Woman10 September 2020 12:00

Tak Perlu Tanah, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Hidup Subur di Air

Konten Redaksi kumparan
Tak Perlu Tanah, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Hidup Subur di Air (815478)
Tak Perlu Tanah, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Hidup Subur di Air. Foto: Shutterstock
Meletakkan tanaman hias di dalam sebuah ruangan dikenal memiliki banyak manfaat. Mulai dari membuat udara jadi lebih fresh, mempercantik ruangan hingga memberikan energi positif sepanjang hari. Oleh karena itu, belakangan ini tanaman hias tengah menjadi primadona dan banyak diburu oleh para pecinta tanaman.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan tanaman hias yang kita ketahui membutuhkan medium tanah untuk bisa hidup subur. Namun tahukah kamu kalau ada juga tanaman yang bisa hidup dengan medium air? Ya, memang ada beberapa tanaman hias seperti sirih gading hingga pegagan air yang bisa tumbuh dengan mudah di air.
Selain jadi lebih mudah dirawat, beberapa tanaman hias yang bisa hidup di medium air ini bisa dimasukkan ke dalam wadah atau vas kaca yang dapat membuat ruangan rumah tampak lebih chic.
Lalu kira-kira tanaman apa saja yang bisa ditanam tanpa tanah? Berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya untuk kamu.

1. Pegagan air

Sesuai dengan namanya, tanaman yang memiliki batang super tipis dan daun pipih berbentuk bulat ini memang hanya bisa hidup di dalam air. Tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kesehatan ini tak perlu perawatan yang sulit.
ADVERTISEMENT
Cukup letakkan di dalam vas kaca, lalu ganti airnya secara berkala satu minggu sekali supaya airnya selalu bening dan tidak lumutan. Kemudian letakkan pegagan air di ruangan yang terdapat banyak cahaya, seperti di teras atau ruangan yang memiliki jendela.

2. Bambu rezeki

Tak Perlu Tanah, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Hidup Subur di Air (815479)
Tanaman Hias - Bambu Rezeki (Lucky Bamboo) Foto: Shutterstock
Berbeda dengan bambu pada umumnya yang bisa tumbuh tinggi dan besar, bambu yang satu ini merupakan tanaman hias yang bisa dirawat dengan medium air. Batangnya yang lentur dan akarnya yang tipis membuat bambu ini bisa hidup dengan baik di air atau ditanam secara hidroponik. Cara merawatnya pun mudah, kamu hanya perlu memastikan bambu rezeki tidak kehabisan air dan dijemur di sinar matahari langsung seminggu sekali agar daunnya bisa tumbuh rimbun.
ADVERTISEMENT

3. Sirih gading

Hampir sama dengan philodendron, sirih gading juga bisa tumbuh dengan subur hanya dengan medium air. Ladies bisa menanam sirih gading yang sudah rimbun dan besar di tanah, tetapi kamu juga bisa menjadikannya sebagai tanaman hias yang menarik jika meletakkannya di dalam vas kaca berisi air.
Cukup potong salah satu dahannya kurang lebih sekitar 10 cm, lalu celupkan ke dalam gelas atau vas kaca berisi air. Pajang di sudut-sudut ruangan untuk memberikan kesan segar pada hunian. Kelebihan dari tanaman ini adalah bisa hidup di ruangan minim cahaya seperti kamar mandi sekalipun. Jadi Ladies tak perlu repot-repot menjemurnya setiap hari.

4. Philodendron

Philodendron menjadi salah satu tanaman hias yang belakangan ini sedang populer di kalangan pecinta tanaman. Terkenal dengan daunnya yang rimbun, berbentuk hati, dan menjalar, philodendron merupakan tanaman yang bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik meski tidak selalu terkena sinar matahari. Bahkan philodendron juga bisa tumbuh hanya dengan medium air.
ADVERTISEMENT
Jadi kalau Ladies memiliki tanaman philodendron yang sudah rimbun, potong salah satu dahannya yang menjalar, kemudian masukkan ke dalam vas atau gelas kaca. Lama kelamaan batang philodendron akan mengeluarkan akar dan tumbuh dengan sehat.

5. Monstera Deliciosa

Jenis monstera yang satu ini juga bisa hidup di air meski tidak lama. Sebab batang dan daunnya bisa membesar sehingga harus kembali ditanam di tanah dalam kurun waktu tertentu. Tetapi kalau kamu tetap ingin menanamnya di air, pastikan kamu memilih batang monstera deliciosa yang masih kecil tapi sudah memiliki akar. Kemudian gunting dari induknya, lalu masukkan ke dalam vas air.
Untuk merawatnya, letakkan di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan sinar matahari yang cukup. Misalnya seperti di ruang tamu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white