Woman
·
28 April 2021 14:05

Pentingnya Bersikap Idealis dan Realistis untuk Mencapai Karier yang Sukses

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pentingnya Bersikap Idealis dan Realistis untuk Mencapai Karier yang Sukses (256253)
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Memiliki karier sukses merupakan keinginan banyak orang untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Namun untuk mendapatkan hal tersebut bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa karakteristik yang perlu ditanamkan pada di diri seseorang yang ingin mencapai kesuksesan dalam berkarier.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah memiliki inisiatif yang tinggi. Sebab ia akan terus menanyakan sesuatu untuk keberhasilan dari suatu proyek atau pekerjaan yang dilakukannya. Dengan begitu, partner dalam bekerja pun akan merasa diuntungkan karena inisiatif yang dimiliki.
Selain dituntut memiliki inisiatif yang tinggi, seseorang yang ingin mencapai kesuksesan karier juga perlu memiliki sikap idealis dan realistis. Kedua sikap ini dipercaya membawa kesuksesan sehingga karier yang ingin kamu tingkatkan dapat berjalan lebih mudah.
Pentingnya Bersikap Idealis dan Realistis untuk Mencapai Karier yang Sukses (256254)
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Mengutip Medium, sikap realistis dan idealis merupakan sesuatu yang perlu memiliki rencana agar tujuannya dapat berhasil sekaligus mengurangi pemborosan waktu. Apabila terdapat beberapa kesulitan dalam perencanaannya, maka sikap realistis dalam mengambil keputusan sangat diperlukan.
Sikap idealis sendiri akan kamu butuhkan ketika menghadapi masalah yang cukup genting. Sebab seseorang yang idealis perlu memikirkan apa yang dilakukannya sesuai dengan kaidah yang ada di jalan pikirannya atau tidak.
ADVERTISEMENT
Idealis merupakan suatu keyakinan atas hal yang dianggap benar olehnya dan bersangkutan dengan pengalaman, pendidikan, serta kultur budaya. Sedangkan realistis adalah suatu paham yang menjelaskan tentang peristiwa nyata, tidak mengada-ngada, dan sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya.
Pentingnya Bersikap Idealis dan Realistis untuk Mencapai Karier yang Sukses (256255)
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Dalam berkarier, kedua sikap ini sangat diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Idealis mementingkan tujuan dengan hasil yang sempurna, sedangkan realistis bertujuan untuk mendapatkan hasil yang praktis dan mampu didapatkan oleh kemampuan diri sendiri.
Kedua tujuan dari idealis dan realistis ini apabila digabungkan dapat menghasilkan visi yang dibutuhkan dalam berkarier. Namun perlu diingat bahwa pikiran yang idealis dapat mengarah pada kegagalan dalam berkarier. Nah, realistis akan bekerja untuk menahan resiko terjadinya kegagalan dan mulai melakukan peningkatan secara perlahan.
Pentingnya Bersikap Idealis dan Realistis untuk Mencapai Karier yang Sukses (256256)
Ilustrasi meeting. Foto: Shutterstock
Idealis juga bertujuan untuk membantu mengubah dunia kerja menjadi lebih baik lagi, tetapi hal tersebut harus diiringi dengan sikap realisme yang akan membuat kariernya semakin meningkat dan mengurangi resiko kegagalan.
ADVERTISEMENT
Maka itu, penting sekali untuk menjaga kedua sikap ini agar karier dapat menanjak ke arah yang lebih baik atau kesuksesan. Tanpa satu sama lain, bukan tidak mungkin karier yang telah didapatkan mengalami kegagalan dan menghalangi diri untuk bisa berkarier kembali.
Penulis: Johanna Aprillia