kumparan
search-gray
Woman4 Maret 2020 16:08

Perempuan Jangan Takut Mengejar Mimpi

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi wanita karier
Ilustrasi wanita karier Foto: Shutterstock
Setiap orang berhak menggapai impiannya setinggi mungkin, tak peduli ras, latar belakang, maupun gender. Sayangnya, keterbatasan akses pendidikan masih menjadi kendala yang membuat banyak orang harus rela mengubur cita-citanya, terutama bagi perempuan.
ADVERTISEMENT
Ya, nyatanya pendidikan bagi perempuan di Indonesia memang masih belum merata. Berdasarkan data dari Kemenpppa tahun 2018, pendidikan perempuan Indonesia rata-rata hanya 8,17 tahun, masih lebih rendah dari harapan program wajib belajar 12 tahun. Bahkan, secara nasional, hanya 8,27 persen perempuan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Fasilitas pendidikan yang kurang memadai, faktor ekonomi, hingga budaya menjadi faktor yang membuat perempuan kesulitan mengakses pendidikan — khususnya mereka yang tinggal di kawasan pelosok Indonesia. Pada akhirnya mereka lebih memilih untuk bekerja sedari kecil demi membantu perekonomian keluarga.
Selain itu, budaya patriarki yang masih berlaku di banyak daerah juga membuat kesadaran pendidikan bagi perempuan dikesampingkan. Hal tersebut tentunya sangat disayangkan, mengingat pendidikan merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan taraf hidup perempuan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, pendidikan yang terjamin bagi perempuan juga bisa membawa banyak dampak positif. Perempuan bisa hidup lebih mandiri bahkan ikut meningkatkan taraf hidup keluarganya, lebih siap mengikuti perkembangan zaman, kesempatan berkarier yang lebih terbuka, hingga bisa menjadi guru bagi anak-anaknya kelak.
Fenomena inilah yang membuat brand perawatan dan kecantikan wajah, Fair & Lovely bergerak untuk ikut serta meningkatkan kualitas pendidikan perempuan di Indonesia melalui program Bintang Beasiswa 2020.
Dalam program beasiswa tersebut, Fair & Lovely akan memberikan tabungan pendidikan secara berkala selama empat tahun bagi perempuan Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi namun memiliki masalah finansial.
Bintang Beasiswa telah diadakan selama tiga tahun dan sudah membantu 150 perempuan untuk mengejar impiannya. Dan di tahun ke empat ini, Fair & Lovely kembali memberikan 60 beasiswa bagi perempuan Indonesia. Harapannya, Bintang Beasiswa Fair & Lovely dapat menjangkau wilayah yang lebih luas hingga di luar Pulau Jawa, seperti Sumatera Utara Sumatera Barat, dan Kalimantan Timur.
ADVERTISEMENT
Fair & Lovely bekerjasama dengan yayasan Hoshizura Foundation. Yayasan pendidikan ini bertanggungjawab sebagai tim seleksi dan akan mendampingi perempuan penerima beasiswa yang berprestasi dan punya motivasi untuk meraih impiannya setinggi mungkin.
Pendaftaran program Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2020 sudah dibuka sejak Januari hingga 31 Maret 2020 mendatang dan bisa diakses melalui website www.kelasberbagicerah.com. Setelah melakukan registrasi, pendaftar akan mendapatkan email untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah seluruh dokumen yang dibutuhkan.
Peserta yang lolos tahap seleksi akan melalui tahap wawancara dan home visit yang akan diadakan pada bulan Mei-Juni 2020 di kota masing-masing. Sedangkan pengumuman penerima beasiswa Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2020 akan dilakukan pada Juli 2020 mendatang. Untuk info lengkapnya klik di sini.
ADVERTISEMENT
Tak perlu takut lagi untuk raih mimpi setinggi-tingginya. Ayo daftar Fair & Lovely Bintang Beasiswa Sekarang. Raih Cerahmu, Wujudkan Impianmu!
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Fair & Lovely.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
customTrackerImpressionURL
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white