Sunscreen Dulu atau Day Cream Dulu? Ini Tahapan Skincare di Pagi Hari

7 Juni 2024 15:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Tahapan Skincare Pagi Hari. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tahapan Skincare Pagi Hari. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sunscreen dan day cream termasuk skincare yang tak boleh dilewatkan di pagi hari. Pertanyaannya, sunscreen dulu atau day cream dulu yang sebaiknya digunakan?
ADVERTISEMENT
Urutan skincare sangat penting untuk dipahami jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari suatu produk. Mengutip Healthline, perawatan kulit akan sia-sia jika Anda tidak membiarkan skincare bekerja sebagaimana seharusnya.
Misalnya, Anda menggunakan sunscreen di malam hari, atau memakai toner sebelum mencuci wajah. Semua itu adalah langkah yang salah dan tidak akan memberi manfaat apa-apa untuk kulit. Lantas, bagaimana langkah yang benar? Temukan jawabannya di bawah ini, Ladies.

Sunscreen Dulu atau Day Cream Dulu?

Ilustrasi menggunakan skincare di pagi hari. Foto: Shutter Stock
Merujuk laman Health, skincare untuk wajah di pagi hari hanya fokus pada tiga hal, yakni membersihkan kotoran dan minyak yang menumpuk selama kita tidur, melembapkan, dan melindungi dari sinar matahari. Berikut ini tahapan penggunaan skincare di pagi hari yang bisa Anda ikuti.
ADVERTISEMENT

1. Produk Pembersih Wajah

Mencuci wajah di pagi hari akan menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori penyebab jerawat. Pilihlah produk yang lembut dan bebas alkohol untuk menghindari iritasi. Bagi yang memiliki kulit kering, hindari produk dengan kandungan surfaktan karena bisa membuat kulit semakin kering dan merusak skin barrier.

2. Toner

Toner berfungsi untuk menghidrasi dan membersihkan kotoran yang masih tertinggal setelah mencuci wajah. Tahapan ini sangat bermanfaat untuk pemilik kulit kering dan mudah berjerawat.
Hindari toner yang mengandung alkohol. Sebaiknya pilih yang mengandung hyaluronic acid jika kulit Anda kering, atau salicylic acid untuk kulit berminyak dan berjerawat.

3. Serum

Mengaplikasikan serum dengan kandungan antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, atau niacinamide paling cocok dilakukan di pagi hari. Pasalnya, bahan-bahan tersebut dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat lingkungan dan sinar UV.
ADVERTISEMENT

4. Spot Treatment

Jika Anda memiliki jerawat yang meradang di sebagian kecil area kulit wajah, mungkin dibutuhkan spot treatment untuk mengatasinya. Namun, jika kulit Anda tidak memiliki masalah tersebut, langkah ini bisa dilewatkan.
Penggunaan spot treatment juga bisa digantikan dengan mengaplikasikan serum yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid jika jerawat Anda cukup banyak.

5. Krim Mata

Ilustrasi menggunakan krim mata Foto: Shutterstock
Produk yang satu ini sifatnya opsional, tapi sangat direkomendasikan apabila Anda ingin menambah hidrasi pada kulit tipis bagian bawah mata.
Gunakan jari manis untuk mengaplikasikannya dan ditepuk-tepuk dengan lembut. Pilih produk yang mengandung peptida yang menghidrasi, antioksidan seperti Vitamin C, dan SPF.

6. Pelembap atau Day Cream

Mengaplikasikan pelembap (moisturizer) atau day cream akan membantu kulit terhidrasi sepanjang hari. Langkah ini juga penting untuk memperbaiki skin barrier dan mengurangi produksi minyak berlebih.
ADVERTISEMENT

7. Sunscreen

Sunscreen harus menjadi tahapan terakhir dalam skincare routine di pagi hari. Meskipun day cream Anda telah mengandung SPF, disarankan untuk tetap memakai sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. Kemudian, aplikasikan ulang (reapply) setiap 2 jam.