan rumah bersama.
ADVERTISEMENT
Semua berawal ketika Melinda menyadari ia selalu berada di dapur 15 menit lebih lama, setelah Bill dan anak-anak mereka naik ke atas, meninggalkan dirinya untuk beres-beres sendirian. Ia sering merasa kesepian, mengingat Bill juga sibuk bekerja. Akhirnya, setelah diskusi panjang dengan Bill, Melinda pun berusaha mengubah kebiasaan yang ada di keluarganya.
Suatu malam, ketika kami selesai makan malam dan semua orang mulai beranjak dan berpencar untuk ke kamar masing-masing, saya langsung berkata: 'Tidak ada yang meninggalkan dapur sampai aku meninggalkan dapur!' Lantas, selama 15 menit semua berlalu begitu cepat karena kami akhirnya saling membantu. Setelah selesai, semuanya langsung naik ke atas," ungkap Melinda.
Dalam ceritanya, meski sama-sama sibuk, keduanya masih meluangkan waktu untuk makan malam bersama sebagai keluarga. Setelahnya, mereka akan membagi pekerjaan rumah dan mencuci piring bersama. Melinda juga merasa bahwa beres-beres rumah dengan keluarga, dapat mempererat hubungan mereka.

4. Bekerja nyata untuk bantu sesama

Diketahui, Bill dan Melinda Gates telah menjadi salah satu pasangan terkaya di dunia. Bill Gates ada posisi ke-4 orang terkaya dunia versi Forbes, dengan total harta kekayaan USD 130,5 miliar atau setara hampir Rp 1.900 triliun.
ADVERTISEMENT
Namun, kekayaan yang dimilikinya tidak disia-siakan begitu saja. Bil Gates dan Melinda bersama-sama memutuskan untuk menyumbangkan kekayaan mereka ke Bill & Melinda Gates Foundation. Menurut laporan Forbes pada Sabtu (3/4), hingga saat ini, Bill Gates telah menyumbangkan saham Microsoft senilai 35,8 miliar dolar Amerika Serikat ke yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.
Yayasan tersebut telah berkontribusi pada banyak isu atau masalah yang dialami di seluruh dunia. Mulai dari memperbaiki sistem kesehatan, mengurangi kemiskinan, memperluas kesempatan pendidikan, hingga memberi akses teknologi.