Woman
·
20 Februari 2021 13:48

Sussex Resmi Tak Kembali ke Kerajaan, Ratu & Harry Saling Balas Pernyataan Keras

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sussex Resmi Tak Kembali ke Kerajaan, Ratu & Harry Saling Balas Pernyataan Keras (78311)
Ratu Inggris menyapa cucunya, Pangeran Harry di Chelsea Flower Show pada hari pers di London, Inggris 18 Mei 2015. Foto: REUTERS/Julian Simmonds/pool
Pangeran Harry dan Meghan Markle melakukan langkah terakhir untuk resmi keluar dari Kerajaan Inggris. Pasangan itu telah memberi tahu niatnya kepada Ratu Elizabeth II, bahwa mereka tidak akan mengemban tugas Kerajaan Inggris lagi.
ADVERTISEMENT
Hal ini pun dikonfirmasi dalam pernyataan terbaru Istana Buckingham. Mereka menegaskan bahwa bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan kembali menjadi anggota kerajaan yang bertugas dan bahwa berbagai gelar kehormatan dan keistimewaan yang sebelumnya dinikmati oleh pasangan Sussex ini akan dikembalikan kepada Kerajaan Inggris.
“Setelah percakapan dengan Duke, Ratu mengkonfirmasi bahwa mereka akan tidak dapat melanjutkan tanggung jawab dan tugas yang menyertai kehidupan pelayanan publik,” tulis pernyataan resmi Istana Buckingham pada Jumat (19/2) waktu setempat, seperti dikutip dari Daily Mail.
“Di saat kesedihan karena keputusan ini, Duke dan Duchess tetap menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai,” tambah pernyataan itu.
Sussex Resmi Tak Kembali ke Kerajaan, Ratu & Harry Saling Balas Pernyataan Keras (78312)
Pangeran Harry dan Ratu Elizabeth II meninggalkan Kapel St George di Kastil Windsor, Windsor, sebelah barat London, pada 18 Mei 2019. Foto: AFP/Steve Parsons/POOL
Beberapa saat setelah Istana Buckingham merilis pernyataan itu, Pangeran Harry dan Meghan Markle pun mengeluarkan pernyataan balasan, yang dikritik banyak orang karena dianggap terlalu keras dan seperti membalas kepada Ratu. Keduanya menyebut akan tetap ‘menjalani kehidupan pelayanan’ di luar kerajaan Inggris.
ADVERTISEMENT
“(Karena) pelayanan adalah sesuatu yang sifatnya universal,” tegas Pangeran Harry dan Meghan Markle dalam pernyataan terbarunya.
Selain itu, keduanya juga mengatakan, “Duke dan Duchess of Sussex tetap berkomitmen pada tugas dan layanan mereka kepada Inggris dan di seluruh dunia, dan telah menawarkan dukungan berkelanjutan mereka kepada organisasi yang mereka wakili terlepas dari peran resminya,” demikian bunyi pernyataan Harry dan Meghan.

Gelar kehormatan militer & perlindungan Harry dan Meghan akan dicabut

Dengan keputusan itu, gelar kehormatan militer dan perlindungan kerajaan yang dipegang oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle pun akan dicabut dan dikembalikan ke Ratu Elizabeth II.
Selain itu, menurut CNN, keduanya juga bebas melakukan wawancara apa pun dengan media. Dengan kata lain, Pangeran Harry dan Meghan Markle boleh mengucapkan apa pun yang mereka inginkan soal Kerajaan Inggris. Diketahui bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle akan melakukan wawancara eksklusif bersama presenter AS, Oprah Winfrey.
Sussex Resmi Tak Kembali ke Kerajaan, Ratu & Harry Saling Balas Pernyataan Keras (78313)
Meghan Markle dan Pangeran Harry di Trooping the Colour Foto: dok. REUTERS/Hannah Mckay
Meski Harry dan Meghan akan kehilangan perlindungan kerajaan, namun menurut CNN, pasangan itu tetap akan mempertahankan gelar Duke dan Duchess of Sussex milik mereka. Selain itu, Pangeran Harry juga akan tetap berada di urutan keenam pewaris takhta di Inggris, dengan urutan pertama dan kedua ada pada Pangeran Charles dan Pangeran William.
ADVERTISEMENT