Woman
·
20 November 2020 10:39

Pakai Skin Care Berbeda-beda Merek Ternyata Bisa Berbahaya, Ini Alasannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pakai Skin Care Berbeda-beda Merek Ternyata Bisa Berbahaya, Ini Alasannya (667703)
Ilustrasi perempuan menggunakan sunscreen. Foto: Shutter Stock
Seiring dengan perkembangan zaman, kemunculan skin care terus berinovasi menghadirkan ragam produk yang bisa memikat kaum hawa. Tak hanya itu, kini merek skin care juga semakin banyak bermunculan, tentunya dengan tawaran manfaat yang berbeda-beda. Mulai dari merek lokal, hingga merek internasional dengan harga yang selangit.
ADVERTISEMENT
Kehadiran skin care dari berbagai merek itu tentu saja membuat banyak orang tergiur dengan khasiat yang dijanjikan. Menariknya, beberapa orang juga mengaku tak keberatan jika harus mengeluarkan kocek yang tak sedikit untuk membeli produk skin care tersebut dan menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas perawatan harian.
Namun Ladies, tahukah Anda jika menggabungkan produk skin care dari merek yang berbeda dalam perawatan kulit ternyata tidak dianjurkan dan bisa berbahaya bagi kulit? Beberapa orang mungkin tidak mengalami masalah jika memadukan produk pelembap dari merek A dengan krim malam merek B. Namun, bukan berarti bahwa semua orang bisa melakukan metode tersebut tanpa efek negatif, terutama bagi pemilik kulit sensitif.
Hal itu disampaikan oleh seorang dokter estetika yang berbasis di Singapura, Dr. SM Yuen. Menurutnya, potensi bahaya yang dimunculkan jika Anda menggabungkan merek skin care satu dan lainnya adalah menumpuk terlalu banyak bahan aktif di kulit. Bahan aktif sendiri merupakan bahan-bahan yang terkandung dalam satu produk untuk memberi perawatan dalam mengatasi masalah kulit tertentu.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Dr. Yuen menjelaskan bahwa melapisi produk dengan dua atau lebih bahan aktif bisa mengiritasi atau membuat kulit kering. “Misalnya, retinol tidak bekerja dengan baik dengan benzoyl peroxide, yang biasanya ditemukan pada produk jerawat. Contoh lainnya adalah Vitamin C yang tidak bekerja dengan baik saat digabungkan dengan asam alfa-hidroksi,” katanya saat diwawancarai Channel NewsAsia.
Pakai Skin Care Berbeda-beda Merek Ternyata Bisa Berbahaya, Ini Alasannya (667704)
Ilustrasi Skincare Foto: Shutterstock
Karena alasan itulah, Dr. Yuen pun menyarankan Anda untuk memakai skin care dari merek yang sama, sebab formula skin care tersebut biasanya memang dibuat untuk saling melengkapi satu sama lain.
“Umumnya, saat sebuah merek merancang rangkaian produk skin care, mereka akan memastikan bahwa semua produknya bekerja sama dengan baik dan saling bersinergi,” terang Dr. Yuen.
ADVERTISEMENT
“Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan produk skin care dari merek yang berbeda pada saat yang sama. Karena ada contoh kasus di mana seseorang cocok saat menggunakan produk dari beberapa merek,” tambahnya.
Karena itulah, jika Anda ingin menggabungkan produk skin care dari beberapa merek di waktu yang bersamaan, Dr. Yuen pun menyarankan Anda untuk lebih berhati-hati dan selalu memperhatikan bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya.
Pakai Skin Care Berbeda-beda Merek Ternyata Bisa Berbahaya, Ini Alasannya (667705)
Ilustrasi Wajah Berjerawat Karena Pemakaian Skincare Foto: Shutterstock
Kemudian, tindakan apa yang harus dilakukan jika seseorang menemukan produk skin care-nya tidak bekerja secara optimal dalam mengatasi masalah kulit?
Dr. Yuen menjelaskan, “Salah satu skenario paling baik jika seseorang memulai sebuah produk skin care dari sebuah merek kecantikan dan kemudian menemukan bahwa produk itu tidak bekerja dengan baik adalah kembali lagi ke merek yang sama dan mencari opsi produk atau kombinasi lain yang bisa dicoba, daripada mencoba produk skin care merek lain atas rekomendasi teman atau sekadar iseng.”
ADVERTISEMENT
Sementara itu bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau rentan berjerawat, Dr. Yuen menyarankan untuk mengkonsultasikan kebutuhan perawatan kulitnya ke tangan seorang ahli dan profesional (seperti dokter kulit) untuk mendapatkan solusi yang tepat.
Ladies, menahan godaan untuk mencoba produk skin care terbaru, tercanggih, atau produk yang tengah dibicarakan banyak orang memang bukanlah hal yang mudah. Namun, alangkah baiknya jika Anda tetap berhati-hati dan tidak asal-asalan dalam mencoba atau menggabungkan berbagai produk skin care untuk meminimalkan risiko yang mungkin muncul di kemudian hari.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)