Woman
·
14 Oktober 2020 8:04

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103180)
Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara. Foto: Shutterstock
Bra merupakan salah satu jenis pakaian dalam perempuan yang memiliki fungsi penting. Selain untuk menyangga payudara, bra juga bisa menjaga payudara tetap sehat, indah, juga kencang.
ADVERTISEMENT
Di era modern seperti sekarang ini, jenis-jenis bra juga semakin banyak dan beragam. Mulai dari warna, model, hingga bentuk dengan kegunaan yang berbeda-beda. Nah, agar Anda tak salah beli, berikut ini kumparanWOMAN akan merangkum 10 jenis bra dan kegunaannya. Melansir StyleCraze, berikut informasinya.

1. Push-up bra

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103181)
Push Up Bra: Calvin Klein Foto: Calvin Klein
Sesuai namanya, jenis bra yang satu ini bisa mendorong payudara agar terlihat lebih bervolume, terangkat, dan berisi. Selain itu, jenis bra ini juga bisa membuat payudara tetap kencang dan tidak turun. Jenis bra ini cocok dipakai ketika Anda sedang memakai atasan low-cut atau dress, karena memiliki bagian cup bra yang rendah.

2. T-shirt bra

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103182)
Ilustrasi T-shirt Bra Foto: boozt
Jenis bra yang satu ini cocok digunakan untuk sehari-hari. Sebab, bagian cup pada bra ini didesain tanpa kawat dan biasanya menggunakan material kain yang bisa menyerap keringat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, bra ini juga sejatinya didesain untuk menjadi penyanggah payudara saat memakai kaus. Sehingga ketika memakai kaus, puting Anda tidak akan terlihat karena busa yang ada di dalamnya.

3. Strapless bra

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103183)
Ilustrasi Strapless Bra Foto: Dok. Dillard's
Jenis bra yang satu ini tidak memiliki tali. Karena itulah, cocok dipakai ketika Anda mengenakan pakaian dengan model off shoulder atau memamerkan bahu. Meski tak memiliki tali, bagian cup pada bra ini didukung dengan kawat yang kuat dan kancing pengaman, sehingga tidak akan melorot. Hanya saja saat memakai jenis bra ini, Anda harus memastikan bahwa ukurannya pas.

4. Bandeau bra

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103184)
Ilustrasi Bandeau Bra Foto: hsn
Bandeau bra merupakan jenis bra yang terbuat dari bahan elastis dan tidak memiliki pengait di belakang, sehingga Anda harus memasukkannya dari kepala. Selain tak memiliki pengait, jenis bra ini juga biasanya tidak memiliki tali bahu (mirip seperti strapless bra), kawat, maupun cup. Bra ini cocok dipakai saat di rumah atau tidur, karena desainnya yang sederhana namun memberikan kenyamanan maksimal.
ADVERTISEMENT

5. Sport bra

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103185)
Adidas - All Me Wanderlust Bra Foto: Adidas
Jenis bra yang satu ini biasanya didesain khusus agar pemakainya tetap nyaman saat berolahraga. Sport bra memiliki selipan yang nyaman dan bisa menahan payudara saat Anda sedang beraktivitas tinggi; seperti berlari, hingga melompat.

6. Balconette bra

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103186)
Ilustrasi Balconette Bra Foto: La Senza
Balconette bra merupakan jenis bra yang memiliki bentuk cup bulat namun kurang menutupi payudara secara keseluruhan (bila dibandingkan dengan jenis bra full cup). Jenis bra ini bisa mengangkat payudara dengan lembut dan memberi efek tampilan bulat pada payudara. Balconette cocok dipakai oleh sebagian besar perempuan dengan berbagai bentuk payudara, hanya saja jenis bra ini sangat ideal untuk dipakai oleh perempuan dengan payudara yang lebih besar.

7. Plunge bra

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103187)
Ilustrasi Plunge Bra Foto: Very UK
Plunge bra dirancang dengan bagian tengah yang rendah agar payudara bisa terangkat. Meski memiliki bentuk cup dengan potongan rendah, jenis bra ini masih bisa menyokong payudara dengan baik. Plunge bra sangat cocok digunakan ketika Anda sedang memakai busana low cut atau V-neck.
ADVERTISEMENT

8. Bralette

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103188)
Ilustrasi Bralette Foto: Dok. Victoria's Secret
Berbeda dengan bra pada umumnya, bralette didesain dengan kemampuan support minimum, tanpa kawat, dengan bahan yang sangat halus. Selain itu, bralette juga didesain dengan potongan rendah, sehingga bisa dipakai untuk memamerkan sisi dada dan garis leher. Bralette sangat ideal dipakai oleh perempuan dengan ukuran payudara kecil hingga rata-rata. Selain itu, jenis bra ini juga cocok dipadukan dengan crop top, hingga backless top.

9. Full cup bra

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103189)
Ilustrasi Full Cup Bra Foto: Dok. Fantasie
Sesuai namanya, jenis bra ini memiliki cakupan menyeluruh sehingga bisa mengangkat payudara dan membuat pemakainya merasa lebih nyaman. Selain itu, jenis bra ini juga biasanya memiliki tali yang lebih rapat dan membuat kita tak perlu khawatir jika talinya terlepas dari bahu. Full cup bra paling ideal dipakai oleh perempuan dengan payudara besar, karena bisa membuat payudara terlihat bulat dan juga kokoh.
ADVERTISEMENT

10. Padded bra

Push-up hingga Bralette, Kenali 10 Jenis Bra dan Kegunaannya untuk Payudara (103190)
Ilustrasi Padded Bra Foto: Jockey
Padded bra memiliki cup yang empuk dan bisa mencegah puting payudara terlihat menonjol. Karena itulah, jenis bra ini cocok dipakai ketika Anda mengenakan t-shirt atau pakaian ketat. Selain itu, jenis bra ini juga biasanya tidak berkawat sehingga nyaman selama digunakan. Padded bra paling ideal digunakan oleh perempuan dengan payudara kecil atau mungil, karena bisa membuat tampilan lebih penuh dan berisi.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)