Pernah Pacaran dengan Dokter Muslim, Putri Diana Disebut Ingin Tahu soal Islam

21 Januari 2022 19:42
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Putri Diana saat berkunjung ke Indonesia tahun 1989. Foto: AFP/KRAIPIT PHANVUT
zoom-in-whitePerbesar
Putri Diana saat berkunjung ke Indonesia tahun 1989. Foto: AFP/KRAIPIT PHANVUT
ADVERTISEMENT
Putri Diana memang sudah meninggal dunia pada 31 Agustus 1997 lalu. Namun, kisah cinta dan kehidupan pribadinya masih menarik untuk dibahas hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
Putri Diana sendiri menikah dengan anak sulung Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, pada 29 Juli 1981. Namun, hubungan mereka berakhir dengan perceraian pada 1996.
Setelah berpisah dengan Pangeran Charles, Putri Diana dikabarkan sempat menjalin hubungan asmara dengan beberapa pria. Salah satunya adalah dokter ahli bedah dan ahli jantung Muslim keturunan Pakistan, Dr. Hasnat Khan.
Menurut laporan Cheat Sheet, Putri Diana dan Khan berkencan selama 18 bulan. Perkenalan mereka pun terjadi pada 1995. Saat itu, Lady Di sudah berpisah dari Charles, namun mereka belum resmi bercerai.
Diana dilaporkan sangat tergila-gila dengan Khan. Saking cintanya, Diana bahkan mempertimbangkan untuk masuk Islam agar pasangan itu bisa menikah. Diana juga dikabarkan pernah bertemu dengan keluarga Khan di Pakistan. Menurut laporan Daily Mail, pertemuan itu dilakukan saat Diana melakukan kunjungan ke Pakistan pada tahun 1996.
Putri Diana kenakan fascinator dan turban saat ke Dubai Foto: Instagram @lady.diana
zoom-in-whitePerbesar
Putri Diana kenakan fascinator dan turban saat ke Dubai Foto: Instagram @lady.diana
Kabar mengenai hubungan Diana dan Khan juga dibenarkan oleh seorang fotografer dan jurnalis kelahiran Tanganyika, Afrika Timur, bernama Anwar Hussein. Hussein dilaporkan cukup dekat dengan Diana dan kerap memotretnya dalam berbagai kesempatan.
ADVERTISEMENT
Bahkan, Hussein juga ingat Diana pernah bertanya tentang pernikahan beda agama dalam Islam di sebuah penerbangan. “Semua lampu diredupkan dalam penerbangan, dan dia (Putri Diana) datang serta berbisik kepadaku, ‘Bisakah saya mengobrol?’,” kenang Hussein kepada People.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
“Ia (Putri Diana) tahu bahwa saya menikah dengan seorang gadis Inggris, Caroline. Dia ingin tahu tentang Islam. Dia juga bertanya tentang pernikahan ketika salah satu adalah Muslim dan yang lain adalah Protestan,” tambahnya.
Hussein melanjutkan, “Dia tertarik karena apa yang dia alami dengan kekasihnya saat itu yakni Dr. Hasnat Khan. Dia tidak menyebutkannya, tetapi dia menganggap saya mengetahuinya. Saya pikir dia bertanya-tanya bagaimana reaksi keluarga dan hal-hal seperti itu.”
Saat menjalin hubungan, Khan kabarnya tak mau hubungan itu terekspos ke publik. Alasannya, Khan ingin agar Putri Diana menjalani hidup normal, terlepas dari statusnya sebagai anggota keluarga Kerajaan.
ADVERTISEMENT

Hubungan Putri Diana dan Hasnat Khan berakhir pada 1997

Hubungan Diana dan Khan berakhir di musim panas 1997, hanya beberapa bulan sebelum kematian Putri Diana. Khan kabarnya tidak tahan dengan sorotan media yang selalu mengawasi segala kegiatan Diana, termasuk saat ingin bertemu dirinya. Khan juga merasa privasinya terganggu dan menilai berpisah adalah keputusan terbaik bagi mereka.
“Jika mereka akhirnya menikah, Khan tidak akan suka berada dalam sorotan media,” ungkap Jemima Khan, teman dekat Diana yang ikut bersamanya ke Pakistan pada 1996 lalu.
Putri Diana dan Dodi Al Fayed saat berada di lift Hotel Ritz Paris. Foto: dok. @a.royal.moment/ Instagram
zoom-in-whitePerbesar
Putri Diana dan Dodi Al Fayed saat berada di lift Hotel Ritz Paris. Foto: dok. @a.royal.moment/ Instagram
Setelah putus dari Khan, Diana menjalin hubungan spesial dengan pengusaha muda Dodi Al-Fayed yang juga seorang Muslim. Dodi merupakan putra pengusaha terkenal di Inggris, Mohamed Al-Fayed. Diana dan Dodi meninggal dunia di Paris, Prancis, pada 31 Agustus 1997 setelah mobil yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Hasnat Khan tidak pernah terdengar kabarnya setelah putus dari Diana. Ia juga tetap menghindar dari sorotan media, termasuk saat Putri Diana tutup usia.