Woman
·
9 Januari 2021 10:17

Sedang Tren, Begini 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sedang Tren, Begini 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah (289743)
Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah. Foto: Shutterstock
Beberapa tahun belakangan ini, gaya hidup minimalis telah menjadi tren di tengah masyarakat Indonesia, terutama generasi milenial.
ADVERTISEMENT
Sebetulnya, minimalis lebih dikenal sebagai konsep estetika menata ruangan. Namun prinsip minimalis sendiri dapat diaplikasikan ke dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari.
Menjalani cara hidup yang satu ini bisa membuat kamu mengurangi segala hal yang berlebihan dalam hidup. Minimalisme bukan sekadar membuang semua pakaian yang sudah tidak terpakai di lemari atau memiliki barang sesedikit mungkin.
Gaya hidup ini lebih mengajak kamu untuk memisahkan sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan untuk dibuang atau diganti dengan yang lebih bermanfaat.
Memulai gaya hidup minimalis bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan keinginan dan tujuan yang kuat agar kita bisa terus berkomitmen menjalaninya.
Nah, untuk kamu yang sedang ingin menerapkan gaya hidup minimalis, kumparanWOMAN telah merangkum beberapa hal mendasar yang perlu dilakukan. Dilansir Good Housekeeping, simak selengkapnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Terapkan di satu ruangan rumah

Sedang Tren, Begini 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah (289744)
Fokus pada satu ruangan. Foto: Shutterstock
Seringnya, saat akan membersihkan rumah kita kadang bingung harus memulai dari mana. Agar lebih mudah, kamu bisa melakukannya satu per satu tiap minggunya dimulai dari kamar kamu sendiri. Lakukan pengurangan barang secara bertahap terhadap semua barang yang ada disana.
Ruangan pertama yang kamu bersihkan ini akan menjadi tolok ukur bagi ruangan lainnya. Jika proses minimalisasi di kamar selesai lebih cepat, Ladies bisa pindah ke ruangan kedua kalau masih ada waktu. Namun jika tidak, jangan memaksakan diri karena bisa membuat mood bersih-bersih jadi hilang.

2. Fokus pada satu area di dalam ruangan

Sedang Tren, Begini 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah (289745)
Prioritaskan barang yang diperlukan, sisanya bisa dibuang atau diberikan papda orang lain kalau tidak dipakai lagi. Foto: Shutterstock
Saat merapikan suatu ruangan seperti kamar, utamakan area-area yang paling sering dipakai setiap hari. Misalnya meja rias. Segera pisahkan barang-barang menjadi tiga kategori, barang yang harus dibuang, disimpan, dan diberikan ke orang lain.
ADVERTISEMENT
Setelah selesai, bersihkan dan rapikan barang yang harus disimpan di meja, sedangkan barang yang diberikan ke orang lain bisa disimpan di gudang sementara waktu.

3. Menyimpan barang-barang yang diperlukan

Ketika memilah barang yang akan disimpan, dibuang dan diberikan kepada orang lain, kita sering merasa kebingungan. Pasti ada saja alasan yang membuat kita akhirnya tetap menyimpan barang tersebut, padahal tidak terlalu dibutuhkan.
Sedang Tren, Begini 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah (289746)
Ilustrasi menerapkan gaya hidup minimalis di rumah, tidak banyak menyimpan barang. Foto: Shutter Stock
"Cek semua ruangan di rumah, dari area yang paling mudah hingga tersulit, sentuh semua barang dan putuskan. Tanyakan pada diri sendiri, 'Apakah barang tersebut bermakna dan memberikan keuntungan dalam kehidupan saya? Apakah barang tersebut membantu untuk menciptakan hunian yang saya inginkan atau justru hanya jadi pengganggu?'," jelas Joshua Becker penulis buku 'The Minimalist Home: A Room-by-Room Guide to Decluttered, Refocused Life', seperti dikutip dari Good Houskeeping.
ADVERTISEMENT

4. Pilih barang-barang yang bermakna untuk dekorasi rumah

Sebagai pemilik rumah, kita tentu ingin menciptakan hunian yang sesuai dengan karakter masing-masing. Oleh karena itu, kita selalu berusaha membeli banyak barang supaya bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Tetapi kalau memang benar-benar ingin menerapkan gaya hidup minimalis, kita harus bisa membatasi diri.
Sedang Tren, Begini 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah (289747)
Pilih dekorasi rumah yang paling bermakna dan memang memiliki fungsi. Foto: Shutter Stock
Pilih barang-barang yang memang bermakna dan memiliki fungsi untuk mendukung semua aktivitas keluarga di dalam rumah. Joshua Becker menyarankan agar kita memilih perlengkapan dekorasi rumah sesedikit mungkin. Misalnya foto keluarga atau pajangan yang dibeli saat kamu dan pasangan mengunjungi tempat spesial.
Hindari membeli banyak perlengkapan dekorasi hanya untuk membuat rumah semakin estetik. Satu atau dua barang boleh, asal jangan sampai khilaf dan tak bisa menahan nafsu untuk beli barang-barang lucu yang sebenarnya tidak perlu.
ADVERTISEMENT
"Saat kita hanya memiliki sedikit dekorasi rumah, kita bisa memberikan perhatian pada hal-hal paling penting dalam hidup kita," jelas Joshua Becker.

5. Berkomitmen merapikan rumah secara berkala

Mengubah rumah menjadi minimalis memang bisa jadi hal yang sangat memuaskan, namun tidak mudah untuk bisa mempertahankannya. Seringnya tanpa disadari kita jadi kembali pada kebiasaan menumpuk barang.
Sedang Tren, Begini 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah (289748)
Berkomitmen membersihkan ddan merapikan rumah secara berkala. Foto: Shutterstock
Oleh karena itu, saat sudah berkomitmen menjalani gaya hidup minimalis, kita juga harus komitmen untuk merapikan rumah secara berkala.
"Ada ruangan-ruangan di rumah yang perlu dibersihkan sehari sekali, seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali. Jadi selalu perhatikan isi rumah. Mana saja yang sudah perlu dirapikan dan dibersihkan, dan mana yang bisa menunggu hingga akhir pekan," pungkas Becker.

6. Menghindari pembelian tidak penting

Menahan godaan diskon memang hal yang paling sulit, terutama untuk perempuan. Untuk itu, pastikan kamu mematikan semua iklan di gadget agar bisa lebih mudah menjaga komitmen untuk menerapkan gaya hidup minimalis.
Sedang Tren, Begini 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah (289749)
Hindari membeli barang yang tidak penting. Foto: Shutterstock
Jika sudah terlanjur melihat, pikirkan baik-baik sebelum membeli. Apakah kamu membutuhkan barang tersebut, apakah pembelian tersebut bisa ditunda sampai barangnya benar-benar dibutuhkan, dan lain sebagainya. Hal ini berlaku untuk semua barang, mulai dari bahan makanan, baju, makeup, aksesori, perlengkapan rumah tangga, dan lain-lain. Usahakan untuk menggunakan barang sampai rusak, baru memutuskan untuk beli baru.
ADVERTISEMENT
Selain bisa mengurangi barang di rumah, cara ini juga dapat membuat kita jadi lebih hemat biaya.

7. Menemukan tujuan

Hal penting lainnya yang harus dilakukan untuk menerapkan gaya hidup minimalis adalah mengetahui pasti tujuannya.
Sedang Tren, Begini 7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah (289750)
Memiliki tujuan yang pasti agar gaya hidup minimalis yang dijalani memberikan dampak baik bagi kehidupan. Foto: Dok. Shutterstock
Jika kamu ingin memulai hidup minimalis di rumah, luangkan waktu untuk memikirkan mengapa kamu ingin melakukannya. Apakah itu karena ingin berhemat, punya lebih banyak waktu dengan orang terkasih, menjaga lingkungan, atau karena hal lain yang memang bermakna bagi kamu.
Tujuan melakukan gaya hidup minimalis ini penting karena inti dari hal tersebut adalah untuk bisa memiliki hidup yang lebih bermakna dan mempunyai tujuan baik.
"Tujuan utama menjalani gaya hidup minimalis adalah bukan untuk memiliki sedikit barang di rumah, tapi untuk menjalani kehidupan yang lebih bermakna daripada sebelumnya," pungkas Becker.
ADVERTISEMENT