Woman
·
18 September 2020 15:43

Perempuan Thailand Ini Punya Rumah 10 Lantai & Koleksi Barang Antik Rp 11 M

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perempuan Thailand Ini Punya Rumah 10 Lantai & Koleksi Barang Antik Rp 11 M (8338)
Perempuan Thailand Ini Punya Rumah 10 Lantai & Koleksi Barang Antik Rp 11 M. Foto: dok. Instagram
Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan nama Sumanee Guna-Kasem. Perempuan asal Thailand ini merupakan seorang sosialita kaya raya dan istri dari mantan Duta Besar Thailand, Pracha Guna-Kasem.
ADVERTISEMENT
Sejak dulu, Sumanee banyak dikenal dunia sebagai 'Billionaire Barbie' karena kekayaan dan penampilannya yang khas. Perempuan 84 tahun ini juga terkenal karena kecantikan kulitnya yang tampak awet muda tanpa kerutan dan gaya rambut pirangnya yang ditata berbagai model. Ia juga kerap tampil mengenakan gaun-gaun elegan dengan potongan fit-to-body.
Dari tahun ke tahun, penampilan Sumanee memang tampak berbeda. Tetapi seumur hidupnya ia mengaku hanya pernah melakukan operasi plastik di bagian kelopak mata.
Selama menjadi istri diplomat, Sumanee punya kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang terkenal. Pribadinya yang ramah dan wawasannya yang luas membuat ia mudah akrab dengan siapa saja. Namanya pun jadi banyak dikenal di kalangan tokoh-tokoh besar. Selama tinggal di New York, ia pun berteman dengan mantan Ibu Negara Amerika Serikat Jacqueline Kennedy (Jackie Kennedy) dan Neil Amstrong.
ADVERTISEMENT
Bisa dibilang, Sumanee merupakan seorang crazy rich sesungguhnya. Kabarnya, ia lahir dari keluarga yang memang sudah kaya raya sejak dulu. Nenek moyangnya dikabarkan memiliki sejumlah tanah di Thailand yang kini menjadi properti yang dimiliki oleh Sumanee.
Ayahnya merupakan seorang polisi yang kemudian melanjutkan kariernya di dunia pemerintahan hingga akhirnya diangkat menjadi Duta Besar Thailand ketika masa perang Vietnam.
Saat orang tuanya harus menetap di Saigon, Vietnam, karena tugas negara, Sumanee dikirim ke Inggris untuk meneruskan pendidikan. Kemudian saat kuliah, Sumanee bertemu dengan Pracha Guna-Kasem di Oxford, Inggris.
Meski begitu, keduanya tak langsung saling suka dan menikah. Mereka berdua sempat berpisah dan bertemu lagi di Bangkok ketika Sumanee berusia 22 tahun. Menurut penuturan Sumanee, Pracha sempat kuliah lagi hingga akhirnya ia bisa pulang ke Thailand dan menjabat sebagai Second Secretary.
ADVERTISEMENT
Di masa-masa itu, keduanya mulai jatuh cinta dan bertunangan. Lalu tiga bulan kemudian, Sumanee dan Pracha menikah. Pernikahan mereka disponsori khusus oleh Yang Mulia Raja Bhumibol, Raja Thailand.
Namun sayangnya, Pracha Guna-Kasem sudah meninggal pada 2009 lalu dan Sumanee hidup sendiri bersama satu orang anak laki-laki.

Sumanee punya gaya hidup mewah dan suka koleksi perhiasan serta barang antik

Layaknya sosialita dan orang kaya pada umumnya, Sumanee Guna Kasem juga suka mengoleksi perhiasan serta barang-barang antik. Ia bahkan dinobatkan sebagai salah satu kolektor barang antik paling produktif di Thailand. Nilai koleksinya diperkirakan mencapai miliaran baht.
Salah satu momen yang membuat Sumanee banyak dikenal baik oleh rumah lelang terkenal di dunia adalah karena ia pernah mengalahkan tawaran Sultan Brunei untuk sebuah barang yang sangat ia inginkan.
ADVERTISEMENT
Hobinya mengoleksi perhiasan mewah berawal ketika suaminya diutus menjadi Duta Besar Thailand di Geneva, Swiss. Kehidupannya menjadi istri diplomat inilah yang membuat Sumanee punya kesempatan untuk melihat dan membeli barang-barang bersejarah dari berbagai dunia.
Saking banyaknya, Sumanee mengaku tak tahu sudah ada berapa koleksi perhiasan yang ia miliki. Sumanee juga tak memiliki koleksi favorit, tetapi ia tahu semua cerita di balik setiap perhiasan miliknya.
Perempuan Thailand Ini Punya Rumah 10 Lantai & Koleksi Barang Antik Rp 11 M (8339)
Isi rumah Sumanee Guna-Kasem yang penuh dengan barang-barang antik. Foto: dok. Sanook
"Saya tidak punya favorit, tapi setiap kalung, gelang, cincin, liontin, cufflink, jepit, kancing, hingga batu-batuan milik saya itu sangat penting dan memiliki arti yang berbeda bagi saya," ungkap Sumanee seperti dikutip dari HOT Magazine.
Sama dengan perhiasan, Sumanee juga tak menyadari kalau ia banyak disebut sebagai kolektor. Karena pada dasarnya selama ini Sumanee hanya membeli barang yang menurutnya bagus dan ternyata setelah ditelusuri, barang-barang tersebut memiliki nilai seni dan sejarah yang menakjubkan.
Salah satu barang koleksinya adalah sebuah rak batu yang ia beli di New York dengan harga THB 25 juta atau sekitar 802 ribu dolar AS atau sekitar Rp 11 miliaran. Tak hanya itu, di rumahnya Sumanee juga memiliki toilet dan bathub yang terbuat dari emas 24 karat.
Perempuan Thailand Ini Punya Rumah 10 Lantai & Koleksi Barang Antik Rp 11 M (8340)
Toilet di rumah Sumanee dilapisi emas 24 karat. Foto: dok. Sanook
Selain mengoleksi barang mewah, Sumanee sendiri juga terkenal memiliki gaya hidup yang mewah. Ia tinggal di sebuah gedung 10 lantai dengan 50 staf pengurus. Gedung tersebut merupakan hadiah dari ayahnya setelah ia menikah dengan Prascha.
ADVERTISEMENT
Mengingat sejarah keluarga Sumanee, gedung tersebut juga tidak dibangun sembarangan. Semua pondasinya tidak terbuat dari besi dan semen, melainkan menggunakan kayu. Dari berbagai foto yang beredar di internet, dekorasi rumahnya pun tampak mewah, klasik, dan elegan.
Perempuan Thailand Ini Punya Rumah 10 Lantai & Koleksi Barang Antik Rp 11 M (8341)
Salah satu ruangan di rumah Sumanee Guna-Kasem. Foto: dok. Sanook
Rumahnya dipenuhi dengan barang antik di setiap lantai dan sering dijadikan sebagai tempat pertemuan untuk para pejabat. Tak hanya itu, rumahnya juga kerap dijadikan sebagai tempat pesta bagi kalangan konglomerat.
Meski begitu, Sumanee lebih suka mendeskripsikan dirinya sebagai seseorang yang sederhana dengan selera yang simple. Ia mengaku citranya di hadapan publik memang tampak glamor karena ia mencoba untuk menjaga nama baik suaminya sebagai diplomat dan sejarah keluarganya.
"Di mata publik dan sebagai representasi dari Thailand, saya harus menjaga sebuah standar tersendiri. Saya harus memikirkan reputasi suami dan keluarga. Tapi sejujurnya, saya lebih suka menyebut diri saya orang yang sederhana dengan selera yang simple," pungkasnya.

Punya kepedulian sosial yang tinggi

Sadar bahwa ia dan keluarganya memiliki pengaruh yang besar di Thailand, Sumanee Guna-Kasem pun selalu melibatkan dirinya dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membantu orang lain.
ADVERTISEMENT
Bersama dengan suaminya, ia membangun sebuah yayasan sosial bernama Maneemondcha Foundation yang berfokus memberikan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu di Thailand. Selain itu, karena keluarganya juga sangat menyukai anjing, mereka kemudian membentuk sebuah yayasan khusus yang menjadi 'rumah' bagi 800 anjing terlantar di Thailand.