Woman
·
7 Januari 2021 17:11

Sunscreen dengan SPF 30 dan SPF 50, Mana yang Lebih Baik?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sunscreen dengan SPF 30 dan SPF 50, Mana yang Lebih Baik? (145935)
Ilustrasi Sunscreen Foto: Shutter Stock
Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu rangkaian skin care yang wajib digunakan setiap hari, baik saat di luar maupun di dalam ruangan. Sebab, produk ini bisa membantu memerangi berbagai risiko masalah kulit, mulai dari penuaan dini hingga risiko kanker.
ADVERTISEMENT
Saat ini, ada banyak sekali pilihan sunscreen yang tersedia di pasaran. Pilihan sunscreen itu bisa kamu pilih sesuai harga, komposisi, tekstur, hingga manfaatnya. Kendati demikian, ada satu hal yang wajib kamu pertimbangkan saat memilih produk sunscreen, yaitu kandungan SPF yang ada di dalamnya.
Ya, seperti yang telah diketahui, tabir surya atau sunscreen memiliki beberapa tingkat SPF, sebagai contoh SPF 30 dan SPF 50 yang banyak sekali ditemui di label-label produk sunscreen.
Lantas, apakah kamu tahu perbedaan dari SPF 30 dan SPF 50? Jika belum, yuk simak perbedaannya di bawah ini.

Apa itu SPF?

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari (baik itu sunscreen atau sunblock) akan memberi tahu kamu sebaik apa produk tersebut bisa melindungi kulit dari sengatan matahari.
ADVERTISEMENT
SPF biasanya memiliki angka/level perlindungan terhadap kulit yang biasa disebut dengan SPF 10, SPF 15, SPF 25, SPF 30, SPF 50, dan seterusnya. Mengutip Healthline, angka SPF ini adalah penentu seberapa lama kamu bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut.
Sunscreen dengan SPF 30 dan SPF 50, Mana yang Lebih Baik? (145936)
Ilustrasi Sunscreen Foto: Shutter Stock

SPF 30

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, angka/level SPF adalah penentu seberapa lama kamu bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Maksudnya, jika kamu menggunakan SPF 30, sementara kulit kamu biasanya terbakar matahari dalam waktu 10 menit (tanpa memakai krim pelindung), maka sunscreen tersebut bisa melindungi kamu dari paparan sinar matahari hingga 30 kali lipat lebih lama, atau 30 x 10 menit = 300 menit alias 5 jam.
ADVERTISEMENT
Menurut Healthline, SPF 30 juga mengindikasikan bahwa sunscreen tersebut bisa melindungi kulit dari sinar UVB sebesar 97 persen. Menurut beberapa ahli dan dokter kulit, SPF 30 cukup dipakai oleh mereka yang kerap beraktivitas di dalam ruangan.
“SPF 30 adalah level minimum yang sering saya rekomendasikan. Tetapi lebih tinggi SPF nya tentu lebih baik,” kata dokter kulit yang berbasis di New York, Fayne Frey, kepada Healthline.

SPF 50

Sama seperti SPF 30, SPF 50 juga berarti krim tabir surya tersebut bisa melindungi kulitmu 50 kali lipat lebih lama, atau 50 x 10 menit = 500 menit atau sekitar 8 jam. Selain itu, SPF 50 juga bisa melindungi kulit dari sinar UVB sebesar 98 persen.
ADVERTISEMENT
Nah Ladies, sudah tahu kan perbedaan SPF 30 dan SPF 50? Perlu diingat bahwa produk pelindung matahari (baik itu sunscreen atau sunblock) mudah sekali terbilas air dan membuat sebagian tubuh kamu menjadi rentan terhadap sinar UV. Oleh karena itu, kamu pun harus mengaplikasikan sunscreen secara berulang untuk memperlama waktu kamu beraktivitas di bawah terik matahari tanpa rasa khawatir terbakar.
Intinya, berapa pun tingkat SPF dari produk yang kamu gunakan, sebaiknya kamu mengaplikasikan produk itu secara berulang, baik setelah jangka waktunya habis atau segera setelah kamu berkeringat atau terkena bilasan air.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT