Woman
·
2 September 2020 17:33

Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya (218784)
Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya. Foto: Instagram @princess.diana.forever
Diana Frances Spencer atau yang lebih akrab dikenal sebagai Putri Diana telah menjadi sosok yang tak bisa dipisahkan dari dunia fashion.
ADVERTISEMENT
Apa yang ia kenakan selalu berhasil mengundang sorotan publik maupun media. Kecantikannya yang natural, pembawaan serta senyumnya yang khas, membuat apapun yang ia kenakan terlihat menarik.
Bahkan gaya Princess of Wales ini sudah diakui oleh banyak majalah, juga editor fashion di seluruh dunia. Tak heran, ibu dari Pangeran William dan Harry ini dinobatkan sebagai ikon fashion pada masanya dan dipercaya sebagai perempuan yang paling banyak difoto semasa hidupnya.
Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya (218785)
Putri Diana tiba di Galeri Serpentine, London, Juni 1994. Foto: Jayne Fincher/Getty Images
Menurut Eleri Lynn, kurator Diana: Her Fashion Story, sebuah pameran fashion khusus untuk mengenang gaya ikonis Putri Diana di Kensington Palace, Diana memiliki momen seperti yang dialami oleh Audrey Hepburn dan Jackie Kennedy. Dua fashion icon yang gayanya sangat menginspirasi dan dicintai.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, tak heran jika banyak selebriti yang terinspirasi dan berusaha mengadopsi gaya fashion Putri Diana. Meski tidak semua secara terang-terangan mengakui bahwa gayanya terinspirasi dari Diana, tetapi jika foto mereka disandingkan akan terlihat sentuhan khas Diana dalam tampilan mereka.
Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya (218786)
Kate Middleton mengenakan sepatu dari brand sama dengan Putri Diana. Foto: Dok. Superga UK & Princess Diana Forever
Tak hanya selebriti saja, bahkan kedua menantunya, Kate Middleton dan Meghan Markle juga kerap meniru gaya Diana. Pada beberapa kesempatan, istri Pangeran William dan Pangeran Harry ini berusaha mengenang sang ibu mertua melalui tampilan fashion mereka. Mulai dari memilih busana dengan model atau warna yang sama hingga mengenakan perhiasan yang sudah diwariskan secara khusus untuk Kate dan Meghan.
Lalu selain Kate dan Meghan, kira-kira siapa saja ya selebriti dunia yang berusaha ‘mencuri’ gaya fashion Putri Diana dalam penampilan mereka? Agar tidak penasaran, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya khusus untuk Anda.
ADVERTISEMENT

Hailey Bieber

Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya (218787)
Hailey Baldwin tiru gaya Putri Diana Foto: Instagram @haileybieber & @lady.diana
Pada 2019 lalu, istri Justin Bieber ini melakukan pemotretan dengan majalah Vogue Paris. Dalam pemotretan tersebut, Hailey tampil dengan gaya mirip seperti Putri Diana.
Difoto oleh fotografer Gregory Harris, model 23 tahun ini mengadopsi gaya kasual Putri Diana. Salah satunya ketika Diana memakai topi dan blazer di acara Guards Polo Club pada 1998. Selain itu, ia juga mengikuti gaya ikonis sang putri yang tampil sporty. Dia mengenakan sweater oversized dan biker short.

Melania Trump

Saat berkunjung ke Inggris pada Juni 2019 lalu, Ibu Negara AS, Melania Trump, juga berusaha ‘mencuri’ gaya Putri Diana untuk menarik perhatian media. Saat menghadiri upacara selamat datang bersama Ratu Elizabeth II dan Keluarga Kerajaan Inggris di Buckingham Palace, netizen dibuat terkesima oleh tampilan Melania Trump.
Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya (218788)
Tampilan Melania Trump terinspirasi Putri Diana Foto: Getty Images
Istri ketiga dari Donald Trump ini tampil simple namun tetap elegan dengan balutan busana putih lansiran Dolce & Gabbana. Warna midnight blue di bagian kerah dan ikat pinggang menjadi paduan kombinasi warna yang terlihat berkelas. Ia menyempurnakan gayanya dengan topi wide brim atau topi dengan pinggiran lebar karya desainer AS, Herve Pierre.
ADVERTISEMENT
Banyak yang menyebutkan bahwa tampilan Melania ini terinspirasi dari gaya Putri Diana yang mengenakan busana dan topi serupa.

Rihanna

Selebriti berikutnya yang terinspirasi oleh Princess of Wales adalah Rihanna. Penyanyi 32 tahun ini mengakui bahwa Putri Diana adalah inspirasi bagi gaya-gaya busana yang selama ini ia kenakan. "Kamu tahu siapa yang terbaik? Putri Diana. Setiap busana yang dia pakai tidak pernah salah. Dia sangat keren. Dia punya banyak topi, oversize jacket. Saya suka semua yang dia kenakan," ungkap Rihanna pada majalah Glamour Magazine.

Bella Hadid

Bella Hadid juga disebut sebagai salah satu selebriti yang pernah mengikuti gaya berbusana Putri Diana. Meski tak pernah mengakuinya secara langsung, adik dari Gigi Hadid ini pernah tampil mengenakan dress dengan potongan yang hampir mirip dengan gaun hitam ikonis yang dikenakan Putri Diana untuk ‘balas dendam’.
Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya (218789)
Gaya Bella Hadid terinspirasi dari Putri Diana. Foto: dok. Instagram @lizandlizofficial
Walaupun warnanya sangat berbeda karena Bella mengenakan gaun berwarna oranye, tapi gaun yang dikenakan Bella dan Putri Diana sama-sama memiliki potongan dada yang rendah dan aksen ekor di bagian belakang yang melambai jika tertiup angin. Kemiripan gaya Bella dengan sang putri semakin ditegaskan dengan pemilihan kalung choker berlian yang dijadikan sebagai satu-satunya aksesori.
ADVERTISEMENT

Kate Middleton

Tak perlu diragukan lagi kalau istri Pangeran William ini kerap mengikuti jejak ibu mertuanya dalam berpenampilan. Bahkan sebagian besar pakaian yang dikenakan oleh Kate Middleton merupakan hasil desain dari label dan desainer favorit Putri Diana, yaitu Catherine Walker. Diketahui, berbagai busana rancangan Catherine Walker yang dikenakan Kate Middleton memiliki desain khas yang menjadi favorit Putri Diana.
Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya (218790)
Kate Middleton kenakan coat Catherine Walker, desainer favorit Putri Diana. Foto: REUTERS/Toby Melville
Dalam beberapa kesempatan, Kate Middleton pernah mensontek gaya Putri Diana. Misalnya saja saat baru keluar dari rumah sakit setelah melahirkan Pangeran George.
Saat itu ia mengenakan gaun dengan motif yang sama seperti yang digunakan Putri Diana ketika melahirkan Pangeran William pada 21 Juni 1982. Ketika itu Putri Diana mengenakan gaun hijau tosca bermotif polkadot. Sedangkan Kate mengenakan gaun berwarna biru bermotif polkadot.
Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya (218791)
Kemiripan busana Kate dan Putri Diana. Foto: Dok. Instagram @hrhduchesscatherine & @princess.diana.forever
Tak hanya sampai di situ, saat Kate melahirkan putra ketiganya, Pangeran Louis, ia juga mengenakan gaun bernuansa merah putih seperti yang digunakan Putri Diana saat ia melahirkan Pangeran Harry pada 1984. Bedanya, lengan gaun Kate tak sepenuhnya menutupi tangan seperti yang dikenakan putri Diana.
ADVERTISEMENT

Meghan Markle

Tidak kalah dengan Kate, Meghan Markle juga kerap mengenakan busana yang terinspirasi dari mendiang Putri Diana. Beberapa waktu lalu saat ia kembali ke Inggris untuk menghadiri acara-acara terakhir sebagai anggota keluarga kerajaan Inggris, gaya Meghan disebut-sebut mirip dengan Putri Diana.
Putri Diana Jadi Ikon Fashion Dunia, Ini 6 Perempuan Terkenal yang Tiru Gayanya (218792)
Gaya Meghan Markle dan Putri Diana. Foto: AFP/POOL/PHIL HARRIS dan Getty Images
Saat itu Meghan tampil anggun dalam balutan gaun hijau dari Emilia Wickstead--desainer favorit Meghan dan Kate Middleton, fascinator berwarna hijau rancangan William Chambers, juga nude pump heels dari brand kesayangannya, Aquazzura. Ia kemudian menyempurnakan penampilan ini dengan menjinjing tas satin berwarna hijau rancangan desainer Uruguay, Gabriel Hearst.
Penampilan ini kabarnya merupakan bentuk tribute atau penghargaan Meghan terhadap mendiang ibu mertuanya, Putri Diana. Menurut laporan Daily Mail, sebuah fanpage dari Putri Diana, @princessdianaiconic di Instagram, menyebut Meghan sengaja memberikan penghormatan atau tribute untuk Putri Diana lewat pakaian terbarunya.
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini.