Woman
·
11 Januari 2021 14:29

Perempuan Ini Pecahkan Rekor Guinness dengan Rambut Afro Terbesar di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perempuan Ini Pecahkan Rekor Guinness dengan Rambut Afro Terbesar di Dunia (414217)
Simone Williams dengan lingkar rambut 1.48 meter. Foto: dok. Instagram
Perempuan asal Brooklyn, New York, Simone Williams, belum lama ini berhasil memecahkan rekor dunia sebagai perempuan dengan rambut afro terbesar di dunia. Rekor ini dicatat oleh Guinness World Records pada 2 Desember 2020 lalu.
ADVERTISEMENT
Perempuan yang berprofesi sebagai fashion designer ini memiliki rambut afro dengan ukuran tinggi 20.5 cm, lebar 22.5, dan lingkarnya 1.48 meter. Rekor yang diraih oleh Simone ini mengalahkan rekor rambut afro terbesar milik Aevin Dugas asal AS yang sudah delapan tahun mempertahankan peringkatnya.
Perempuan Ini Pecahkan Rekor Guinness dengan Rambut Afro Terbesar di Dunia (414218)
Perempuan Ini Pecahkan Rekor Guinness dengan Rambut Afro Terbesar di Dunia. Foto: dok. Instagram
"Dia (Aevin Dugas) menginspirasi aku untuk melakukan ini. Saya melakukan riset di Google tentang rambut afro terbesar di dunia dan namanya muncul, aku sangat takjub," ungkap Simone Williams seperti dikutip dari Now This.
Ia menambahkan bahwa saat itu dirinya tidak menyangka kalau rambutnya bisa seperti Aevin. Jadi Simone kemudian berniat untuk menjadikan ukuran Aevin sebagai acuan.
"Aku sangat senang karena dia diakui dan ada kesempatan bagi orang lain untuk bisa diakui juga," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Perjalanan Simone merawat rambut afro-nya bermula sejak sembilan tahun lalu. Sejak SMP sampai kuliah Simone mengaku kalau ia selalu meluruskan rambut.
Simone baru menata rambutnya secara alami tanpa diluruskan saat ia berusia 23 tahun. Pada saat itu ia belum memiliki keinginan untuk memecahkan rekor dunia. Ia melakukannya supaya lebih hemat dan tidak menghabiskan banyak uang di salon untuk menata rambut. Sebab waktu itu Simone berencana untuk pindah ke apartemen.
Transisi perubahan model rambut sempat membuat ia kesulitan, terutama untuk menjaga agar tekstur rambutnya tetap bagus.
"Awalnya, proses perawatannya sangat sulit karena aku sudah terbiasa dengan rambut lurus dan aku tidak tahu bagaimana mengatur tekstur rambut alami milikku," jelasnya seperti dikutip dari situs Guinness World Records.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Simone tak pernah melewatkan perawatan rambut. "Saat rambutku ditata, terlihat besar dan bervolume, banyak orang yang memperhatikan, banyak juga yang memberikan komentar serta pujian. Aku ingin beranggapan bahwa itu semua adalah hal positif. Tetapi ada juga orang-orang yang melihatnya dengan tatapan aneh," pungkasnya.
Perempuan Ini Pecahkan Rekor Guinness dengan Rambut Afro Terbesar di Dunia (414219)
Simone Williams, perempuan New York dengan rambut afro terbesar di dunia. Foto: dok. Instagram
Hal itu tak pernah mematahkan semangat Simone. Ia justru mengaku bangga dengan rambutnya karena bisa menunjukkan bahwa ia juga bangga menjadi perempuan berkulit hitam.
"Memiliki rambut afro natural adalah sesuatu yang merepresentasikan bahwa kamu bangga menjadi orang kulit hitam. Dan aku merasakan hal itu saat rambutku tampil apa adanya, afro, besar, dan cantik," ungkap Simone dalam pernyataan pers yang dikeluarkan oleh pihak Guinness World Records di situs resmi mereka.
ADVERTISEMENT

Tak pernah ke salon untuk merawat rambut

Simone Williams mengaku bahwa ia selalu merawat rambutnya di rumah. Ia mengandalkan sampo tanpa kandungan sulfat dan memakai kondisioner yang banyak.
"Normalnya, aku keramas seminggu sekali menggunakan sampo tanpa kandungan sulfat. Aku juga memakai banyak kondisioner untuk membantu mengatasi rambut kusut. Saat mandi dan tidak keramas, aku mengikat rambut menjadi empat bagian," jelasnya.
Setelah itu, ia menggunakan pelembap rambut dan gel minyak zaitun sebelum mengikat rambutnya menjadi delapan bagian dan membiarkannya kering secara alami.
"Selama bertahun-tahun, perempuan kulit hitam tampil dengan rambut alami sebagai simbol atas kebebasan dan aku juga ingin merasakan kebebasan dan kepercayaan diri itu ketika aku keluar rumah dengan rambut afro alami ini," tutupnya.
ADVERTISEMENT