Woman
·
24 April 2021 4:30

Rayakan Hari Kartini, AXA Mandiri Ajak Perempuan Memiliki Kemandirian Finansial

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rayakan Hari Kartini, AXA Mandiri Ajak Perempuan Memiliki Kemandirian Finansial (892125)
searchPerbesar
AXA Mandiri peringati Hari Kartini. Foto: AXA Mandiri.
Semangat dan pergerakan Kartini pada zaman dulu menginspirasi para perempuan Indonesia untuk lebih berani beremansipasi dalam berbagai hal, termasuk pula dari sisi keuangan. Inilah yang membuat AXA Mandiri, sebagai sebuah perusahaan layanan keuangan, tergerak merayakan Hari Kartini dengan menggelar talkshow secara virtual yang membahas soal kemandirian finansial bersama para perempuan-perempuan hebat yang sukses memimpin perusahaan besar.
ADVERTISEMENT
Talkshow dengan tema 'Saya, Perempuan Tangguh Indonesia' ini menghadirkan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, Chief of Sharia AXA Mandiri Srikandi Utami, Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah Kris Indiarti, serta Global Sponsor Diversity & Inclusion AXA Indonesia Niharika Yadav. Keempat perempuan ini akan berbicara soal pemanfaatan solusi keuangan sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan perempuan sekaligus berbagi tips keuangan yang harus dikuasai perempuan agar bisa lebih mandiri finansial.
Dituturkan oleh Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo Kusuma, perayaan Kartini yang dirayakan setiap 21 April ini menjadi pengingat bahwa pendidikan dan pengetahuan yang luas adalah kunci emansipasi dan bekal untuk menjadi perempuan yang mandiri.
Rayakan Hari Kartini, AXA Mandiri Ajak Perempuan Memiliki Kemandirian Finansial (892126)
searchPerbesar
AXA Mandiri peringati Hari Kartini. Foto: AXA Mandiri.
"AXA Mandiri berkomitmen untuk dapat selalu memberikan literasi keuangan dan asuransi bagi perempuan Indonesia agar dapat berkontribusi tidak hanya bagi keluarganya namun juga bagi bangsa dan negara. Melalui inovasi produk dan kemudahan untuk mendapatkan layanan terbaik, AXA Mandiri selalu hadir dalam setiap tahap kehidupan perempuan untuk memastikan akses kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka,” ujar Handojo membuka sesi talkshow virtual pada Kamis, (22/4).
ADVERTISEMENT
Dalam bincang-bincangnya, Alexandra Askandar mengatakan bahwa sejumlah wirausahawan perempuan tangguh justru lahir di tengah dampak pandemi lewat usaha mikro, kecil dan menengah. Mereka juga menjadi tulang punggung keluarga dan masih semangat untuk berkarya meski di tengah situasi menantang dan tidak pasti.
"Selaku institusi keuangan yang juga memiliki peran sebagai agen pembangunan, adalah tujuan dan komitmen kami untuk terus memberikan akses dan peluang kepada masyarakat, khususnya kaum perempuan Indonesia untuk meraih kualitas hidup yang lebih baik,” tutur Alexandra.
Masih dalam acara yang sama, Chief of Sharia AXA Mandiri Srikandi Utami mengatakan bahwa ada dua hal penting saat merencanakan keuangan bila dilihat dari piramida keuangan. Kedua hal itu adalah keamanan dan kenyamanan.
ADVERTISEMENT
"Sebagai seorang perempuan, penting sekali untuk menjaga cash flow keuangan dan memiliki dana darurat bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Dari sisi kenyamanan, kita juga harus bisa menyiapkan fasilitas dana pensiun dan warisan untuk penerus kita. Jadi harus ada proteksi saat masa produktif dan mengakumulasikan aset," kata perempuan yang akrab disapa Aan ini.
Rayakan Hari Kartini, AXA Mandiri Ajak Perempuan Memiliki Kemandirian Finansial (892127)
searchPerbesar
AXA Mandiri peringati Hari Kartini. Foto: AXA Mandiri.
Turut hadir pula dalam acara ini, aktris dan presenter Maudy Koesnaedi yang menyemangati perempuan untuk terus berjuang meraih mimpi. Maudy mengatakan, di era modern saat ini, banyak perempuan yang berlomba-lomba untuk meraih keinginan dan passion-nya. Namun mereka lupa, bahwa mereka juga harus memiliki kemandirian finansial untuk menjalani semua itu.
"Untuk mengejar passion kita perlu memiliki kemandirian finansial dan keahlian. Dengan keterampilan yang diasah, kita punya keyakinan untuk berdiri sendiri mengejar cita-cita kita. Setelah itu, penting juga untuk untuk mengelola keuangan dari pendapatan yang kita hasilkan sendiri dan punya support system dari keluarga atas apa yang kita lakukan," demikian tutur Maudy Koesnaedi.
ADVERTISEMENT