Woman
·
1 Mei 2020 10:32

Sering Tak Terlihat, Ini 5 Tanda Pria Belum Bisa Move On dari Mantan Kekasih

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sering Tak Terlihat, Ini 5 Tanda Pria Belum Bisa Move On dari Mantan Kekasih (158412)
Ilustrasi pria belum bisa move on. Foto: Shutter Stock
Banyak sekali anggapan yang menyebut bahwa laki-laki lebih cepat move on dibanding perempuan. Padahal anggapan tersebut tidak selamanya benar, karena ada beberapa laki-laki yang merasa kesulitan melupakan masa lalunya. Entah karena mengalami kegagalan cinta yang pahit, atau karena mantannya menjadi pasangan terbaik yang pernah dimilikinya.
ADVERTISEMENT
Saat patah hati, laki-laki memang cenderung ingin terlihat kuat dan baik-baik saja. Ia juga tidak ingin terlihat lemah, apalagi di depan orang yang sudah menyakitinya. Sehingga ia akan menunjukkan seolah-olah sudah bisa move on, padahal mungkin saja sebaliknya.
Sikap laki-laki yang seperti ini tentu membuat kita jadi penasaran dan akhirnya banyak menduga-duga. Apalagi jika mungkin mereka telah menjalin hubungan baru dengan Anda. Tentu Anda penasaran bukan apakah ia sudah bisa move on dari pasangan sebelumnya atau tidak? Daripada Anda menerka-nerka, berikut kumparanWOMAN rangkum beberapa tanda yang menunjukkan bahwa laki-laki belum bisa move on dari mantan kekasihnya. Melansir Bustle, simak informasinya berikut ini.

1. Mudah cemburu dan curiga

Sering Tak Terlihat, Ini 5 Tanda Pria Belum Bisa Move On dari Mantan Kekasih (158413)
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Shutterstock
Laki-laki yang belum bisa move on dari masa lalunya cenderung memiliki sifat yang mudah cemburu dan curiga. Selain itu, ia juga akan menjadi pribadi yang gampang insecure. Hal ini terjadi lantaran ia khawatir kejadian buruk di masa lalu akan terulang kembali, karena itulah dia akan memantau pasangannya secara intens (baik itu di kehidupan nyata maupun di media sosial).
ADVERTISEMENT
Ketahuilah bahwa sikap seperti ini akan membuat hubungan jadi tidak sehat. Tak hanya itu, memata-matai pasangan dan selalu menaruh curiga terhadapnya berisiko membuat hubungan cepat berakhir dan kandas.

2. Sering mengungkit-ungkit masa lalu

Sering Tak Terlihat, Ini 5 Tanda Pria Belum Bisa Move On dari Mantan Kekasih (158414)
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Shutter Stock
Apakah pasangan Anda masih suka mengungkit-ungkit masa lalunya di depanmu? Entah itu cerita yang menyebalkan atau cerita yang menyenangkan. Jika iya, berhati-hatilah karena bisa jadi dia masih belum bisa move on dari mantan kekasihnya.
“Ketika kita masih memikirkan seseorang yang kita anggap penting, secara sadar atau tidak sadar kita akan terus membahasnya di depan orang lain (bahkan pasangan kita sendiri),” kata Rachel Perlstein, terapis yang berbasis di New York, AS, kepada Bustle.

3. Masih sering mencari tahu informasi tentang mantan

Sering Tak Terlihat, Ini 5 Tanda Pria Belum Bisa Move On dari Mantan Kekasih (158415)
Ilustrasi mencari tahu informasi soal mantan. Foto: Shutter Stock
Laki-laki yang belum bisa move on cenderung akan mencari tahu informasi tentang mantannya. Baik itu mencari tahu lewat media sosial atau meminta bantuan teman untuk mencari kabar terbaru soal mantannya. Biasanya, ia masih ingin mengetahui bagaimana kehidupan sang mantan, hingga ingin tahu apakah sang mantan sudah menjalin kedekatan dengan orang lain atau tidak.
ADVERTISEMENT
“Jika pasangan Anda tertarik dengan kehidupan mantannya atau bahkan mereka tampak marah dan cemburu ketika mendengar mantan kekasih sudah berpacaran, ini menjadi indikasi yang jelas bahwa pasangan Anda belum bisa move on,” kata Kryss Shane, terapis asal Amerika Serikat, saat diwawancarai Bustle.

4. Masih sering berkomentar di media sosial mantan

Sering Tak Terlihat, Ini 5 Tanda Pria Belum Bisa Move On dari Mantan Kekasih (158416)
Ilustrasi berkomentar di media sosial. Foto: Shutterstock
Tak sedikit laki-laki yang memutuskan untuk move on akan memutus pertemanan dengan sang mantan di jejaring media sosial. Hal ini dilakukan agar ia bisa menikmati dunia barunya tanpa bayang-bayang mantan. Namun, jika ia masih berteman di media sosial, ada kemungkinan bahwa ia masih memikirkan mantannya.
“Sangat normal sekali jika seorang laki-laki penasaran soal kehidupan sang mantan. Namun, jika ia masih sering berkomentar atau menyukai foto di media sosial mantannya, itu bisa jadi petunjuk bahwa ia masih terikat secara emosional dengan mantannya,” tutur Jonathan Bennett, pakar hubungan dan kencan asal AS, kepada Bustle.
ADVERTISEMENT

5. Membanding-bandingkan Anda dengan mantan

Sering Tak Terlihat, Ini 5 Tanda Pria Belum Bisa Move On dari Mantan Kekasih (158417)
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Shutterstock
Semua orang tentu tidak suka jika dibanding-bandingkan, apalagi jika dibandingkan dengan mantannya. Jika pasangan masih sering membanding-bandingkan Anda dengan mantannya, cobalah pikirkan baik-baik lagi hubunganmu dengan dirinya. Sebab, sikap seperti ini menunjukkan bahwa ia belum bisa move on dari masa lalunya.
“Ini jadi sebuah tanda yang tak bisa Anda abaikan. Sebab, tanda ini (secara tidak langsung) menunjukkan bahwa ia mengharapkan Anda memiliki sikap atau tingkah laku yang sama dengan mantannya,” tambah Bennett.
Jika Anda kecewa dengan sikap pasangan, Bennett memberi saran kepada Anda untuk mengungkapkan rasa kekecewaan dan kekesalan itu kepada pasangan. Jika ia masih tetap membanding-bandingkan Anda dengan mantannya, ada baiknya Anda mempertimbangkan lagi soal hubunganmu dengan dirinya.
ADVERTISEMENT
--------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.