Woman
·
15 Oktober 2020 18:35

Perempuan Sulit Dimengerti, Ini Alasan yang Wajib Pria Tahu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perempuan Sulit Dimengerti, Ini Alasan yang Wajib Pria Tahu (18069)
Perempuan Sulit Dimengerti, Ini Alasan yang Wajib Pria Tahu. Foto: Shutterstock
Banyak yang mengatakan bahwa perempuan sulit dimengerti. Setujukah Anda?
Pernyataan tersebut tentunya bukanlah tanpa alasan. Nyatanya ada beberapa hal yang membuat perempuan terlihat seperti teka-teki yang sulit dipecahkan, salah satunya adalah karena pria dan perempuan memiliki gaya komunikasi yang berbeda. Perempuan diketahui cenderung lebih menggunakan perasaan sedangkan pria mengutamakan logikanya saat berbicara.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, kesulitan pria dalam memahami perasaannya sendiri pun membuat mereka mengalami kendala ketika menghadapi perempuan yang tiba-tiba emosi.
Selain dua hal yang telah disebutkan, berikut ini masih ada pula beberapa alasan lainnya mengapa pria sulit memahami perempuan.
Perempuan Sulit Dimengerti, Ini Alasan yang Wajib Pria Tahu (18070)
Pasangan kadang punya gaya komunikasi yang berbeda. Foto: Shutterstock

1. Gaya komunikasi yang berbeda

Salah satu hal yang membuat pria sulit memahami perempuan adalah karena adanya perbedaan gaya berkomunikasi dan mengekspresikan diri.
Mengutip dari The Inspiring Men Project, saat berkomunikasi, pria biasanya langsung berbicara tentang suatu hal yang spesifik dengan mengandalkan isi pikiran dan logikanya. Berbeda dengan perempuan, selain menggunakan pikiran dan logika, mereka biasanya menambahkan unsur emosi dan perasaan untuk mengekspresikan apa yang dialami.

2. Pria kesulitan memahami perasaan

Alasan lainnya adalah pria mengalami kesulitan dalam memahami perasaannya sendiri sehingga menghadapi emosi perempuan tidaklah mudah.
ADVERTISEMENT
Menurut seorang kolumnis dan penulis Psychology Today, Barton Goldsmith, pria hanya bisa memilih salah satu entah pikiran atau perasaan ketika sedang berbicara. Menggabungkan keduanya di waktu yang sama tidak semudah itu untuk dilakukan. Itulah mengapa pria menganggap percakapan dengan perasaan sebagai sebuah tantangan.
Perempuan Sulit Dimengerti, Ini Alasan yang Wajib Pria Tahu (18071)
Kadang pria kesulitan emmahami perasaan pasangan. Foto: Shutterstock

3. Perempuan ingin melihat reaksi pasangan

Perlu diketahui, saat perempuan mengeluh biasanya mereka ingin melihat seberapa tanggap seorang pria dan bagaimana reaksinya terhadap masalah yang sedang dihadapi. Perempuan ingin mengetahui apakah pasangannya ini sudah cukup peduli dan bisa diandalkan atau tidak.
Hal tersebut tak jarang membuat perempuan kerap dipandang negatif, bahkan dicap suka mengomel. Ini juga dikarenakan perempuan memang cenderung lebih mudah mengekspresikan emosinya entah sedih ataupun bahagia dibandingkan dengan pria.
Perempuan Sulit Dimengerti, Ini Alasan yang Wajib Pria Tahu (18072)
Ilustrasi Diskusi dengan Pasangan Foto: Pixabay

4. Keinginan membangun koneksi dengan pasangan

Saat berbicara, perempuan lebih menyukai obrolan yang mendalam untuk membangun koneksi dengan pasangan. Terkadang kata-kata yang diucapkan tidak lebih penting dari emosi yang mereka rasakan sehingga pria perlu melihat makna di balik percakapan yang berlangsung. Namun, nyatanya hal tersebut cukup sulit diterima oleh pria.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Psychology Today, perempuan akan merasa senang bila pasangan memberikan perhatian. Sayangnya, pria kerap kali bingung bagaimana harus bersikap dan kapan waktu yang tepat untuk mengekspresikan perasaannya pada perempuan.
Penulis: Adinda Cindy Lapod