Woman
·
18 September 2020 12:04

Perusahaanmu Dukung Pemberdayaan Perempuan? Ikuti Ajang Penghargaan WEPs Awards

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perusahaanmu Dukung Pemberdayaan Perempuan? Ikuti Ajang Penghargaan WEPs Awards (73923)
Ilustrasi perempuan karier. Foto: Shutterstock
Pemberdayaan perempuan di dunia usaha, tempat kerja, dan komunitas merupakan hal yang sangat penting. Tak hanya akan meningkatkan kesejahteraan perempuan itu sendiri, namun juga berpotensi meningkatkan perekonomian dalam skala lebih besar hingga perekonomian sebuah negara.
ADVERTISEMENT
Namun sayang, pemberdayaan perempuan di berbagai sektor kerap menghadapi berbagai kendala dan hambatan, karena adanya budaya diskriminatif serta fakta kesenjangan gender.
Karena kondisi itu, lembaga PBB yang bekerja untuk pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, UN Women, pun berkomitmen untuk mendorong kesetaraan gender dan partisipasi perempuan di dunia usaha, tempat kerja, dan komunitas.
Bersama dengan UN Global Compact, UN Women menginisiasi sebuah prinsip bernama Women’s Empowerment Principles (WEPs) atau Prinsip-prinsip Pemberdayaan Perempuan yang dapat diadopsi oleh perusahaan dan pengusaha dalam menjalankan bisnis yang ramah gender dan memberdayakan perempuan.
WEPs sendiri terdiri dari seperangkat prinsip yang menawarkan panduan untuk berbisnis dan tentang bagaimana mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di tempat kerja, usaha, serta komunitas.
ADVERTISEMENT
“Dengan mempromosikan prinsip WEPs, kami berharap dapat berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi perempuan di dunia, Asia, dan Indonesia. Ketika lebih banyak perusahaan yang mengimplementasikan WEPs, maka akan lebih banyak perempuan yang aktif dan bertahan dalam dunia kerja. Hal ini kami yakini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi positif bagi perusahaan dan negara, serta mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,” kata Country Programme Manager, WeEmpowerAsia, UN Women Indonesia, Iriantoni Almuna, kepada kumparanWOMAN.
Perusahaanmu Dukung Pemberdayaan Perempuan? Ikuti Ajang Penghargaan WEPs Awards (73924)
UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Awards Foto: asiapacificwepsawards
Sebagai cara untuk memperkuat penerapan prinsip WEPs ini, UN Women pun menggelar sebuah inisiatif penghargaan yang disebut The UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Awards atau WEPs Awards. Ini merupakan inisiatif penghargaan pertama di Asia-Pasifik, termasuk di Indonesia, yang memberikan apresiasi bagi dunia usaha, termasuk UMKM dan perusahaan dari berbagai ukuran dan sektor atas kontribusinya dalam isu pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.
ADVERTISEMENT
Melalui WEPs Awards, UN Women akan memberikan penghargaan bagi perusahaan di 6 kategori terkait pemberdayaan perempuan; Kepemimpinan, Tempat Kerja yang Inklusif Gender, Tempat Usaha yang Responsif Gender, Pelibatan Komunitas & Industri, dan Respons terhadap COVID-19 yang sensitif gender.
Perusahaanmu Dukung Pemberdayaan Perempuan? Ikuti Ajang Penghargaan WEPs Awards (73925)
UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Awards Foto: asiapacificwepsawards
“Di Indonesia, penghargaan ini akan dibagi dalam dua fase. Fase pertama adalah WEPs Awards level nasional, di mana kami akan memilih pemenang di level negara pada tanggal 18 November. Kemudian, pemenang dari Indonesia akan otomatis masuk untuk seleksi di level regional, dan hasilnya akan diumumkan pada acara puncak penghargaan di tanggal 10 Desember,” papar Iriantoni.
Adapun, kategori perusahaan yang bisa masuk dalam nominasi WEPs Awards adalah perusahaan dari berbagai ukuran; seperti UMKM, perusahaan rintisan (startup), perusahaan nasional maupun multinasional.
ADVERTISEMENT
“Kami juga membuka kesempatan seluas-luasanya bagi perusahaan dari seluruh sektor, termasuk kewirausahaan sosial (social enterprise) sehingga tidak ada batasan hanya pada sektor tertentu,” tegas Iriantoni.
Perusahaanmu Dukung Pemberdayaan Perempuan? Ikuti Ajang Penghargaan WEPs Awards (73926)
UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Foto: asiapacificwepsawards
Nah, apakah perusahaan tempatmu bekerja sudah menerapkan sebagian, bahkan seluruh prinsip pemberdayaan ekonomi perempuan? Jika iya, maka kamu atau perusahaanmu bisa menominasikan diri dalam: The UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Awards.
Lalu bagaimana cara mendaftarnya? Kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini atau mengunjungi situs https://www.asiapacificwepsawards.org/ untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.
  1. Pilih bahasa dan mulai isi aplikasi secara online
  2. Jika sudah mengisi data-data secara lengkap, kirim aplikasi
  3. Setelah itu, kamu akan mendapatkan konfirmasi bahwa aplikasi telah diterima
Jangan lupa daftarkan perusahaanmu di WEPs Awards sebelum tanggal 12 Oktober 2020! Untuk diketahui tidak ada biaya pendaftaran dalam ajang ini. Selain itu, aplikasi harus dikirim secara online. Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa tanggal penting mengenai penyelenggaraan WEPs Awards:
ADVERTISEMENT
12 Oktober: Pendaftaran ditutup
Oktober: Proses penjurian, pelamar yang terpilih akan diberitahukan melalui e-mail
9-20 November: National UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Awards Ceremonies di China, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam
10 Desember: Regional UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Awards (waktu dan format akan diinformasikan lebih lanjut).
Ayo segera nominasikan diri atau perusahaan!
Artikel ini merupakan kerjasama kumparanWOMAN dengan UN Women dalam mengampanyekan pentingnya pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi. Untuk artikel menarik lainnya kunjungi collection Perempuan Bicara Kerja.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)