Perwakilan Indonesia Harashta Haifa Zahra Juara Miss Supranational 2024

11 Juli 2024 16:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Harashta Haifa Zahra, pemenang kontes kecantikan Miss Supranational 2024. Foto: Instagram/misssupranational
zoom-in-whitePerbesar
Harashta Haifa Zahra, pemenang kontes kecantikan Miss Supranational 2024. Foto: Instagram/misssupranational
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Panggung gemerlap beauty pageant Tanah Air mencetak sejarah. Untuk pertama kalinya, perwakilan Indonesia menjuarai ajang kontes kecantikan internasional Miss Supranational. Wakil Indonesia, Harashta Haifa Zahra, menjadi juara Miss Supranational 2024 pada Sabtu (6/7).
ADVERTISEMENT
Kontes kecantikan tersebut diselenggarakan di Nowy Sacz, Polandia. Ini merupakan ajang Miss Supranational ke-15 sejak pertama digelar pada 2009 silam. Dengan kemenangan ini, Tata—nama panggilan akrab Harashta—menjadi kontestan Asia keenam yang pernah menyabet mahkota Miss Supranational.
Harashta merupakan perempuan berusia 20 tahun asal Garut, Jawa Barat. Sebelum maju ke kontes kecantikan internasional ini, Tata sukses mengalahkan puluhan kontestan di panggung beauty pageant lokal naungan YPI, yaitu Puteri Indonesia 2024, pada Maret lalu.
“Rasanya masih seperti mimpi. Saya tak sabar untuk memenuhi tugas saya sebagai Miss Supranational 2024 baru. Ini akan menjadi tahun yang sangat spesial bagi saya, dan hati saya sungguh dipenuhi dengan rasa bangga,” ucap Tata, sebagaimana dikutip dari keterangan unggahan Instagram Miss Supranational.
ADVERTISEMENT
Tak luput, mahasiswi jurusan Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung ini juga berterima kasih kepada para pendukungnya di Indonesia.
Usai mengalahkan 67 kontestan dari seluruh dunia di panggung Miss Supranational, Harashta menerima mahkotanya dari Andrea Aguilera, pemenang Miss Supranational 2023 asal Ekuador.

Memukau dalam sesi kostum nasional

Harashta sukses menarik perhatian di sesi National Costume atau Kostum Nasional Miss Supranational 2024. Hadir merepresentasikan Srikandi, Harashta dibalut dalam kostum karya Intan Avantie x Bubah Alfian untuk Jember Fashion Carnaval.
Atasan kostum tersebut memiliki siluet kebaya hitam dengan detail embos emas yang mewah, dipadukan dengan kain batik motif parang yang khas dengan budaya Jawa. Kostumnya dilengkapi dengan panah dan anak panah, memberikan kesan “garang” pada tampilan sang Srikandi.
ADVERTISEMENT
Sebagai pelengkap penampilan, kepala Harashta dihiasi oleh mahkota yang melambangkan kebanggaan dan martabat perempuan. Dikutip dari unggahan Puteri Indonesia, mahkota ini turut dikelilingi oleh bunga lokal yang melambangkan keindahan isi alam Indonesia.

Menangi Kompetisi Supra Talent di Miss Supranational 2024

Tata tak hanya memenangkan mahkota Miss Supranational 2024 saja. Beberapa hari sebelumnya, Harashta turut meraih kemenangan di Kompetisi Supra Talent Show. Harashta meraih titel tersebut berkat penampilan memainkan alat musik dan menari tarian tradisional daerah asalnya, Jawa Barat.
Ia memulai sesi tersebut dengan memainkan alat musik tradisional, Kecapi. Setelahnya, ia melantunkan lagu tradisional Bubuy Bulan dengan merdu. Tak lama setelahnya, Harashta langsung memamerkan kemampuannya menari tarian tradisional Jaipong asal Jawa Barat dan tari tradisional Bali.
ADVERTISEMENT
Selamat atas kemenangan di Miss Supranational 2024, Harashta!