Woman
·
31 Agustus 2021 8:18
·
waktu baca 4 menit

Penting! Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Cari Pekerjaan Baru setelah Kena PHK

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penting! Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Cari Pekerjaan Baru setelah Kena PHK (64444)
searchPerbesar
Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Cari Pekerjaan Baru setelah Kena PHK. Foto: Dok. Freepik
Kita telah cukup lama menjalani hidup di masa pandemi COVID-19. Tantangan yang mengadang pun cukup beragam, mulai dari kesehatan, keuangan, dan karier. Kondisi ekonomi yang memburuk membuat banyak perusahaan melakukan pengurangan karyawan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang kini lebih dikenal dengan istilah layoff.
ADVERTISEMENT
Banyak orang mengalami PHK dan ini bukan hal mudah. Mereka yang terkena PHK tidak hanya kehilangan penghasilan, tapi juga kehilangan rutinitas. Dengan kata lain, PHK adalah the new level of broken heart alias patah hati dalam bentuk baru.
Untuk bisa move on, tentu ada berbagai hal yang perlu dilakukan. Kita tidak bisa asal mencari pekerjaan baru, tapi juga harus menata hati agar lebih siap menjalani hal baru.
Nah, dalam program IG Live Sister of Soul (SOS) 'Serba-serbi Membangun Karier di Masa Pandemi', kumparanWOMAN membahas beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mencari pekerjaan baru pasca PHK bersama dua narasumber spesial. Mereka adalah Rastrianez, Talent Development Coach dan Co-Founder @talktocoach dan Muliana, mantan Asisten Wakil Menteri BUMN 1 sekaligus pegawai BUMN di Mining Industry (MIND ID).
ADVERTISEMENT
Apa saja tips dari mereka? Daripada penasaran, simak selengkapnya berikut ini.

1. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Setelah mengalami PHK, tentu kita membutuhkan proses untuk healing atau menyembuhkan diri, baik dari perasaan sedih, kecewa, ataupun bingung harus melakukan apa setelah diberhentikan dari pekerjaan.
Penting! Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Cari Pekerjaan Baru setelah Kena PHK (64445)
searchPerbesar
Ilustrasi Perempuan. Foto: Dok. Shutterstock
Menurut Rastrianez, setiap orang memiliki proses yang berbeda-beda. Jadi, jangka waktu untuk bisa kembali memulai cari kerja itu pasti juga tidak sama. Dan momen penyembuhan ini harus dilakukan dengan tepat.
"Pastikan kita tidak membandingkan diri dengan orang lain. Tapi bandingkan diri kita saat ini dengan diri kita sebelumnya. Karena kalau kita melihat perkembangan diri kita sendiri, nantinya kita akan merasa bangga dengan apa yang sudah kita capai selama ini," ungkap perempuan yang akrab disapa Anez ini dalam IG Live SOS 'Serba-serbi Membangun Karier di Masa Pandemi' bersama kumparanWOMAN pada Jumat (27/8)
ADVERTISEMENT
Anez pun menambahkan bahwa cara tersebut bisa memberikan kekuatan yang tumbuh dalam diri. Proses healing tersebut akan membantu kita untuk lebih percaya diri dan berkembang.
Dari proses itu, kita akan tahu bahwa ternyata kita bisa berkembang, meski hanya sedikit demi sedikit dan prosesnya lama. Sehingga selanjutnya kita bisa lebih fokus dengan apa yang diinginkan dan apa yang bisa dimaksimalkan," tutur Anez.

2. Tanya pada diri sendiri tentang apa yang diinginkan

Penting! Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Cari Pekerjaan Baru setelah Kena PHK (64446)
searchPerbesar
Perempuan bekerja. Foto: Shutterstock
Selanjutnya, kita bisa bertanya pada diri sendiri mengenai apa yang diinginkan dan apa yang kita bisa. Setelah itu, kita dapat membayangkan apakah mampu melakukan hal yang sama dalam beberapa tahun ke depan.
Kalau tidak suka dengan apa yang selama ini dilakukan, cari tahu apa yang sebenarnya kita inginkan atau menarik minat. Kalau sudah tahu, perdalam kemampuan kita di bidang tersebut. Langkah ini bisa dilakukan sebelum kita akhirnya mengambil kursus atau bahkan mengeluarkan uang untuk belajar lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
"Ambil waktu untuk cari tahu, ambil waktu untuk coba-coba. Jangan takut memulai sesuatu dari awal, ini bisa membantu kita mengenali diri lebih baik dan akhirnya mengetahui apa yang bisa dilakukan supaya lebih semuanya lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran," pungkas Anez.

3. Memanfaatkan teknologi untuk belajar hal baru

Penting! Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Cari Pekerjaan Baru setelah Kena PHK (64447)
searchPerbesar
com-Ilustrasi perempuan yang sedang ikut kelas online. Foto: Shutterstock
Terakhir, ketika sudah menemukan apa yang diinginkan dalam perjalanan karier selanjutnya, kita bisa mendalami bidang tersebut. Menurut Vina Muliana, saat ini sudah banyak sekali sumber yang bisa kita jangkau kalau ingin mengembangkan diri.
Kita bisa mengikuti kelas online lewat berbagai platform yang tersedia atau mencari jaringan di media sosial. Misalnya, mencari tahu topik apa yang kita suka terkait dengan karier. Kemudian, kita bisa mempelajarinya lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
"Jadi, sambil menunggu, kita bisa belajar mengenai hal yang diminati atau justru memperdalam ilmu yang berbeda dari sebelumnya. Sehingga nanti ketika sudah saatnya untuk kembali bekerja, kita bisa lebih siap lagi," pungkas Vina dalam acara yang sama.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020