kumparan
12 Februari 2020 18:28

Sharon Choi, Penerjemah Sutradara Film Parasite yang Dipuji Netizen

Sharon Choi
Sharon Choi bersama sutradara dan pemain film Parasite. Foto: dok. Instagram @tastynco
Masih lekat di ingatan para pecinta film ketika Parasite dinobatkan sebagai film internasional terbaik di Oscars 2020. Saat itu, sang sutradaranya, Bong Joon-ho, naik ke atas panggung menerima piala Oscar yang diiringi oleh penerjemahnya.
ADVERTISEMENT
Memenangkan piala Oscar sebanyak empat kali, itu berarti sang penerjemah yang diketahui bernama Sharon Choi ini juga naik ke atas panggung sebanyak empat kali pula. Di momen itulah, Sharon sukses menarik perhatian para netizen dengan menyampaikan terjemahan pidato Bong Joon-ho dengan bahasa Inggris yang fasih.
Usai ajang penghargaan itu, netizen ramai memperbincangkan Sharon Choi. Mereka memuji cara Sharon menyampaikan perkataan Bong Joon-ho dan pemain Parasite lainnya dengan akurat.
Tak banyak informasi yang beredar tentang siapakah Sharon sebenarnya. Namun berdasarkan laporan The Guardian, Sharon Choi (25) adalah seorang perempuan Korea-Amerika yang saat ini tinggal di Seoul, Korea Selatan.
Sama seperti Bong, Sharon juga bekerja sebagai sutradara film. Namun sejak May 2019 lalu, Sharon resmi menjadi interpreter untuk Bong Joon-ho dan mendampinginya datang ke Cannes Film Festival, Prancis.
Golden Globe, 'Parasite'
Film 'Parasite' mendapat penghargaan trophy Golden Globe Awards ke 77 di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Foto: Paul Drinkwater / NBCUniversal / via REUTERS
"Dia (Sharon) sangat sempurna, kami semua bergantung kepadanya. Dia juga seorang pembuat film yang sangat hebat," tutur sutradara film Parasite, Bong Joon-ho, saat diwawancarai The Guardian.
ADVERTISEMENT
Bong mengungkapkan, meski Sharon disibukkan dengan kegiatannya bersama kru film Parasite, tetapi ia sedang mengerjakan naskah film terbarunya. Meski belum tahu apa yang akan dibuat oleh Sharon, Bong mengaku sangat penasaran dengan film garapan Sharon.
Oscars 2020 film Parasite
Pemain film Parasite saat menerima penghargaan Film Terbaik di Oscars 2020. Foto: REUTERS/Mario Anzuoni
Melansir CNN, saat ditanya tentang dirinya yang tengah menjadi perbincangan di media sosial, Sharon merasa kurang nyaman dengan atensi orang-orang yang mengarah kepadanya. Karena ia hanya bertugas sebagai penerjemah saat acara berlangsung, bukannya menjadi sorotan.
"Saya hanyalah seorang fans yang menggemari film ini dan seluruh kru yang terlibat di dalamnya. Mengenai sorotan kepada saya, sebenarnya ini sangat memalukan, tetapi, momen ini sangat berkesan bagi saya," demikian ujar Sharon yang juga menemani Bong Joon-ho melakukan wawancara dalam bahasa Inggris untuk media-media di Amerika.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan